Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
68Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Bom Bali

Makalah Bom Bali

Ratings: (0)|Views: 7,507 |Likes:
Published by dewimarlina

More info:

Published by: dewimarlina on Apr 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Di setiap Negara tidak dapat lepas dari tindakan-tindakan melanggar hukum baik secara pidana maupun perdata. Namun yang menjadi keresahan masyarakat adalah maraknya tindakan pidana.Tindakan yang dapat mengganggu kepentingan orang lain ini dapat terjadi kapan saja dandimana saja. Bahkan tindakan ini dapat menghilangkan nyawa orang lain dan mengancamstabilitas Negara.Beberapa tahun terakhir, Indonesia dikejutkan dengan maraknya kasus bom yang terjadidi restoran, hotel, bahkan kedutaan besar pun tak luput dari serangan bom. Hal ini dikategorikansebagai kasus pidana terorisme dan mulai menjadi trademark bagi Indonesia sebagai Negarateroris. Dengan dalih menjalankan syariat Islam, terror demi terror dilakukan.Tragedi bom Bali I yang terjadi pada 12 Oktober 2002 di kecamatan Kuta, Bali. Telahmenewaskan 220 orang dan mencederakan 209 orang lainnya yang kebanyakan merupakanorang asing. Peristiwa ini dianggap sebagai kasus pidana terorisme terbesar yang pernah terjadidi Indonesia. Beberapa warganegara asing yang tengah berlibur di Bali menjadi korban dari aksiini, antara lain Australia,Britania Raya, Amerika Serikat, Jerman, Swedia, Belanda, Perancis,Denmark, Selandia Baru,Swiss, Brasil, Kanada, serta beberapa Negara lainnya.Tindakan cepat segera diambil oleh kepolisian guna mengungkap sindikat yang ada di balik tragedi berdarah ini. Ditetapkan 3 pelaku utama, yakni Imam Samudra, Amrozi, dan AliGufron diikuti oleh anak buah mereka.Dengan adanya kejadian ini, Indonesia dirundung masalah yang berat terkait denganmasalah keamanan. Sebagai dampaknya kecaman terus berdatangan dari negara- negara lainnyadengan mengeluarkan travel warning dan secara tegas melarang warganya untuk datang keIndonesia.
1
 
Oleh sebab itu, dalam makalah ini akan dianalisa mengenai Tragedi Bom Bali secaramenyeluruh, dengan menitikberatkan pada pelaku bom Bali yakni Trio Bom Bali, dengankeputusan-keputusan akhir yang membawa mereka pada hukuman mati. Namun setelah divonishukuman mati masih terdapat permintaan terdakwa trio bom Bali untuk peninjauan kembaliterhadap eksekusi hukuman mati yang akan dijalankan terpidana.
1.2 Rumusan Masalah
Mengapa MK menerima PK (Peninjauan Kembali) yang diajukan tim kuasa hukum TrioBom Bali sehingga berpengaruh pada jangka waktu eksekusi mati yang harus dilaksanakan dan bagaimana pula keputusan akhirnya?
1.3 Tujuan Penelitian
Seperti yang telah dibahas pada latar belakang , bahwa tindakan pemboman yang terjadidi Indonesia khususnya di Bali pada tanggal 12 Oktober 2002 yang telah menewaskanmasyarakat pribumi maupun wisatawan asing merupakan salah satu tindakan pidana , yang paraterpidana terdiri dari : Imam Samudera , Amrozi , dan Ali Gufron yang telah dijatuhkanhukuman mati. Kemudian timbul fenomena baru mengenai PK (Peninjauan Kembali ) yangdiajukan tim kuasa hukum terpidana Trio Bom Bali karena dianggap eksekusi mati yang berlakudi Indonesia bertentangan dengan UU pasal 28 I ayat 1 UUD 1945.Adapun tujuan dari kami dalam memilih topik ini , karena :
-
Untuk meninjau lebih lanjut apa alasan MK menerima peninjauan kembali (PK) yangdiajukan oleh tim kuasa hukum trio Bom Bali sehingga berpengaruh pada jangka waktueksekusi yang harus dilaksanakan?
-
Untuk mengetahui keputusan akhir dari MK mengenai PK yang diajukan oleh tim kuasatrio Bom Bali.
2
 
1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Akademik Untuk memperkaya pengetahuan mengenai kasus hukum dalam hal ini mengenaikasus pidana Bom Bali I dimana menitikberatkan pada peninjauan kembali (PK)oleh MK mengenai tata cara eksekusi mati terpidana.1.4.2 PraktisUntuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai prosesi peninjauan kembalioleh MK mengenai tata cara eksekusi terpidana mati.
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUANDalam bab pendahuluan ini, tim penulis akan membahas latar belakangdari kasus pidana Bom Bali I dengan sudut pandang “Peninjauan KembaliMahkamah Konstitusi terhadap Eksekusi Mati Bom Bali I ”. Selain itu dijelaskan pula alasan dari tim penulis memilih topik ini dan manfaat serta sistematika penulisan dari makalah ini,BAB II KERANGKA TEORITISDalam Bab II ini akan dijabarkan teori hukum pidana beserta UU yang berkaitan dengan kasus pidana Bom Bali ini dengan teori-teori terkait lainnya.BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASANDalam Bab III ini akan dianalisa dan dibahas secara mendalam mengenaihal-hal berkaitan yang dapat menjawab daripada rumusan masalah yang telahdibentuk oleh tim penulis berdasarkan teori hukum pidana dan teori terkaitlainnya.
3

Activity (68)

You've already reviewed this. Edit your review.
Taufiqurrohman liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Syaiful Adli added this note
mohon download ya,...
Obrinn Darrera liked this
Chupank Bunkar liked this
Hani Setya liked this
Hani Setya liked this
Hani Setya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->