Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSORIARIS

PSORIARIS

Ratings: (0)|Views: 1,725|Likes:
Published by Dony_Lombok

More info:

Published by: Dony_Lombok on Apr 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
PSORIASIS
Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalamiproses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit initerkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang, penyakit inisecara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapikarena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana sajasehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta menggangukekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik.Berbeda dengan pergantian kulit pada manusia normal yangbiasanya berlangsung selama tiga sampai empat minggu, prosespergantian kulit pada penderita psoriasis berlangsung secara cepatyaitu sekitar 2–4 hari, (bahkan bisa terjadi lebih cepat) pergantiansel kulit yang banyak dan menebal.Sampai saat ini penyakit Psoriasis belum diketahui penyebabnyasecara pasti, sehingga belum ada pengobatan yang dapatmenyembuhkan secara total penyakit Psoriasis.
Berdasarkan penelitian para dokter, ada beberapa hal yangdiperkirakan dapat memicu timbulnya Psoriasis, antara lainadalah :
 Garukan/gesekan dan tekanan yang berulang-ulang , misalnyapada saat gatal digaruk terlalu kuat atau penekanan anggota tubuhterlalu sering pada saat beraktivitas. Bila Psoriasis sudah munculdan kemudian digaruk/dikorek, maka akan mengakibatkan kulitbertambah tebal.• Obat telan tertentu antara lain obat anti hipertensi dan antibiotik.• Mengoleskan obat terlalu keras bagi kulit.• Emosi tak terkendali.Sedang mengalami infeksi saluran nafas bagian atas, yangkeluhannya dapat berupa demam nyeri menelan, batuk danbeberapa infeksi lainnya.• Makanan berkalori sangat tinggi sehingga badan terasa panas dankulit menjadi merah , misalnya mengandung alcohol.
 
Sampai saat ini belum dapat diketahui secara pasti penyebabpenyakit ini, oleh karena itu belum ditemukan secara pasti cara atauobat untuk menyembuhkan penyakit kulit ini secara sempurna,namun penderita Psoriasis suatu saat dapat menjadi mulus karenasiklus kekacauan pergiliran sel kulit ini kadang-kadang menjadinormal atau dapat di atasi dengan obat; masa ini dikenal sebagaimasa remisi. Untuk mencapai keadaan remisi itu diperlukankerjasama yang baik antara pasien dengan dokter yang merawat.Psoriasis belum dapat disembuhkan artinya belum ada penderitayang 100% terbebas dari penyakit ini , pengobatan yang ada hanyauntuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit,mengurangi rasa gatalnya. Penderita Psoriasis tidak bisa berhentidari pengobatan, ada pengobatan lanjutan sebagai pemeliharaanyang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankankondisi dan juga untuk mengontrol timbulnya kelainan kulit yangbaru.Kulit penderita Psoriasis awalnya tampak seperti bintik merah yangmakin melebar dan ditumbuhi sisik lebar putih berlapis-lapis.Tumbuhnya tidak selalu di seluruh bagian kulit tubuh kadang-kadang hanya timbul pada tempat-tempat tertentu saja, karenapergiliran sel–sel kulit bagian lainnya berjalan normal. Psoriasispada kulit kepala dapat menyerupai ketombe, sedangkan padalempeng kuku tampang lubang-lubang kecil rapuh atau keruh.Penyakit Psoriasis dapat disertai dengan / tanpa rasa gatal . Kulitdapat membaik seperti kulit normal lainnya setelah warnakemerahan , putih atau kehitaman bekas Psoriasis. Pada beberapa jenis Psoriasis, komplikasi yang diakibatkan dapat menjadi serius,seperti pada Psoriasis artropi yaitu Psoriasis yang menyerang sendi,Psoriasis bernanah (Psoriasis Postulosa) dan terakhir seluruh kulitakan menjadi merah disertai badan menggigil (Eritoderma)Pengobatan Psoriasis biasanya dilakukan dengan berbagai caramulai dengan salep oles (topical), obat telan (sistemik) maupundengan penyinaran menggunakan sinar UVB. Baik pengobatan salepmaupun penyinaran hanya membantu meredam penyakit tersebutdan tidak menyembuhkan sama sekali, sehingga sewaktu-waktupenyakit ini dapat timbul kembali.Saat ini hanya ada beberapa rumah sakit di Indonesia yangmenyediakan pengobatan melalui penyinaran UVB ini, karenabesarnya biaya yang diperlukan untuk menyediakan peralatantersebut.
 
Saat ini penderita Psoriasis di Indonesia terlihat meningkat danmulai banyak dibicarakan masyarakat karena telah beberapa kaliKomunitas Peduli Psoriasis Indonesia melakukan seminar dansymposium serta melakukan Pelatihan Kader Psoriasis bekerja samadengan Kelompok Studi Psoriasis Indonesia yang telah diliput olehmedia masa serta adanya pengakuan dari beberapa public figureyang menderita psoriasis.Namun demikian sampai saat ini masih dirasakan, kurangnyainformasi mengenai penyakit ini di Indonesia menyebabkan masihsedikit sekali orang yang mengetahui penyakit ini, baik tentangpendeteksian awal ataupun cara pengobatannya.Psoriasis memang tidak membahayakan jiwa, namun pengobatanminum dengan tidak terkontrol oleh dokter dapat mengakibatkanrusaknya organ dalam yang bisa membahayakan jiwa penderita,oleh karena media web site ini merupakan kerjasama bersama paradokter yang tergabung dalam Kelompok Studi Psoriasis Indonesia,maka dengan web site ini diharapkan informasi maupun hubunganinteraktif antara penderita dengan dokter dapat terjaga sehinggainformasi terkini tentang Psoriasis maupun pengobatan sertadampak pengobatannya dapat secara instan diakses .
Penyembuhan Psoriasis Secara Alami -Jawaban TerbaikSudah di Pilih:
 Penyembuhan Psoriasis Secara AlamiOleh: Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APUPsoriasis adalah nama penyakit kulit berasal dari bahasa Yunaniyakni Psora yang artinya gatal. Namun tidak selalu kalau kegatalanitu harus bersamaan dengan psoriasis. Sebaliknya eksema biasanyaselalu disertai gatal.Apa itu psoriasis? Secara singkat, siklus pergantian lapisan kulitnormal itu, biasa terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali. Namunpada psoriasis, proses pergantian kulit dipercepat antara 3-4 harisekali.Tipe Psoriasis Yang Sering Ditemukan

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fadhli Ahmad liked this
Annisa Nurdin liked this
Ratna Puri liked this
Mila Damayanti liked this
clairebennet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->