Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN 4

LAPORAN 4

Ratings: (0)|Views: 45|Likes:
Published by zaniskalp

More info:

Published by: zaniskalp on Apr 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/21/2011

pdf

text

original

 
LAPORAN
PERTEMUAN KE 4
DESAIN DAN ANALISIS KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER
OLEH :
 ZANISKA LOVEYKA PERMATA91741 / 2007
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNIK 
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2010
NETWORK DEVICE
 
 Jaringan komputer 
yaitu sebuahsistemyang terdiri ataskomputerdan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringankomputer adalah:
Komunikasi : contohnyasurat elektronik,
,
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaianprinter,CPU,memori,harddisk
Akses informasi: contohnya
web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (
service
).Pihak yang meminta layanan disebut klien (
client 
) dan yangmemberikan layanan disebut pelayan (
server 
). Arsitektur ini disebutdengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruhaplikasi jaringan komputer.Ada perbedaan yang jelas antara ada atau tidak adanya fasilitasuntuk dapat mengakses ke semua sumber daya pada jaringan.Apapun pekerjaan yang diinginkan oleh user, jika terhubung dengan jaringan maka user dapat mengetahui aktifitas yang ada dalamsuatu organisasi, dan dapat memberikan kontribusi yang lebihbanyak pada tim kerja.Klasifikasi Berdasarkan skala :
Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yangmenghubungkan suatu komputer dengan komputer laindengan jarak yang terbatas.
Campus Area Network (CAN)
Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN,hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, danbenua. ini sama dengan internet.
Personal Area Network (PAN)
Global Area Network (GAN)
Pengguna Jaringan
Untuk menggunakan suatu jaringan, user harus melakukan‘log on’ ke sistem. Setelah dilakukan ‘log on’, maka user dapatmenjalankan aplikasinya sebagaimana sistem yang berjalan dalam‘standing alone’ atau tidak terhubung dengan jaringan.Semuakerumitan sistem jaringan tidak terlihat oleh user. User dapatdengan mudah membaca e-mail, mengirim fax, atau mencetakdokumen pada printer di tempat lain, atau untuk mendapatkansuatu sumber daya hanya dengan meng-klik mouse.
 Administrator Jaringan
 
 Jaringan tidak bisa otomatis mengatur dirinya sendiri,diperlukan seseorang untuk mengaturnya yang disebut sebagaiadministrator jaringan. Untuk menjadi seorang administrator jaringan diperlukan pengetahuan yang bersertifikat, semisal
Certified Novell Administrator (CNA)
yang dikeluarkan oleh Novelluntuk kemampuan melakukan administrasi terhadap Novell LAN.Administrator Jaringan bertanggung jawab melakukan settingterhadap aplikasi user dan akses ke jaringan, memastikankeamanan sistem dan menangani
routine upgrades
dan melakukanpemeliharaan.Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputerada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikansebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yangtidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja.Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringankomputer:
Client-server Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikankhusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan olehsebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domainseperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer webserver. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan olehsatu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yangmerupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server,web server, file server, database server dan lainnya.
Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadiserver dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalamfile sharing antar komputer di Jaringan Windows NetworkNeighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yangmemberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat Amengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan jugamemberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses filedari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi aksesfile kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itudilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti inidinamakan peer to peer.Berdasarkantopologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakanatas:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->