Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
anak

anak

Ratings: (0)|Views: 2,016|Likes:
Published by albaqiatus

More info:

Published by: albaqiatus on Apr 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2012

pdf

text

original

 
Pemeriksaan Fisik , Pengukuran Apgar Skor,Gerak Refleks, Dan PengukuranAntropometri Pada BayiKelompok 2:Kelas IIBAngga yulgantaraEva MarlinaIrma kartika f Rian Yudha pWendi sujana
 
Pemeriksaan fisik pada bayi dapat dilakukan oleh bidan,perawat atau dokter untuk menilai statuskesehatannya. Waktu pemeriksaan fisik dapatdilakukan saat bayi baru lahir, 24 jam setelah lahir,dan akan pulang dari rumah sakit. Sebclummelakukan pemeriksaan fisik pada bayi baru lahir,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antaralain:
1.
Bayi sebaiknya dalam keadaan telanjang di bawahlampu terang sehingga bayi tidak mudah kehilanganpanas, atau lepaskan pakaian hanya pada daerah yang diperiksa.
2.
Lakukan prosedur secara berurutan dari kepala kekaki atau lakukan prosedur yang memerlukanobservasi ketat lebih dahulu, seperti paru, jantungdan abdomen.
3.
Lakukan prosedur yang mengganggu bayi, sepertipemeriksaan refleks pada tahap akhir.
4.
Bicara lembut, pegang tangan bayi di atas dadanyaatau lainnya
 
Pemeriksaan Kepala
C
ara:Lakukan inspeksi daerah kepala.Lakukan penilaian pada bagian tersebut, diantaranya:Maulage yaitu tulang tengkorak yang saling menumpuk pada saat lahir asimetriatau tidak.Ada tidaknya caput succedaneum, yaitu edema pada kulit kepala, lunak dantidak berfiuktuasi, batasnya tidak tegas, dan menyeberangi sutura dan akanhilang dalam beberapa hari.Ada tidaknya cephal haematum, yang terjadi sesaat setelah lahir dan tidaktanpak pada hari pertama karena tertutup oleh caput succedaneum.
C
irinyakonsistensi lunak, berfluktuasi, berbatas tegas pada tepi tulang tengkorak, tidakmenyeberangi sutura dan apabila menyeberangi sutura kemungkinanmengalami fraktur tulang tengkorak.
C
ephal haematum dapat hilang sempurnadalam waktu 2-6 bulanAda tidaknya perdarahan, yang terjadi karena pecahnya vena yangmenghubungkan jaringan di luar sinus dalam tengkorak. Batasnya tidak tegassehingga bentuk kepala tanpak asimetris, scring diraba terjadi fiuktuasi danedema.Adanya fontanel dengan cara palpasi dengan menggunakan jari tangan.Fontanel posterior akan dilihat proses penutupan setelah umur 2 bulan danfontanel anterior menutup saat usia 12-18 bulan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->