Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
100Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kerja Sama Antarnegara Di Bidang Ekonomi 1

Kerja Sama Antarnegara Di Bidang Ekonomi 1

Ratings: (0)|Views: 19,329 |Likes:
Published by Fitrizatri

More info:

Published by: Fitrizatri on Apr 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

 
KERJA SAMA ANTARNEGARA DI BIDANG EKONOMI
Demi memuaskan kebutuhan hidup yang beraneka ragam, berbagai usaha dilakukan manusiatermasuk bekerja sama dengan masyarakat dunia lainnya. Kebutuhan yang beraneka ragamtersebut ada yang dapat dipenuhi dari hasil produksinya sendiri, tetapi tidak sedikit pula yangdiperoleh dari hasil produksi Negara lain. Kondisi inilah rupanya yang mendorong semua Negara melakukan kerja sama ekonomi dengan Negara lain, atau ikut serta aktif dalam kerjasama ekonomi antarnegara. Indonesia merupakan salah satu Negara yang berupaya tampil dan berperan dalam aktivitas tata hubungan ekonomi antarnegara.
Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Antarnegara
 a)
 
Kerja sama ekonomi Bilateral, yaitu bentuk kerja sama ekonomi antara dua Negara yangsepakat untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya kerjasama Indonesia dengan Jepang. b)
 
Kerja sama ekonomi Regional, yaitu bentuk kerja sama ekonomi antara Negara-negara dikawasan atau wilayah tertentu. Contohnya, kerja sama antara Negara-negara di kawasanAsia Tenggara yang disebut ASEAN dan kerja sama antara Negara-negara di kawasan Eropayang disebut Uni Eropa.c)
 
Kerja sama ekonomi Multilateral, yaitu bentuk kerja sama ekonomi antara suatu Negaradengan beberapa Negara dengan beberapa Negara lain di dunia. Contohnya, APEC, OPEC,dan WTO.
Tujuan kerja sama ekonomi antarnegara meliputi hal-hal berikut :
 a) Memenuhi kebutuhan dalam negeri akan barang / jasa b) Memperluas pasar hasil produksi barang dan jasac) Mendorong peningkatan produktivitas hasil produksid) Memperluas lapangan kerjae) Menambah devisa Negaraf) Mendistribusikan manfaat sumber dayag) Mengurangi ketimpangan antara Negara maju dan Negara berkembang-
 
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIFDampak positif kerja sama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
 a) Negara dapat memenuhi kebutuhan yang tidak bias diproduksi di dalam negeri b) Memperluas pasar bagi produk dalam negeric) Memperluas lapangan kerjad) Terjadinya ahli teknologie) Menghasilkan devisaf) Menambah pendapatan Negarag) Menghilangkan hambatan perdagangan antarnegarah) Masuknya modal asing ke dalam negerii) Mempercepat pertumbuhan ekonomi j) Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat
Dampak negatif kerja sama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
 a) Ketergantungan b) Pasar dalam negeri dikuasai produk asingc) Perusahaan dalam negeri yang tidak mampu bersaing akan bangkrutd) Penggunaan teknologi canggih dapat menciptakan penganggurane) Meningkatkan pengangguran
 
f) Banyaknya Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) illegal.-
 
BENTUK-BENTUK KERJASAMA ANTARNEGARA
Kerja sama Luar negeriSehubungan dengan tugas membina kerja sama luar negeri, Biro Kerja Sama Luar Negeri danHumas memfasilitasi program dan kegiatan: kerja sama bilateral, regional, dan multilateral sertaantarlembaga, baik dengan lembaga negara maupun lembaga swadaya masyarakat; penyelenggaraan sekolah Indonesia di luar negeri; pemberian beasiswa Pemerintah RI untuk warga asing; pelaksanaan tugas Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud); dan pelaksanaan program KNIU (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO).
Kerja sama Bilateral
Kerja sama bilateral, yang dikoordinasikan oleh Bagian Kerja Sama Bilateral, lazimnya dapatdilaksanakan antara Indonesia dan suatu negara yang memiliki hubungan diplomatik denganIndonesia dan keduanya telah menandatangani ³Persetujuan´ atau Agreement, yang akanmenjadi payung bagi semua bentuk kerja sama bilateral. Kerja sama bilateral dalam bidang pendidikan, pemuda dan olahraga dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU), yang diikuti dengan kesepakatan pelaksanaannya yang dituangkandalam ³Pengaturan Pelaksanaan´ atau Implementational Arrangements bersama RencanaAksinya ( Action Plan ).
Kerja sama Regional
Kerja sama regional pada dasarnya berkenaan dengan kerja sama antarnegara-negara di AsiaTenggara yang dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dimulai pada tahun1965 ketika SEAMEO ( South-East Asia Ministers of Education Organization ) dibentuk denganlima negara anggota, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sekaranganggota SEAMEO telah bertambah lima , yaitu Brunei Darussalam, Myanmar , Kamboja, Laos ,dan Vietnam . Di samping itu, organisasi ini memiliki enam associate members : Australia ,Belanda, Kanada, Jerman, Perancis, dan Selandia Baru. Selain itu, ada satu affiliate member,yaitu Norwegia. Sekretariat SEAMEO, yang disebut SEAMES ( South-East Asia Ministers of Education Secretariat ), yang berkantor di Bangkok , dipimpin oleh seorang Direktur denganmasa bakti 3 (tiga) tahun, yang direkrut dari negara-negara anggota secara bergiliran.
Kerja sama Multilateral
Kerja sama multilateral, yang dikoordinasikan oleh Bagian Kerja Sama Multilateral, berurusandengan kerja sama dengan badan-badan dunia yang melibatkan sejumlah negara. Dalammelaksanakan program-program pendidikan, pemuda dan olahraga yang memerlukan bantuanteknis asing, Depdiknas bekerja sama dengan ADB ( Asian Development Bank ), WB ( WorldBank ), dan IDB ( Islamic Development Bank ) melalui program kemitraan. Kerja sama dengan badan-badan dunia ini dapat berupa pemberian hibah atau pinjaman, untuk mendukung program-program yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri, seperti pelatihan jangka pendek dan pendidikan pascasarjana. Kedua bentuk kerja sama ini memerlukan persiapanyang melibatkan berbagai instansi terkait, terutama BAPPENAS, DEPKEU, DEPLU, danSekretariat Negara, serta perwakilan badan-badan dunia terkait. Di samping itu, kerja sama
 
multilateral juga dapat dilakukan dengan badan-badan dunia lain, seperti UNICEF danUNESCO.-
 
BADAN-BADAN KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONALASEAN Association of South East Asian Nations (ASEAN)
ASEAN adalah perhimpunan bangsa-bangsa yang berada di kawasan Asia Tenggara,didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. Asean terdiri dari negara Indonesia,Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunai Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, danVietnam, Tujuannya menyelenggarakan kerjasama dibidang ekonomi, sosial dan kebudayaanantara sesama anggota ASEAN.
MEE Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE)
Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) atau European Economic Community (EEC) didirikan padatahun 1957 berdasarkan perjanjian antarnegara Eropa Barat di Roma Italia. Tujuannya adalahmenyusun dan melaksanakan politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas di Eropa. Selain itu, MEE juga mengadakan kerja sama dibidang perdagangan dengannegara-negara Asean termasuk Indonesia. Saat ini MEE sudah meningkatkan derajatkerjasamanya menjadi Uni Eropa (European Union)
APEC Asian Pacifik Economic Coorporation (APEC)
APEC merupakan organisasi kerjasama regional di kawasan Asia-Pasifik yang beranggotakan18 negara. Didirikan pada tahun 1989. Tujuannya melakukan liberalisasi perdagangan daninvestasi, serta meningkatkan permanfaatan sumbr daya alam dan kualitas sumber daya manusiauntuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.
IBRD International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau World Bank 
World Bank adalah badan internasional yang bergerak dalam bidang perbankan untuk  pembangunan dan kemajuan negara-negara brkembang. Didirikan pada tanggal 17 Desember 

Activity (100)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dexto Maz Brow added this note
hadowww,....smakin pusinggggg
integral_net liked this
Serlin Idji liked this
Fajar Farhan liked this
Iisa Grounded added this note
manfaatnya apa ????????????

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->