Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MEREK

MEREK

Ratings: (0)|Views: 3,610|Likes:
Published by merlitanuryowanda

More info:

Published by: merlitanuryowanda on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2013

pdf

text

original

 
MEREK 
1.Pengertian MereMerek adalah suatu tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa yangdiproduksi dan dimiliki oleh suatu perusahaan terhadap perusahaan lainnya. Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumenterhadap merek yang tinggi. Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda dengan yang lian diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan sertamenimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty). Kesetiaan konsumenterhadap suatu merek atau brand yaitu dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan padasuatu merek.2.Fungsi Merek Fungsi utama dari sebuah merek adalah agar konsumen dapat mencirikan suatu produk (baik itu barang maupun jasa) yang dimiliki oleh perusahaan lain yang serupaatau mirip yang dimiliki oleh pesaingnya atau sebagai tanda pengenal untumembedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi seseorang atau beberapa orangatau badan hukum lain. Merek juga berfungsi sebagai alat promosi, sehinggamemproduksi hasil produksinya cukup dengan menyebut mereknya dan Merek jugadapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam memelihara danmeningkatkan kualitas produk yang mereka miliki guna menjamin bahwa merek  produk yang mereka miliki memiliki reputasi yang baik.
 
3.Jenis-jenis Mere
Merek DagangMerek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yangdiperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
Merek jasaMerek jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan olehseseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
Merek kolektif Merek kolektif adalah merek yang digunakan pada barang dan atau jasadengan karakteristik yang sama, yang diperdagangngkan oleh seseorang atau beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakandengan barang dan atau jasa sejenis lainnya.
Merek sertifikasiMerek sertifikasi adalah Merek yang digunakan untuk membedakan barangdan jasa yang mengikuti serangkaian standar-standar dan telah disahkan olehotoritas yang memberikan sertifikat.
Merek terkenalMerek terkenal adalah merek yang sudah dikenal dalam periode yang cukuplama dan dianggap terkenal oleh pemegang otoritas yang berkompeten darisebuah negara yang dimintakan perlindungan untuk merek tersebut.4.Unsur-Unsur Mere
o
Merek mempunyai unsur-unsur 
o
Memiliki daya pembeda
o
Bukan milik umum
o
Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,moralitas agama, kesusilaan atau ketertiban umum.
 
5.Subyek Mere
Seorang atau beberapa orang secara bersama-sama (kolektif)
Sebuah badan hukum atau beberapa badan hukum secara bersama-sama(kolektif)6.Jangka WaktuJangka waktu perlindungan hukum merek diberikan selama 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang sama.Permohonan perpanjangan diajukan secara tertulis kepada Dirjen HKI dalam jangkawaktu 12 bulan sebelum berakhirnya perlindungan hukum bagi merek (tahun ke-9).7.Strategi pemberian mereBerbagaistrategi  pemberianmerek dapat dilakukan dalam upaya mendukung  pembentukan citra merek. Strategi yang dimaksudkan diantaranya terdapat enam pilihan sebagai alternatif pemberian merek. Pertama, strategi tanpa identitas yangdilakukan dengan cara mengandalkan para grosir maupun pengecernya untuk mendorong konsumen. Kedua, Strategi merek sendiri,yaitu, dengan cara mengadakan perjanjian penempatan merek pada produk-produk yang dibuat. Strategi merek  bisnis menjadi alternatif ketiga yang dilaksanakan dengan cara membangun identitas merek menggunakan nama bisnis sebagai identifikasi seluruh produk yang ditawarkan.Keempat, strategi lini produk yang menempatkan nama produk pada suatu lini produk  berkaitan. Kelima, strategi merek khusus,yaitu, memperhatikan produk tertentu yangdiproduksi dan atau produk yang sering dibeli konsumen. Terakhir adalah strategikombinasi yang tidak lain integrasi dari kelima strategi telah dikemukakan ataudengan kata lain menggunakan lebih dari satu strategi merek. Keberadaan merek yangtelah mapan berguna untuk memperkenalkan produk-produk baru lewatmenghubungkannya dengan merek yang sudah ada. Sebuah merek yang dikenal olehkonsumen dapat digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk lain di dalam portfolio bisnis. Ini berarti dari nama merek tampak mudahnya konsumen mengenali produk. Merek yang sudah mapan dapat dikenakan terhadapnya perluasan maupun

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ikadyahayu liked this
Gustin Rosdinar liked this
Doel RoZak liked this
Sawal Sartono liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->