Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
110Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

Ratings: (0)|Views: 14,105|Likes:

More info:

Published by: santy-septina-sihotang-8568 on Apr 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
PENYAKIT MENULAR SEKSUAL
Penyakit menular seksual
adalah penyakit yang menyerang manusia dan binatang melalui transmisihubungan seksual,seks oraldanseks anal. Kata
penyakitmenular seksual
semakin banyak digunakan, karena memiliki cakupan pada arti' orangyang mungkin terinfeksi, dan mungkin mengeinfeksi orang lain dengan tanda-tandakemunculan penyakit. Penyakit menular seksual juga dapat ditularkan melalui jarumsuntik dan juga kelahiran dan menyusui. Infeksi penyakit menular seksual telah diketahuiselama ratusan tahun.Secara umum ada 10 faktor yang dapat menyebabkan PMS ini,yaitu :
1. Seks tanpa pelindung
Meski kondom tidak seratus persen melindungi Anda, ia tetap merupakan cara terbaik untuk menghindarkan Anda dari infeksi. Penggunaan kondom dapat menurunkan laju penularan PMS. Selain selibat, penggunaan kondom yang konsisten adalah proteksiterbaik terhadap PMS. Biasakanlah memakai kondom.
2. Berganti-ganti pasangan
Anda tidak perlu belajar matematika untuk mengetahui bahwa semakin banyak pasanganseksual Anda, kian besar kemungkinan Anda terekspos suatu PMS. Apalagi, orang yangsuka berganti pasangan cenderung memilih pasangan yang suka berganti pasangan pula.Jadi, Anda tidak lepas dari pasangan-pasangannya pasangan Anda.
3. Mulai aktif secara seksual pada usia dini
Kaum muda lebih besar kemungkinannya untuk terkena PMS daripada orang yang lebihtua. Ada beberapa alasannya, yaitu wanita muda khususnya lebih rentan terhadap PMSkarena tubuh mereka lebih kecil dan belum berkembang sempurna sehingga lebih mudahterinfeksi. Kaum muda juga tampaknya lebih jarang pakaikondom, terlibat perilakuseksual beresiko dan berganti-ganti pasangan.
 
4. Pengggunaan alkohol
Konsumsi alkohol dapat berpengaruh terhadap kesehatan seksual. Orang yang biasaminum alkohol bisa jadi kurang selektif memilih pasangan seksual dan menurunkan batasan. Alkohol dapat membuat seseorang sukar memakai kondom dengan benar maupun sulit meminta pasangannya menggunakan kondom.
5. Penyalahgunaan obat
Prinsipnya mirip dengan alkohol, orang yang berhubungan seksual di bawah pengaruhobat lebih besar kemungkinannya melakukan perilaku seksual beresiko/tanpa pelindung.Pemakaian obat terlarang juga memudahkanorang lain memaksa seseorang melakukan perilaku seksual yang dalam keadaan sadar tidak akan dilakukan. Penggunaan obatdengan jarum suntik diasosiasikan dengan peningkatan resiko penularan penyakit lewatdarah, seperti hepatitis dan HIV,yang juga bisa ditransmisikan lewat seks.
6. Seks untuk uang/obat
Orang yang menjual seks untuk mendapatkan sesuatu posisi tawarnya rendah sehinggasulit baginya untuk menegosiasikan hubungan seksual yang aman. Kemudian, pasangan(pembeli jasa) memiliki resiko terinfeksi PMS yang lebih besar. Jadi, baik pembelimaupun penjual sama-sama dirugikan.
7. Hidup di masyarakat yang prevalensi PMS-nya tinggi
Ketika seseorang tinggal di tengah komunitas dengan prevalensi PMS yang tinggi, ketika berhubungan seksual (dengan orang di komunitas itu) ia lebih rentan terinfeksi PMS.
8. Monogami serial
Monogami serial adalah mengencani/menikahi satu orang saja pada suatu masa, tapikalau diakumulasi jumlah orang yang dikencani/dinikahi juga banyak. Contohgampangnya (yang juga banyak terjadi di masyarakat kita) adalah orang yang doyankawin-cerai. Perilaku begini juga berbahaya, sebab orang yang mempraktekkanmonogami serial berpikir bahwa mereka saat itu memiliki hubungan eksklusif sehinggaakan tergoda untuk berhenti menggunakan pelindung ketika berhubungan seksual.
 
Sebenarnya monogami memang efektif mencegah PMS, tapi hanya pada monogami jangka panjangyang kedua pasangan sudah dites kesehatan reproduksi.
9. Sudah terkena suatu PMS
Kalau Anda sudah pernah berkenalan langsung dengan suatu PMS (apalagi sering), Andalebih rentan terinfeksi PMS jenis lainnya. Iritasi atau lepuh pada kulit yang terinfeksidapat menjadi jalan masuk patogen lain untuk menginfeksi. Karena Anda sudah pernahterinfeksi sekali, bisa jadi ada faktor tertentu dalam gaya hidup Anda yang beresiko.
10. Cuma pakai pil KB untuk kontrasepsi
Kadang orang lebih menghindari kehamilan daripada PMS sehingga mereka memilih pilKB sebagai alat kontrasepsi utama. Karena sudah merasa terhindardari kehamilan,mereka enggan memakai kondom. Ini bisa terjadi ketika orang tidak ingin menuduh pasangannya berpenyakit (sehingga perlu disuruh pakai kondom) atau memang tidak suka pakai kondom dan menjadikan pil KB sebagai alasan. Yang jelas, perlindunganganda (pil KB dan kondom) adalah pilihan terbaik…meski tidak semua orangmelakukannya.
Jenis-jenis PMS
HIV/AIDS
1.Gonore

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->