Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
GIZI+IBU+HAMIL

GIZI+IBU+HAMIL

Ratings: (0)|Views: 713 |Likes:
Published by elektronika08

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: elektronika08 on Apr 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
Seorang ibu hamil memiliki kebutuhan gizi khusus. Beberapa kebutuhan gizi ibu hamil dapatditutupi oleh makanan sehat yang seimbang. Selain pilihan makanan sehat, pada saatkehamilan dibutuhkan vitamin. Idealnya adalah tiga bulan sebelum kehamilan. Hal ini dapatmembantu mendapatkan gizi yang dibutuhkan. Namun, terkadang diperlukan tambahanmakanan, bahkan suplemen sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa syarat makanan sehatbagi ibu hamil:
Menyediakan energi yang cukup (kalori) untuk kebutuhan kesehatan tubuh anda danpertumbuhan bayi
 
Menyediakan semua kebutuhan ibu dan bayi (meliputi protein, lemak, vitamin, mineral)
 
Dapat menghindarkan pengaruh negatif bagi bayi
 
Mendukung metabolisme tubuh ibu dalam memelihara berat badan sehat, kadar guladarah, dan tekanan darah.
 
Seorang wanita selama kehamilan memiliki kebutuhan energi yang meningkat. Energi inidigunakan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah, dan jaringanyang baru. Selain itu, tambahan kalori dibutuhkan sebagai tenaga untuk proses metabolisme jaringan baru. Namun dengan adanya pertambahan kebutuhan kalori ini tidak lantasmenjadikan anda terlalu banyak makan. Tubuh anda memerlukan sekitar 80.000 tambahankalori pada kehamilan. Dari jumlah tersebut, berarti setiap harinya sekitar 300 tambahankalori dibutuhkan ibu hamil. Memang cukup sulit untuk mengetahui berapa kalori yang telahdikonsumsi setiap harinya. Untuk jangka pendek, gunakanlah rasa lapar anda sebagai panduankebutuhan kalori. Monitorlah berat badan anda untuk membantu menilai apakah andamengkonsumsi makanan sejumlah kalori yang tepat. Mungkin saja anda membutuhkanbantuan dokter ataupun ahli gizi untuk membantu anda dalam mencukupi kebutuhan kaloriselama kehamilan. Anda membutuhkan protein lebih banyak selama kehamilandibandingkan waktu-waktu lain di seluruh hidup anda. Hal inidikarenakan protein diperlukan untuk pertumbuhan jaringanpada janin. Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram proteinsetiap harinya, lebih banyak 25 gram dibandingkan yang lain.Menambahkan protein ke dalam makanan merupakan carayang efektif untuk menambah kalori sekaligus memenuhikebutuhan protein. Produk hewani seperti daging, ikan, telur,susu, keju, dan hasil laut merupakan sumber protein. Selain ituprotein juga bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan sepertikacang-kacangan, biji-bijian, tempe, tahu, oncom, dan lainnya. Folat merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio.Folat juga membantu mencegah
neural tube defect 
, yaitu cacat pada otak dan tulangbelakang. Kekurangan folat juga dapat meningkatkan kehamilan kurang umur (prematur), bayidengan berat badan lahir rendah (bayi berat lahir rendah/BBLR), dan pertumbuhan janin yangkurang. Sebenarnya, asam folat sangat diperlukan terutama sebelum kehamilan dan padaawal kehamilan. Namun, ibu hamil tetap harus melanjutkan konsumsi folat. 600 mg folatdisarankan untuk ibu hamil. Folat dapat didapatkan dari suplementasi asam folat. Sayuranberwarna hijau (seperti bayam, asparagus), jus jeruk, buncis, kacang-kacangan dan rotigandum merupakan sumber alami yang mengandung folat. Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin, yaitu protein di sel darah merah yangberperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, volume darah bertambah
 
untuk menampung perubahan pada tubuh ibu dan pasokan darah bayi. Hal ini menyebabkankebutuhan zat besi bertambah sekitar dua kali lipat. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi,ibu hamil akan mudah lelah dan rentan infeksi. Risiko melahirkan bayi tidak cukup umur danbayi dengan berat badan lahir rendah juga lebih tinggi. Kebutuhan zat besi bagi ibu hamil yaitusekitar 27 mg sehari. Selain dari suplemen, zat besi bisa didapatkan secara alami dari dagingmerah, ikan, unggas, sereal sarapan yang telah difortifikasi zat besi, dan kacang-kacangan. Dari beberapa studi dilaporkan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar zar seng rendah dalammakanannya berisiko melahirkan prematur dan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.Sedangkan uji klinis suplementasi zat seng tidak didapatkan kejelasan mengenai keuntunganmengkonsumsi seng dalam jumlah yang lebih tinggi. Namun mengkonsumsi zat seng dalam jumlah cukup bagi merupakan langkah antisipatif yang dapat dilakukan. Zat seng dapatditemukan secara alami pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan beberapa sereal sarapan yang telah difortifikasi. Pada umumnya, wanita tidakmembutuhkan tambahan suplemen. Namun anda dapat mengkonsumsi suplemen (sekitar 25mg zat seng sehari) jika anda dalam kondisi yang kurang sehat. Janin mengumpulkan kalsium dari ibunya sekitar 25 sampai 30 mg sehari.Paling banyak ketika trimester ketiga kehamilan. Ibu hamil dan bayimembutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu,kalsium juga digunakan untuk membantu pembuluh darah berkontraksidan berdilatasi. Kalsium juga diperlukan untuk mengantarkan sinyal saraf,kontraksi otot, dan sekresi hormon. Jika kebutuhan kalsium tidaktercukupi dari makanan, kalsium yang dibutuhkan bayi akan diambil daritulang ibu. Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah sekitar 1000 mg per hari.Sumber kalsium dari makanan diantaranya produk susu seperti susu, keju,yogurt. Selain itu ikan teri juga merupakan sumber kalsium yang baik. Vitamin C yang dibutuhkan janin tergantung dari asupan makanan ibunya. Vitamin Cmerupakan antioksidan yang melindungi jaringan dari kerusakan dan dibutuhkan untukmembentuk kolagen dan menghantarkan sinyal kimia di otak. Wanita hamil setiap harinyadisarankan mengkonsumsi 85 mg vitamin C per hari. Anda dapat dengan mudah mendapatkanvitamin C dari makanan seperti tomat, jeruk, strawberry, jambu biji, dan brokoli. Makananyang kaya vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin A memegang peranan penting dalam fungsi tubuh, termasuk fungsi penglihatan,imunitas, serta pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A dapatmengakibatkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. Vitamin A dapat ditemukanpada buah-buahan dan sayuran berwarna hijau atau kuning, mentega, susu, kuning telur, danlainnya.
 
 Menjadi ibu hamil membawa banyak perubahan keseharian anda. Salah satu perubahan yangcukup besar adalah perubahan pola makan. Berikut beberapa tips mengenai pola makan bagiibu hamil:
Konsumsilah makanan dengan jumlah lebih banyak daripiramida makanan bagian bawah. Kemudian tambahkandengan sayuran dan protein, buah, produk susu, danterakhir makanan berlemak. Dengan konsep paramida,makin ke bawah, makin besar kebutuhan yang harusdipenuhi setiap harinya.
Menu yang bervariasi pada makanan sangat penting. Halini membantu mendapatkan kebutuhan vitamin danmineral dari makanan yang anda konsumsi. Variasi menu juga membantu mencegah kebosanan.
 
Bawalah selalu air putih. Minum air dalam jumlah cukupdapat membantu kehamilan sehat. Dengan cukup air,kulit ibu lebih sehat (lebih elastis), serta dapatmengurangi gejala kehamilan umum seperti sembelit,bengkak, dan sebagainya. Minum cukup 8 gelas airsehari. Minuman lain seperti soda, kopi tidak bolehdihitung sebagai perhitungan 8 gelas air.
Makanlah dalam jumlah sedikit jika anda memilikimasalah mual atau muntah atau pengurangan ruang diperut ketika hamil. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil (namun sering) dapat membantu mengatur kadar gula darah yangmembuat anda merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Selalu ingat bahwa penambahan berat badan saat kehamilan merupakan bagianpenting dari kehamilan. Hindari diet ataupun pantang pada makanan tanpa berdiskusidengan praktisi kesehatan anda. Makan baik selama kehamilan dapat memastikanpertambahan berat badan dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil.
Vitamin maupun suplemen tidak dimaksudkan untuk mengganti asupan makanan andaselama kehamilan. Suplemen dan vitamin dimaksudkan untuk membantu mencukupi

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Luna Litami liked this
murvinand liked this
Aizat Hughes liked this
Liliez Ajja Dech liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->