Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EFEKTIVITAS HUKUMAN MATI

EFEKTIVITAS HUKUMAN MATI

Ratings: (0)|Views: 1,294 |Likes:
Published by lilkrim
part of my assignments in class
part of my assignments in class

More info:

Published by: lilkrim on Apr 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
EFEKTIVITAS HUKUMAN MATI
Sosiologi hukum adalah analisa sosiologis terhadap hukum. Dalam disiplinsosiologi, hukum dijadikan obyek penelitiannya dan diasumsikan sebagai gejala sosial.Sebaliknya, sosiologi dijadikan perspektif di dalam menjelaskan gejala hukum. Keduanyamemiliki ciri utama: yang pertama bersifat teoritis sedangkan yang kedua bersifataplikatif. Makalah ini mengambil tema efektivitas hukuman mati. Dalam hal ini, penulis berusaha mengkaji perspektif sosiologis dalam hukum. Aplikasinya akan memperlihatkanhukuman mati sebagai suatu gejala hukum dikaitkan dengan efektivitas hukum sebagaiobyek kajian sosiologi hukum.Aliran utilitarianisme (Bentham, Ihering) mempersoalkan konsekuensi sosial darihukum; ketidaktepatan penggunaan perundang-undangan; klasifikasi tujuan dan prosessosial. Jika dihubungkan dengan hukuman mati, maka akan diketahui apakah hukumyang mengatur mengenai hukuman mati memiliki konsekuensi sosial; apakah perundang-undangan yang masih menerapkan hukuman mati (UU Terorisme, UU Psikotropika)sudah tepat; apakah tujuan diadakannya hukuman mati dan proses sosial seperti apa yanghendak dicapai dari adanya hukuman mati tersebut.Aliran
 sociological jurisprudence
(Ehrlich, Pound) dan aliran Realisme Hukum(Holmes, Llewellyn, Frank) mempersoalkan hukum sebagai mekanisme pengendaliansosial, aspek politik dan kepentingan dari hukum (termasuk hukum dan stratifikasisosial); hubungan antara realitas hukum dengan hukum dalam buku; hukum dankebijakan publik; kajian terhadap keputusan pengadilan dan tingkah laku di persidangan.Kaitannya dengan hukuman mati, maka akan terlihat apakah hukuman mati merupakansuatu bentuk pengendalian sosial, aspek politik dan kepentingan mana saja yang terlibatdi dalamnya; apakah hukuman mati merupakan realitas hukum atau hanya merupakanaturan belaka; apakah hukuman mati merupakan kebijakan publik; bagaimana keputusan pengadilan terhadap hukuman mati.
 
Permasalahan
Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini terkait dengan temaefektivitas hukuman mati, maka akan mengambil dua konsep besar tentang efektivitashukum oleh William Evan dan C.J.M. Schuyt. Dari konsep William Evan akan melihatefektivitas hukum sebagai instrumen perubahan:
Apakah hukum yang baru otoritatif dan bergengsi
Apakah hukumnya diuraikan dan diberi landasan yuridis dan sosiologissecara mencukupi
Apakah terdapat model-model penerapannya yang dapat diketahui olehmasyarakat luas
Apakah terdapat pertimbangan masa transisi yang cukup
Apakah aparat penegakan hukum memberikan komitmen kepada hukumyang baru
Apakah terdapat sanksi positif dan negatif dalam rangka mendukunghukum tersebut
Apakah terdapat perlindungan yang efektif terhadap pihak yang menjadikorban pelanggaran hukumSedangkan Schuyt akan diperlihatkan melalui parameter efektivitas hukum:
Tuntutan sosial
Transformasi tuntutan sosial ke dalam istilah hukum
Perlu adanya peraturan-peraturan yang panjang
Bekerjanya organiasi-organisasi penegakan hukum dalam mewujudkanhak dan kewajiban
Kesediaan warganegara memenuhi peraturan
Struktur sosial
KebudayaanSebagai tambahan, akan diperlihatkan pula efektivitas perubahan sosial melaluisistem hukum oleh Joel F. Handler mencakup faktor-faktor yang mempengaruhinya:
Karakteristik kelompok yang kondusif bagi mobilisasi tindakan kolektif 
 
Distribusi biaya-manfaat dari tindakan tertentu yang bermanfaat bagimobilisasi
Struktur pembaharuan hukumnya-yang meliputi teknik dan keahlian politik, sumber dana-yang penting bagi daya tahan perjuangan
Ciri efektivitas keputusan hukum yang diperoleh
Ciri birokrasi yang dapat menghambat atau mempermudah pelaksanaantujuan perubahan sosial
Uraian Kasus
Makalah ini akan membahas dua kasus yang mencakup tema efektivitas hukumanmati yaitu kasus hukuman mati terhadap teroris dan gembong narkotika. Selain itu, akandilihat juga alasan apa yang mendasari hukuman mati masih tetap diberlakukan dalamsistem perundang-undangan Republik Indonesia.
Amrozi dijatuhi hukuman mati atas kasus pemboman di BaliPengadilan Indonesia di Bali telah mevonis bersalah seorang muslimmilitan yang mengambil bagian dalam pengeboman klab malam di pulauwisata itu dan menjatuhinya hukuman mati. Amrozi dinyatakan bersalahmembantu, mengorganisasi dan melaksanakan peledakan itu yangmenewaskan 202 orang, sebagian besar turis asing, tanggal 12 Oktober 2002. Amrozi telah menyatakan dia puas asta kematian banyak turis Baratdalam apa yang ia sebut “sarang malaikat”. Dalam sidang dia mengakumelakukan pengeboman tetapi tidak mengaku menjadi anggota JemaahIslamiyah yang dituduh berada di belakang pengeboman tersebut.
Ayodya Prasad Chaubey telah dijatuhi hukuman mati karena terbuktimelakukan penyelundupan heroin ke IndonesiaPelaksnaan eksekusi mati terhadap pria India berusia 67 tahun ini, sempatmenjadi perdebatan antara pemerintah India dan Kejaksaan Agung RI.Pemerintah India berargumen bahwa menurut Undang-undang India, ada batas usia tertentu untuk seseorang yang akan dieksekusi mati.Tindakan yang dilakukan oleh Ayodya Prasad Chaubey sangat merugikandan membahayakan banyak orang. Tindakan tersebut telah melanggar 

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahayu Mohd Zin liked this
Dhiemazz Yahya liked this
Muhamad Zulfikar liked this
Faizz Viruzz liked this
Mang Iyan liked this
Cound Ruw Hida liked this
Feby Polymorpa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->