Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Capital Budegting

Capital Budegting

Ratings: (0)|Views: 670|Likes:
Published by SuparShane

More info:

Published by: SuparShane on Apr 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

 
PENGANGGARAN MODAL(CAPITAL BUDGETING)
DAFTAR ISI
Daftar Isi 21. Pengertian Penggangaran Modal 32. Klasifikasi Proyek Investasi 33. Prinsip Penilaian Investasi 54. Kriteria / Teknik Evaluasi Capital Budgeting 64.1. Metode Jangka Pengembalian ( Cash Payback = PB ) 64.2. Pengembalian Kas yang Didiskontokan ( DPB) 64.3. Tingkat Hasil Pengembalian Akuntansi (ARR) 64.4. Metode Nilai Sekarang Bersih (Net Present Value = NPV) 74.5. Metode Tingkat Pengembalian Intern (IRR)74.6 Profitability Index75. Perbandingan Metode NPV dengan Metode IRR 86. Teknik Penyusutan Arus Kas 86.1 Arus kas proyek baru 86.2.Arus kas proyek penggantian 97. Dampak Inflasi 107.1. Inflasi netral 107.2. Inflasi non-netral 108. Penilaian Proyek dengan Umur dan Skala Berbeda 119. Proyek dengan Kondisi Tidak Pasti 1210. Soal Latihan 13Daftar Pustaka15
 
1. Pengertian Penggangaran Modal
Penganggaran modal adalah. Merupakan proses perencanaan pengeluaran uangsecara keseluruhan, dimana hasil hasil pengembaliannya diharapkan terjadi dalam jangkawaktu lebih dari satu tahun. Pemilihan jangka panjang waktu satu tahun tidaklah mutlak,akan tetapi lebih merupakan penggal waktu yang mudah untuk membedakan berbagai jenis pengeluaran. Contoh pengeluaran investasi yang jelas adalah pengeluaran untuk tanah, bangunan dan mesin, serta tambahan modal kerja alternati sesuai dengan ekspansi pabrik. Suatu kampanye promosi dan pengiklanan, atau suatu program penelitian dan pengembangan juga mempunyai dampak lebih dari saru tahun, sehingga dapat jugadigolongkan sebagai pengeluaran penganggaran modal.
2. Klaksifikasi Proyek InvestasiPenggantian : pemeliharaan bisnis.
 Kategori ini terdiri dari pengeluaran untuk mengganti peralatan yang usangatau rusak yang digunakan dalam membuat produk yang menguntungkan.Proyek pengggantian diperlukan jika perusahaan ingin melanjutkan usahanya.Isu satu-satunya di sini adalah: apakaah operasi ini harus dilanjutkan danharuslah kita melanjutkan penggunaan proses produksi yang sama? Padaumumnya adalah ya, sehingga keputusan pemeliharaan dibuat tanpa melalui proses keputusan yang rumit.
Penggantian : pengurangan biaya
.Kategori ini termasuk pengeluaran untuk mengganti peralatan yang telahusang. Tujuannya adalah untuk menurunkan biaya tenaga kerja, bahan, daninput lainnya seperti listrik. Keputusan ini adalah bijaksana dan secara wajar  bisanya memerlukan analisis yang terinci.
Ekspansi produk atau pasar yang ada
.Di sini termasuk pengeluaran untuk meningkatkan output produk yang sudahada, atau untuk memperluas outlet ritel atau fasilitas distribusi dalam pasar yang sekarang dilayani. Keputusan ini lebih kompleks karena memerlukan2
 
 peramalan eksplisit tentang pertumbuhan permintaan. Kesalahfahaman lebihsering terjadi, sehingga diperlukan analisis yang lebih terinci. Juga, keputusan jadi/tidak jadi biasanya dibuat pada tingkat yang lebih tinggi dalam perusahaan.
Ekspansi ke dalam produk atau pasar baru
.Ini adalah investasi untuk menghasilkan produk baru atau untuk memperluaske daerah geografi yang saat ini tidak teryalani. Proyek ini melibatkankeputusan strategis yang dapat mengubah sifat mendasar bisnis, dan biasanyamembutuhkan pengeluaran uang dalam jumlah besar dan pengembalian yanglebih lambat. Dalam proyek ini selalu diperlukan analisis yang terinci dankeputusan akhir biasanya dibuat pada tingkat paling atas-oleh dewan direksisebagai bagian dari rencana strategis perusahaan.
Proyek pengaman dan/atau lingkungan
.Kategoti ini meliputi pengeluaran yang diperlukan untuk memenuhi permintaan pemerintah, perjanjian tenaga kerja, atau polis asuransi.Pengeluaran ini disebut investasi jawib dan biasanya menyangkut proyek tanpa pendapatan. Bagaimana mereka menangani proyek ini tergantung padaukurannya, di mana ukuran yang kecil akan diperlukan seperti Kategori yangdiuraikan di atas.
Lainnya
.Kategori ini termasuk gedung perkantoran, pesawat terbang eksekutif, dansebagainya. Bagaimana kategori ini ditangani bervariasi di antara perusahaan.
3. Prinsip Penilaian Investasi
Dalam membandingkan berbagai alternat penganggaran modal, maka perludisusun beberapa pedoman. Apakah sifat-sifat suatu alternat yang ideal? Pengambilankeputusan yang optimal harus mempunyai empat alternatif :3

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lulu Nurhidaya liked this
Salim Yahya liked this
Rachmawati Imam liked this
syavanauval liked this
donnyjpr liked this
boris70 liked this
netti syafitri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->