Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KARBOHIDRAT

KARBOHIDRAT

Ratings: (0)|Views: 1,375 |Likes:
Published by zakky

More info:

Published by: zakky on Apr 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2012

pdf

text

original

 
KARBOHIDRAT
Karbohidrat
('hidratdarikarbon',
hidrat arang
) atau
sakarida
σάκχαρον
, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuhmakhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnyaglukosa), cadangan makanan (misalnyapatipada tumbuhan danglikogenpada hewan), dan materi pembangun (misalnyaselulosapada tumbuhan,kitin padahewandan jamur ).
 Pada prosesfotosintesis,tetumbuhan hijau  mengubahkarbon dioksidamenjadi karbohidrat.Secara biokimia, karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atausenyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila dihidrolisis.
Karbohidratmengandunggugus fungsi karbonil(sebagaialdehidaatauketon) dan banyak gugus hidroksil. Pada awalnya, istilah karbohidrat digunakan untuk golongan senyawa yangmempunyai rumus (CH
2
O)
n
, yaitu senyawa-senyawa yang
n
atom karbonnya tampak terhidrasi oleh
n
molekul air.
Namun demikian, terdapat pula karbohidrat yang tidak memiliki rumus demikian dan ada pula yang mengandungnitrogen,fosforus,atausulfur.
Bentuk molekulkarbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekulgulasederhana yang disebutmonosakarida, misalnya glukosa,galaktosa, danfruktosa. Banyak karbohidrat merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida,misalnya pati, kitin, danselulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, terdapat pula disakarida (rangkaian duamonosakarida) danoligosakarida(rangkaian beberapa monosakarida).
A.Peran biologis
1.Peran dalam biosfer
Fotosintesismenyediakan makanan bagi hampir seluruh kehidupan di bumi, baik secaralangsung atau tidak langsung. Organismeautotrof seperti tumbuhan hijau, bakteri, danalga  fotosintetik memanfaatkan hasil fotosintesis secara langsung. Sementara itu, hampir semuaorganismeheterotrof , termasuk manusia, benar-benar bergantung pada organisme autotrof  untuk mendapatkan makanan.
Pada prosesfotosintesis, karbon dioksida diubah menjadi karbohidrat yang kemudiandapat digunakan untuk mensintesis materi organik lainnya. Karbohidrat yang dihasilkan olehfotosintesis ialah gula berkarbon tiga yang dinamaigliseraldehida 3-fosfat. Senyawa inimerupakan bahan dasar senyawa-senyawa lain yang digunakan langsung oleh organismeautotrof, misalnya glukosa, selulosa, dan pati.
2.Peran sebagai bahan bakar dan nutrisi
Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup.Monosakarida, khususnyaglukosa,merupakannutrienutamasel. Misalnya, padavertebrata,  glukosa mengalir dalam alirandarahsehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuhtersebut menyerap glukosa dan mengambiltenagayang tersimpan di dalam molekul tersebut pada prosesrespirasi selular untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbonmonosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecillainnya, termasuk asam aminodanasam lemak.
Sebagainutrisiuntuk manusia, 1gramkarbohidrat memiliki nilai energi 4Kalori.
[5] 
Dalam menu makanan orangAsia Tenggaratermasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Bahan makanan sumber karbohidrat ini
 
 Namun demikian, daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat bermacam-macam bergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%.Seratmenurunkan daya cernakarbohidrat menjadi 85%.
Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosayang dikonsumsi manusia hanya lewat melaluisaluran pencernaandan keluar bersamafeses.  Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkanlendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehinggaselulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makananyang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahansegar,sayur-sayuran, dan biji-bijian.
Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbanganasam basa di dalam tubuh
[
]
, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh,dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.
3.Peran sebagai cadangan energi
Beberapa jenis polisakarida berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan, yangnantinya akan dihidrolisisuntuk menyediakan gula bagi sel ketika diperlukan.Pati  merupakan suatu polisakarida simpanan pada tumbuhan. Tumbuhan menumpuk pati sebagaigranul atau butiran di dalamorganel  plastid, termasuk kloroplas. Dengan mensintesis pati, tumbuhan dapat menimbun kelebihanglukosa. Glukosa merupakan bahan bakar sel yangutama, sehingga pati merupakan energi cadangan.
Sementara itu, hewan menyimpan polisakarida yang disebutglikogen. Manusia danvertebrata lainnya menyimpan glikogen terutama dalam selhatidanotot. Penguraian glikogen pada sel-sel ini akan melepaskan glukosa ketika kebutuhan gula meningkat. Namundemikian, glikogen tidak dapat diandalkan sebagai sumber energi hewan untuk jangka waktulama. Glikogen simpanan akan terkuras habis hanya dalam waktu sehari kecuali kalaudipulihkan kembali dengan mengonsumsi makanan.
4.Peran sebagai materi pembangun
Organisme membangun materi-materi kuat dari polisakarida struktural. Misalnya,selulosaialah komponen utamadinding seltumbuhan. Selulosa bersifat seperti serabut, liat, tidak larut di dalam air, dan ditemukan terutama pada tangkai, batang, dahan, dan semua bagian berkayu dari jaringan tumbuhan.
 Kayuterutama terbuat dari selulosa dan polisakarida lain, misalnyahemiselulosadan pektin. Sementara itu,kapasterbuat hampir  seluruhnya dari selulosa.Polisakarida struktural penting lainnya ialahkitin,karbohidrat yang menyusun kerangkaluar (eksoskeleton)arthropoda(serangga,laba-laba,crustacea, dan hewan-hewan lain sejenis). Kitin murni mirip seperti kulit, tetapi akan mengeras ketika dilapisikalsiumkarbonat. Kitin juga ditemukan pada dinding sel berbagai jenisfungi.
Sementara itu, dinding sel bakteriterbuat dari struktur gabungan karbohidrat polisakaridadenganpeptida, disebut peptidoglikan.Dinding sel ini membentuk suatu kulit kaku dan  berpori membungkus sel yang memberi perlindungan fisik bagimembran selyang lunak dansitoplasmadi dalam sel.
Karbohidrat struktural lainnya yang juga merupakan molekul gabungan karbohidratdengan molekul lain ialah proteoglikan,glikoprotein, danglikolipid. Proteoglikan maupun glikoprotein terdiri atas karbohidrat dan protein,namun proteoglikan terdiri terutama ataskarbohidrat, sedangkan glikoprotein terdiri terutama atas protein. Proteoglikan ditemukanmisalnya pada perekat antarsel pada jaringan,tulang rawan, dancairan sinovialyang melicinkansendiotot. Sementara itu, glikoprotein dan glikolipid (gabungan karbohidrat dan
 
lipid) banyak ditemukan pada permukaan sel hewan.
 Karbohidrat pada glikoproteinumumnya berupa oligosakarida dan dapat berfungsi sebagai penanda sel. Misalnya, empatgolongan darahmanusia pada sistem ABO (A, B, AB, dan O) mencerminkan keragamanoligosakarida pada permukaan sel darah merah.
B.Klasifikasi karbohidrat
1.MonosakaridaMonosakarida
merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiriatas beberapaatomC dan tidak dapat diuraikan dengan carahidrolisismenjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadialdosadanketosa.Contoh dari aldosa yaituglukosa  dangalaktosa. Contoh ketosa yaitufruktosa.
2.DisakaridaDisakarida
merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus -OH dengan melepaskan molekulair.Contoh dari disakarida adalahsukrosa,laktosa, danmaltosa.
3.PolisakaridaPolisakarida
merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagaimonomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C
6
(H
10
O
5
)
n
. Contoh polisakarida adalahselulosa,glikogen, danamilum.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mey Doank liked this
mkafiya liked this
saduddinachmed liked this
Joyo Manalu liked this
Hendy Prastika liked this
Yani Abas liked this
Endah Hadiyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->