Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Masuknya Islam Dan Pengaruhnya Di Jawa Refisi

Masuknya Islam Dan Pengaruhnya Di Jawa Refisi

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 1,337 |Likes:
Published by Andri_Yanto_1682

More info:

Published by: Andri_Yanto_1682 on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
Masuknya Islam dan Pengaruhnyadi Jawa
MAKALAH
Disusun guna untuk memenuhi tugasMATAKULIAH: Islam dan Kebudayaan Jawa(IKJ) Yang di ampu oleh: Prof.Dr.Hj.Ismawati,M.Ag
Disusun Oleh:Achmad Muhandis(081211003)Andriyanto (081211004)Budiman Yulianto(081211005)
FAKULTAS DAKWAHINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGOSEMARANG2009
1
 
I.PENDAHULUANDalam pertemuan topik ke tiga ini pemakalah akanmenguraikan beberapa teori tentang masuknyaislam dan pengaruhnya di jawa,mari terlebih dahulukita kaji islam dan jawa itu sendiri.Islam dan jawa adalah dua entitas yangberbeda.Namun dalam kenyataannya,keduanyadapat idup berdampingan secara damai.Masuknyaislam ke tanah jawa itu sendiri terbukti tidakmenimbulkan berbagai ketegangan ketegangan yangcukup berarti.Bahkan lebih dari itu,keduanya salingtrerbuka untuk berinteraksi dan interelasi padatataran nilai dan budaya.Ada bannyak kemungkinan yang teerjadi dalammekanisme interelasi.islam mempengaruhikebudayaan jawa,islam di pengaruhi jawa ataukahislam dan jawa saling mempentgaruhi.Maka yangsebenarnya tengah terjadi adalah islamisasi kultur jawa ataukah jawanisai kultur islam.itu semuamerupakan hasil dakwah yang berkembangII.POKOK MASALAHDalam permasalahan kali ini kita akan membahasbagaimana teori masuknya islam yang merupakanrentetan pola dakwah yang ada dan berkembangserta pengaruhnya islam di jawa.
III.
PEMBAHASAN
 
2
 
Sejarah masuknya Islam di Indonesia melalui tahap teori dan babak – babak yang pentingsebelum islam itu sendiri masuk kewilayah jawa:
Ada beberapa teori masuknya islam di indonesia yaitu teori Persia, Teori Gujarat dan TeoriMekah, yaitu
1
:1. TEORI PERSIATeori ini dibangun oleh P.A. Hussein Djayadiningrat. Teori ini lebih menitikberatkantinjauannya kepada kebudayaan yang hidup di kalangan masyarakat Islam di Indonesia yangdirasakan memiliki persamaan dengan Persia. Salah satu persamaan tersebut adalah :Peringatan 10 Muharram atau Asyura sebagai peringatan syiah atas kematian SyahidnyaHusain,di padang juga ada jenis arak arakan krenda hitam yang melambangkan dari ajaransyiah.2. TEORI GUJARATTeori Gujarat adalah teori yang menyatakan bahwa datangnya Islam di Indonesia berasal dariGujarat. Teori ini dikemukakan oleh Snouck Hurgronye. Dengan alasan agama Islamdisebarluaskan melalui jalan dagang antara Indonesia dengan Cambay (Gujarat).Menurut J.C. Van Leur, masuknya Islam pada 7 M bukan pada 13 M. Sedangkan pada abad 13M itu perkembangannya.3. TEORI MEKAHTeori ini dipelopori Hamka. Ia berpendapat tersebut karena Mekah sebagai pusat agama Islam.Dan ia menolak pendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 sebab Islammasuk Indonesia jauh sebelum abad ke-7.
1. Babak pertama, abad 7 masehi (abad 1 hijriah).
Pada abad 7 masehi, Islam sudah sampai ke Nusantara. Para Dai yang datang ke Indonesia berasal dari jazirah Arab yang sudah beradaptasi dengan bangsa India yakni bangsa Gujarat danada juga yang telah beradaptasi dengan bangsa Cina, dari berbagai arah yakni dari jalur sutera(jalur perdagangan) dakwah mulai merambah di pesisir-pesisir Nusantara.Sejak awal Islam tidak pernah membeda-bedakan fungsi seseorang untuk berperan sebagai dai(juru dakwah). Kewajiban berdakwah dalam Islam bukan hanya kasta (golongan) tertentu sajatetapi bagi setiap masyarakat dalam Islam. Sedangkan di agama lain hanya golongan tertentuyang mempunyai otoritas menyebarkan agama, yaitu pendeta. Sesuai ungkapan Imam SyahidHasan Al-Bana “ Nahnu du’at qabla kulla syai“ artinya kami adalah dai sebelum profesi-profesilainnya.Sampainya dakwah di Indonesia melalui para pelaut-pelaut atau pedagang-pedagang sambilmembawa dagangannya juga membawa akhlak Islami sekaligus memperkenalkan nilai-nilaiyang Islami. Masyarakat ketika berkenalan dengan Islam terbuka pikirannya, dimuliakan sebagaimanusia dan ini yang membedakan masuknya agama lain sesudah maupun sebelum datangnyaIslam. Sebagai contoh masuknya agama Kristen ke Indonesia ini berbarengan dengan Gold(emas atau kekayaan) dan glory (kejayaan atau kekuasaan) selain Gospel yang merupakan motif 
1
http://gudangmakalah.blogspot.com/2009/02/makalah-masuknya-islam-di-nusantara-dan.html
3

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Topek War Wer liked this
Bayu Aji liked this
haritsfahmi23 liked this
El Yaumi liked this
Aby Musthof liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->