Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
126Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ptk Matematika Kelas Vi

Ptk Matematika Kelas Vi

Ratings: (0)|Views: 15,693|Likes:
Published by RiezieNovita

More info:

Published by: RiezieNovita on Apr 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Alasan Pemilihan Judul
Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematik. Seperti halnya ilmu yang lain matematika memiliki aspekkreatif dan juga aspek terapan atau praktik. Diberikannya matematika dijenjangpendidikan dasar antara lain untuk mempersiapkan siswa agar sanggupmenghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selaluberkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis,rasional, kritis, cermat, jujur, efektif dan efisien serta mempersiapkan siswaagar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalamkehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.Pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya lebih bersifatklasikal, yakni guru berdiri di depan kelas, sedangkan siswa duduk rapi ditempat masing-masing. Pada sistem pembelajaran seperti ini, sistemkomunikasi yang terjadi cenderung satu arah yaitu guru aktif menerangkan,memberi contoh, menyajikan soal atau bertanya. Sedangkan siswa dudukmendengarkan, menjawab pertanyaan atau mencatat materi yang disajikanguru. Untuk memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih bersifat multiarah, dapat diterapkan model pembelajaran melalui diskusi kelompok kecil.Pembelajaran matematika di sekolah juga banyak yang hanyamenekankanpada tujuan kognitif.Salah satu alternatif agar pembelajaran matematika tidak hanyamenekankan pada tujuan kognitif saja adalah melalui pembelajaran berbasismasalah. Pembelajaran matematika berbasis masalah bukanlah sekedapembelajaran yang dipenuhi dengan latihan soal–soal seperti yang seringterjadi di lembaga bimbingan tes (belajar). Dalam pembelajaran berbasismasalah siswa dihadapkan dengan permasalahan yang membangkitkan rasaingin tahunya untuk melakukan penyelidikan sehingga dapat menemukansendiri jawabannya, dengan mengkomunikasikan hal itu dengan orang lain.
1
 
Dalam penyelidikan sering dilakukan kerjasama dengan temannya. Hal inimemberikan implikasi pada pembelajaran di kelas, termasuk padapembelajaran matematika. Pembelajaran matematika mestinya juga harusmenjadi wahana untuk mengembangkan kecakapan dalam memecahkanmasalah, karenanya perlu ditetapkan model pembelajaran berbasis masalahsejak dini dan secara berkelanjutan.Dalam rangka pembaharuan pendidikan, hendaknya guru mampumelibatkan siswanya secara aktif dalam proses belajar sehingga dapatmeningkatkan daya kreativitas dan berpikir pada siswa yang dapatmemperkuat motivasi.Pada umumnya masalah yang menonjol yang dihadapi oleh pendidikanmatematika adalah hasil belajar para siswa yang belum memuaskan. Aktivitasbelajar dan kemampuan siswa SD Negeri Gunung Sari 03dalammenyelesaikan soal matematika masih rendah. Rendahnya kemampuantersebut ditunjukkan oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hasil diskusi penelitidengan guru matematika yang mengajar di kelas VI SD Negeri Gunung Sari 03diperoleh hasil bahwa:1) siswa cukup sulit memahami konsep-konsepmatematika karena konsep-konsep matematika tersebut bersifat abstrak, 2)siswa tidak banyak yang siap atau menyiapkan diri sebelum pembelajarandimulai walaupun materi pelajaran yang akan diajarkan pada pertemuanberikutnya sudah diketahui, dan 3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaranmasih rendah.Selain itu dari diskusi peneliti dengan guru matematika diperoleh datasebagai berikut.Dari data diatas terlihat bahwa rata–rata hasil belajar matematika siswakelas VI SD Negeri Gunung Sari 03masih rendah yaitu kurang dari 7,0. Oleh
2
 
karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas VI SD Negeri 2 Mlati Kidul Kudus. Berbagai upaya telah dilakukantetapi hasilnya belum memuaskan. Penelitian tindakan adalah salah satustrategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan prosespengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah.Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) ini, akan dicobakan modelpembelajaran berbasis masalah untuk pokok bahasan pengumpulan danpengelolaan data.
B. Permasalahan
Dari latar belakang yang telah diuraikan di atas, masalah yang akandibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah denganimplementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasilbelajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa kelas VI SDNegeri Gunung Sari 03Tahun Pelajaran 2004 / 2005 ?
C. Cara Pemecahan Masalah
Dalam penelitian ini masalah akan dipecahkan melalui penelitian tindakankelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus. Masing–masing siklus terdiridari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi.Model pembelajaran yang direncanakan untuk siklus I adalah :
Pengajuan permasalahan oleh guru.
Siswa dibagi ke dalam kelompok–kelompok, setiap kelompok terdiri dari4 orang siswa.
Setiap kelompok memperoleh kartu masalah untuk didiskusikanbersama dan hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Hasil refleksi akhir siklus I untuk merencanakan (menyempurnakan)siklus berikutnya.
D. Penegasan Istilah
1. Kemampuan
3

Activity (126)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sekolah Dasar liked this
Uju Juhaeni added this note|
Jzqllh atas bagi-bagi ilmunya, semoga jdi ibadah...
nollyrat liked this
Nova Novita liked this
Peyexd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->