Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN dengan Cedera Medulla Spinalis

Laporan Pendahuluan ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN dengan Cedera Medulla Spinalis

Ratings: (0)|Views: 4,315 |Likes:
Published by Zaenudin
ASKEP KMB 3
ASKEP KMB 3

More info:

Published by: Zaenudin on Apr 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar BelakangCidera medulla spinalis adalah masalah kesehatan mayor yang mempengaruhi150.000 orang di Amerika Serikat, dengan perkiraan10.000 cedera baru yang terjadisetiap tahun. Kejadian ini lebih dominan pada pria usia muda sekitar lebih dari 75%dari seluruh cedera (Suzanne C. Smeltzer,2001;2220). Data dari bagian rekam medik Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati didapatkan dalam 5 bulan terakhir terhitungdari Januari sampai Juni 2003 angka kejadian angka kejadian untuk fraktur adalah berjumlah 165 orang yang di dalamnya termasuk angka kejadian untuk cidera medullaspinalis yang berjumlah 20 orang (12,5%).Pada usia 45-an fraktur banyak terjadi pada pria di bandingkan pada wanita karenaolahraga, pekerjaan, dan kecelakaan bermotor. Tetapi belakangan ini wanita lebih banyak dibandingkan pria karena faktor osteoporosis yang di asosiasikan dengan perubahan hormonal (menopause) (di kutip dari Medical Surgical Nursing, CharleneJ. Reeves,1999).B.TujuanTujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas individu mata kuliah KMB IIIdan untuk meningkatkatkan pengetahuan penulis dalam asuhan keperawatan terutama pada klien dengan cidera medula spinalis.C.Metode PenulisanMetode penulisan yang penulis gunakan adalah metode narasi yang sumbernya penulis peroleh dari buku-buku terkait dan browsing di Internet.D.Sistematika Penulisan
1
 
BAB I :
Pendahuluan, yang terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II :
Tinjauan teoritis, yang terdiri dari pengertian, anatomi, etiologi, tanda dangejala, patofisiologi, pemeriksaan penunjang, penatalaksanaan medis, komplikasi danasuhan keperawatan yang terkait dengan kasus tersebut.
BAB III :
Penutup, yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
Daftar Pustaka
BAB II
2
 
TINJAUAN T
EORITISA.KONSEP DASARAN1.ATOMI FISIOLOGI
Columna Vertebralis adalah pilar utama tubuh yang berfungsi melindungi medulaspinalis dan menunjang berat kepala serta batang tubuh, yang diteruskannya kelubang-lubang paha dan tungkai bawah. Masing-masing tulang dipisahkan olehdisitus intervertebralis.Vertebralis dikelompokkan sebagai berikut :a.
 
Vetebrata Thoracalis (atlas)Vetebrata Thoracalis mempunyai ciri yaitu tidak memiliki corpus tetapi hanya berupa cincin tulang. Vertebrata cervikalis kedua (axis) ini memiliki dens,yang mirip dengan pasak. Veterbrata cervitalis ketujuh disebut prominankarena mempunyai prosesus spinasus paling panjang. b.
 
Vertebrata ThoracalisUkurannya semakin besar mulai dari atas kebawah. Corpus berbentuk jantung, berjumlah 12 buah yang membentuk bagian belakang thorax.c.
 
Vertebrata LumbalisCorpus setiap vertebra lumbalis bersifat masif dan berbentuk ginjal, berjumlah5 buah yang membentuk daerah pinggang, memiliki corpus vertebra yang besar ukurnanya sehingga pergerakannya lebih luas kearah fleksi.d.
 
Os. SacrumTerdiri dari 5 sacrum yang membentuk sakrum atau tulang kengkang dimanake 5 vertebral ini rudimenter yang bergabung yang membentuk tulang bayi.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->