Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peradaban Lembah Sungai Nil

Peradaban Lembah Sungai Nil

Ratings: (0)|Views: 3,091 |Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Apr 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
Peradaban Lembah Sungai Nil
 Pokok-pokok materi yang Anda dapat pelajari dari bagian modul ini meliputi:1. Pengantar.2. Kehidupan masyarakat Mesir.3. Sistem kekuasaan raja-raja Mesir.4. Sistem kepercayaan bangsa Mesir.5. Peninggalan budaya Mesir.
1. Pengantar
Dalam melangsungkan dan mempertahankan hidupnya manusia tidak dapat melepaskan diri dari lingkunganalam tempat mereka menetap.Menurut Arnold Y. Toynbee, seorang sejarawan asal Inggris, lahirnya peradaban itu diuraikan dengan teori “challenge and respons”. Peradaban itu lahir sebagai respons (tanggapan) manusia yang dengan segenapdaya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukkan dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) gunamelestarikan kelangsungan hidupnya.Alam menawarkan sejumlah tantangan dan kemungkinan-kemungkinan. Ada alam yang tandus atau subur,di pegunungan atau pantai, daerah yang rawan gempa atau yang tanahnya stabil dan seterusnya.Jika tantangan alam itu berat maka manusiapun akan gigih dan berusaha keras dalam merespons alamtersebut dan sebaliknya. Contoh bangsa Jepang yang terkenal ulet, gigih dan bekerja keras karena alamnyayang cukup berat untuk ditaklukkan. Keadaan alam Jepang bergunung-gunung, sering terjadi gempa danlahan pertaniannya tidak terlalu luas.Salah satu faktor penting yang berhubungan dengan lahirnya peradaban manusia adalah sungai. Di Asia danAfrika lahirnya peradaban tertua umumnya terdapat di lembah-lembah sungai misalnya lembah sungai Nil diMesir. Banjir yang melanda lembah sungai membawa dua akibat yaitu penderitaan bagi umat manusiakarena dapat menenggelamkan rumah dan harta benda, di sisi lain banjir juga membawa hikmah. Apabila airsurut banjir tersebut akan meninggalkan lumpur yang membawa kesuburan. Masyarakat yang tinggal dilembah sungai berusaha menaklukkan tantangan alam tersebut menjadi berfaedah bagi kehidupannyasehingga lahirlah peradaban lembah sungai.
2. Kehidupan masyarakat Mesir
perhatikanlah gambar 3.1. di atas No. 1 adalah pusat peradaban lembah sungai Nil di Mesir. No. 2 adalahpusat peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris di Mesopotamia. No. 3 menunjukkan lokasi peradabanlembah sungai Indus di India, sedangkan No. 4 adalah pusat peradaban lembah sungai Huang Ho di Cina.Untuk memahami lebih jauh mengenai peradaban lembah sungai Nil, selanjutnya perhatikan gambar 3.2.Letak geografi Mesir kuno sama dengan Mesir modern sekarang yang di tengahnya dialiri sungai Nil.
 
Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitu mencapai 6400 kilometer. Sungai Nil bersumber dari mataair di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro di Afrika Timur. Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utarabermuara ke Laut Tengah. Ada empat negara yang dilewati sungai Nil yaitu Uganda, Sudan, Ethiopia danMesir.Setiap tahun sungai Nil selalu banjir. Luapan banjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai, sehinggamenjadi lembah yang subur selebar antara 15 sampai 50 kilometer. Di sekeliling lembah sungai adalahgurun. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi Laut Merah. Batas selatan terdapat gurun Nubia di Sudan,batas barat adalah gurun Libia. Kemudian batas utara Mesir adalah Laut Tengah.Mungkin Anda bertanya mengapa sungai Nil selalu mengalir sepanjang tahun? Menurut mitos, air sungaiyang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Niluntuk mencari jenazah puteranya yang gugurdalam pertempuran.Apakah betul demikian? Tentu tidak. Kalau begitu bagaimana penjelasan secara ilmiah?Sekalipun musim panas sungai Nil tetap mengalir. Air tersebut berasal dari gletsyeryang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil. Peranan sungai Nil begitu penting bagilahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Maka tepatlah jika Herodotus menyebutkan “Mesiradalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile).Lembah sungai Nil yang subur mendorong masyarakat untuk bertani. Air sungai Nildimanfaatkan untukirigasi dengan membangun saluran air, terusan-terusan dan waduk.Air sungai dialirkan ke ladang-ladangmilik penduduk dengan distribusi yang merata.Untuk keperluan irigasi dibuatlah organisasi pengairan yangbiasanya diketuai oleh paratuan tanah atau golongan feodal. Hasil pertanian Mesir adalah gandum, sekoiatau jamawut dan selai yaitu padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung.Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang serta untuk menjual hasil produksi rakyat Mesir, maka dijalinlahhubungan dagang dengan Funisia, Mesopotamia dan Yunani di kawasan Laut Tengah. Peranan sungai Niladalah sebagai sarana transportasi perdagangan. Banyak perahu-perahu dagang yang melintasi sungai Nil.Jika Anda cermati maka ada tiga peranan sungai Nil tersebut yaitu banjir oleh sungai Nil meninggalkanlumpur di kiri kanan sungai sehingga membentuk lembah yang subur. Peranan berikutnya adalah untukirigasi serta sarana lalu lintas pelayaran dan perdagangan.Setelah Anda memahami kehidupan masyarakat lembah sungai Nil tentu Anda juga ingin mengetahuibagaimana kekuasaan raja-raja Mesir. Keingintahuan Anda akan terjawab melalui uraian di bawah ini.
3. Sistem kekuasaan raja-raja Mesir
Sejarah politik di Mesir berawal dari terbentuknya komunitas-komunitas di desa-desa sebagai kerajaan-kerajaan kecil dengan pemerintahan desa. Desa itu disebut nomen. Dari desa-desa kecil berkembanglahmenjadi kota yang kemudian disatukan menjadi kerajaan Mesir Hilir dan Mesir Hulu. Proses tersebut berawaldari tahun 4000 SM namun pada tahun 3400 SM seorang penguasa bernama Menes mempersatukan keduakerajaan tersebut menjadi satu kerjaan Mesir yang besar.Mesir merupakan sebuah kerajaan yang diperintah oleh raja yang bergelar Firaun. Ia berkuasa secaramutlak. Kata Firaun berasal dari kata peru artinya rumah besar atau istana yang menjadi tempat tinggalraja. Firaun dianggap dewa dan dipercaya sebagai putera Dewa Osiris. Seluruh kekuasaan beradaditangannya baik sipil, militer maupun agama.Sebagai penguasa, Firaun mengklaim atas seluruh tanah kerajaan. Rakyat yang tinggal di wilayah kerajaanharus membayar pajak. Untuk keperluan tersebut Firaun memerintahkan untuk sensus penduduk, tanah danbinatang ternak. Ia membuat undang¬undang dan karena itu menguasai pengadilan. Sebagai penguasamiliter Firaun berperan sebagai panglima perang, sedangkan pada waktu damai ia memerintahkantentaranya untuk membangun kanal-kanal dan jalan raya. Ia juga pemimpin agama.Berdasarkan uraian di atas buatlah kesimpulanmu terhadap pernyataan pada tabel di bawah ini.
Tabel 3.2
Bentuk Pemerintahan Absolut 
No.PernyataanKesimpulan1.Ciri permerintahan absolutRaja memerintah sekehendak hatinya2.Lingkup kekuasaan raja yang absolutSeluruh kekuasaan ada ditangan raja baik sipil (ekonomi,pemerintahan dan hukum) militer maupun agama.
 
3.Kewajiban rakyatRakyat tunduk sepenuhnya terhadap perintah raja, salah satunyawajib membayar pajakUntuk menjalankan pemerintahannya Firaun mengangkat para pejabat yang pada umumnya berasal darigolongan bangsawan. Ada pejabat gubernur yang memerintah propinsi, panglima ketentaraan, hakim dipengadilan dan pendeta untuk melaksanakan upacara keagamaan. Salah satu jabatan penting adalah Waziratau Perdana Menteri yang umumnya dijabat oleh putra mahkota.Sejak tahun 3400 SM sejarah Mesir diperintah oleh 30 dinasti yang berbeda yang terdiri dari tiga jaman yaituKerjaan Mesir Tua yang berpusat di Memphis, Kerajaan Tengah di Awaris dan Mesir Baru di Thebe.Secara garis besar keadaan pemerintahan raja-raja Mesir adalah sebagai berikut.
A. Kerajaan Mesir Tua (3400 - 2160 SM)
Lahirnya kerajaan Mesir Tua setelah Menes berhasil mempersatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir. Sebagaipemersatu ia digelari Nesutbiti dan digambarkan memakai mahkota kembar. Kerajaan Mesir Tua disebut jaman piramida karena pada masa inilah dibangun piramida-piramida terkenal misalnya piramida Sakarahdari Firaun Joser.Piramida di Gizeh adalah makam Firaun Cheops, Chifren dan Menkawa. Apa sebab kerajaan Mesir Tuaruntuh? Runtuhnya Mesir Tua disebabkan karena sejak tahun 2500 SM pemerintahan mengalami kekacauan.Bangsa-bangsa dari luar misalnya dari Asia Kecil melancarkan serangan ke Mesir. Para bangsawan banyakyang melepaskan diri dan ingin berkuasa sendiri-sendiri. Akhirnya terjadilah perpecahan antara Mesir Hilirdan Mesir Hulu.Apakah Mesir dapat dipersatukan kembali? Hal ini akan dijelaskan pada uraian berikut ini.
B. Kerajaan Mesir Tengah (2100 - 1788 SM)
Kerajaan Mesir Tengah dikenal dengan tampilnya Sesotris III. Ia berhasil memulihkan persatuan danmembangun kembali Mesir. Tindakannya antara lain membuka tanah pertanian, membangun proyek irigasi,pembuatan waduk dan lain-lain. Ia meningkatkan perdagangan serta membuka hubungan dagang denganPalestina, Syria dan pulau Kreta. Sesotris III juga berhasil memperluas wilayah ke selatan sampai Nubia (kiniEthiopia). Sejak tahun 1800 SM kerajaan Mesir Tengah diserbu dan ditaklukkan oleh bangsa Hyksos.Bagaimanakah sejarah Mesir setelah ditaklukkan oleh bangsa Hyksos. Ikutilah uraian di bawah ini.
C. Kerajaan Mesir Baru (1500 - 1100 SM)
Sesudah diduduki bangsa Hyksos, Mesir memasuki jaman kerajaan baru atau jaman imperium. Disebut jaman imperium karena para Firaun Mesir berhasil merebut wilayah/daerah di Asia barat termasuk Palestina,Funisia dan Syria.Raja-raja yang memerintah jaman Mesir Baru antara lain:
1.
Ahmosis I
. Ia berhasil mengusir bangsa Hyksos dari Mesir sehingga berkuasalah dinasti ke 18, ke19 dan ke 20.
2.
Thutmosis I
. Pada masa pemerintahannya Mesir berhasil menguasai Mesopota¬mia yang subur.
3.
Thutmosis III
. Merupakan raja terbesar di Mesir. Ia memerintah bersama istrinya Hatshepsut yanggambarnya Anda dapat lihat di samping. Batas wilayah kekuasaannya di timur sampai Syria, diselatan sampai Nubia, di barat sampai Lybia dan di utara sampai pulau Kreta dan Sicilia. Karenatindakannya tersebut ia digelari “Napoleon dari Mesir”.Thutmosis III digelari sebagai Napoleon dari Mesir karena terdapat kesamaan yaitu kedua tokohtersebut banyak menaklukkan daerah sekitarnya.Melalui perang koalisi antara tahun 1799 - 1814 hampir seluruh Eropa jatuh ke tangan KaisarPerancis yaitu Napoleon Bonaparte. Thutmosis III juga dikenal karena memerintahkan pembangunanKuil Karnak dan Luxor.

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Alfatah Hidayat liked this
Fuady Anwar liked this
Rizki Rasmana liked this
Yolanda Sarii liked this
Ivan Albrado liked this
Andik Herlambang liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->