Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
172Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Glaukoma

Glaukoma

Ratings: (0)|Views: 4,266 |Likes:
Published by adira2010

More info:

Published by: adira2010 on Apr 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Anatomi Sudut Filtrasi
Sudut filtrasi merupakan bagian yang penting dalam pengaturan cairan bilik mata.Sudut ini terdapat di dalam limbus kornea. Limbus adalah bagian yang dibatasi olehgaris yang menghubungkan akhir dari membran Descemet dan membran Bowman.Akhir dari membran Descemet disebut garis Schwalbe.Limbus terdiri dari 2 lapisan yaitu epitel dan stroma. Epitelnya 2 kali ketebalanepitel kornea. Di dalam stromanya terdapat serat-serat saraf dan cabang akhir dariarteri siliaris anterior.Bagian terpenting dari sudut filtrasi adalah trabekular, yang terdiri dari :1.Trabekula korneoskleralSerabutnya berasal dari lapisan stroma kornea dan menuju ke belakangmengelilingi kanalis Schlemm untuk berinsersi pada sklera.2.Trabekula uvealSerabutnya berasal dari lapisan dalam stroma kornea, menuju ke scleral spu(insersi dari m.siliaris) dan sebagian ke m.siliaris meridional.3.Serabut yang berasal dari akhir membran Descemet (garis Schwalbe)Serabut ini menuju ke jaringan pengikat m.siliaris radialis dan sirkularis.4.Ligamentum pektinatum rudimenter Ligamentum ini berasal dari dataran depan iris menuju ke depan trabekula.Trabekula terdiri dari jaringan kolagen, homogen, elastis dan seluruhnya diliputioleh endotel. Keseluruhannya merupakan spons yang tembus pandang, sehingga bilaada darah di dalam kanalis Schlemm, dapat terlihat dari luar.Kanalis Schlemm merupakan kapiler yang dimodifikasi, yang mengelilingikornea. Dindingnya terdiri dari satu lapisan sel, diameternya 0,5 mm. Pada dindingsebelah dalam, terdapat lubang-lubang sehingga terdapat hubungan langsung antaratrabekula dan kanalis Schlemm. Dari kanalis Schlemm keluar saluran kolektor, 20-30 buah, yang menuju ke pleksus vena di dalam jaringan sklera dan episklera dan venasiliaris anterior di badan siliar.
1
 
1.2Fisiologi Humor Akueus
Tekanan intraokular ditentukan oleh kecepatan pembentukan humor akueus dantahanan terhadap aliran keluarnya dari mata. Humor akueus adalah suatu cairan jernihyang mengisi kamera anterior dan posterior mata. Volumenya adalah sekitar 250μL/menit. Tekanan osmotik sedikit lebih tinggi daripada plasma. Komposisi humor akueus serupa dengan plasma kecuali bahwa cairan ini memiliki konsentrasi askorbat, piruvat, dan laktat yang lebih tinggi dan protein, urea dan glukosa yang lebih rendah.Humor akueus diproduksi oleh korpus siliaris. Ultrafiltrat plasma yangdihasilkan di stroma prosessus siliaris dimodifikasi oleh fungsi sawar dan prosessussekretorius epitel siliaris. Setelah masuk ke kamera posterior, humor akueus mengalir melalui pupil ke kamera anterior lalu ke jalinan trabekular di sudut kamera anterior.Selama periode ini, terjadi pertukaran diferensial komponen-komponen dengan darahdi iris. Peradangan atau trauma intraokuler dapat menyebabkan peningkatankonsentrasi protein. Hal ini disebut humor akueus plasmoid dan sangat mirip denganserum darah.Jalinan trabekula terdiri dari berkas-berkas jaringan kolagen dan elastik yangdibungkus oleh sel-sel traabekula yang membentuk suatu saringan dengan ukuran pori-pori semakin mengecil sewaktu mendekati kanalis Schlemm. Kontraksi ototsiliaris melalui insersinya ke dalam jalinan trabekula memperbesar ukuran pori-pori di jalinan tersebut sehingga kecepatan drainase humor akueus juga meningkat. Aliranhumor akueus ke dalam kanalis Schlemm bergantung pada pembentukan saluran-saluran transelular siklik di lapisan endotel. Saluran eferen dari kanalis Schlemm(sekitar 30 saluran pengumpul dan 12 vena akueus) menyalurkan cairan ke dalamsistem vena. Sejumlah kecil humor akueus keluar dari mata antara berkas otot siliarisdan lewat sela-sela sklera (aliran uveoskleral).
2
 
BAB IIGLAUKOMA2.1Definisi
Glaukoma merupakan kelompok penyakit yang biasanya memiliki satu gambaran berupa kerusakan nervus optikus yang bersifat progresif yang disebabkan karena peningkatan tekanan intraokular. Sebagai akibatnya akan terjadi gangguan lapang pandang dan kebutaan.Glaukoma biasanya menimbulkan gangguan pada lapang pandang perifer padatahap awal dan kemudian akan mengganggu penglihatan sentral. Glaukoma ini dapattidak bergejala karena kerusakan terjadi lambat dan tersamar. Glaukoma dapat diobati jika dapat terdeteksi secara dini.
2.2Epidemiologi
Di seluruh dunia, glaukoma dianggap sebagai penyebab kebutaan yang tinggi.Sekitar 2 % dari penduduk berusia lebih dari 40 tahun menderita glaukoma.Glaukoma juga didapatkan pada usia 20 tahun, meskipun jarang. Pria lebih banyak diserang daripada wanita.
2.3Etiologi
Glaukoma terjadi apabila terdapat ketidakseimbangan antara pembentukan dan pengaliran humor akueus. Pada sebagian besar kasus, tidak terdapat penyakit matalain (glaukoma primer). Sedangkan pada kasus lainnya, peningkatan tekananintraokular, terjadi sebagai manifestasi penyakit mata lain (glaukoma sekunder).
2.4Faktor Resiko
Beberapa faktor resiko yang dapat mengarah pada glaukoma adalah :1.Tekanan darah rendah atau tinggi2.Fenomena autoimun3.Degenerasi primer sel ganglion4.Usia di atas 45 tahun5.Keluarga mempunyai riwayat glaukoma
3

Activity (172)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Budigoal liked this
Dwiky Puspita liked this
Trilinda Ratu liked this
Annisa Nurdin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->