Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
7 Layer OSI

7 Layer OSI

Ratings: (0)|Views: 469 |Likes:
Published by ferdi0204
7 layer osi dan perbedaan TCP/IP
7 layer osi dan perbedaan TCP/IP

More info:

Published by: ferdi0204 on Apr 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2012

pdf

text

original

 
 
Aplikasi 7 Layer OSI
Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangattergantung kepada pemasok (
vendor 
). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitasantar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protocol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasiModel Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh InternationalOrganization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangkalogika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secaraefisien.Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana filedirepresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utamayang menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan actualTerdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggungjawwabsecara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat,sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya“error” selama proses transfer data berlangsung
 
 
Model OSI terdiri dari 7 layer :
 
Application
 
Presentation
 
Session
 
Transport
 
Network 
 
Data Link 
 
Physical
Apa yang dilakukan oleh 7 layer OSI ?
 Ketika data ditransfer melalui jaringan,sebelumnya data tersebut harusmelewati ke-tujuh layer dari satuterminal, mulai dari layer aplikasisampai physical layer, kemudian di sisipenerima, data tersebut melewatilayer physical sampai aplikasi. Padasaat data melewati satu layer dari sisipengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisipenerima “header” dicopot sesuai dengan layernya.
Model OSI
 Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer  jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungandengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan danmetode transmisi.Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnyamaupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol danstandard.
Application Layer:
Menyediakan jasauntuk aplikasi pengguna. Layer inibertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer,
 
 
seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, sepertiserver printer atau aplikasi komputer lainnya.
Presentation Layer:
Bertanggung jawabbagaimana data dikonversi dan diformatuntuk transfer data. Contoh konversiformat text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar. Layer inimembentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.
Session Layer:
Menentukan bagaimanadua terminal menjaga, memelihara danmengatur koneksi,- bagaimana merekasaling berhubungan satu sama lain. Koneksi di layer ini disebut “session”.
Transport Layer:
Bertanggung jawabmembagi data menjadi segmen,menjaga koneksi logika “end-to-end”antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).
Network Layer:
Bertanggung jawabmenentukan alamat jaringan,menentukan rute yang harus diambilselama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data padalayer ini berbentuk paket.
Data Link Layer:
Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frameyang berhubungan dengan“hardware” kemudian diangkut melalui media. komunikasinya dengankartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksidan penanganan error.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Patar Silalahi liked this
dado_sgn liked this
nonytkj2935 liked this
Fadly Fahreza liked this
lofty21 liked this
97860 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->