Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
75Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arsitektur Tradisional Batak Toba

Arsitektur Tradisional Batak Toba

Ratings: (0)|Views: 5,168 |Likes:
Published by herry potter
BUAT YANG PUNYA, SORI KARENA TULISANNYA SAYA PUBLISH TANPA IJIN.
BUAT YANG PUNYA, SORI KARENA TULISANNYA SAYA PUBLISH TANPA IJIN.

More info:

Published by: herry potter on Apr 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
 
Arsitektur Tradisional Batak Toba 
Arsitektur Tradisional Batak Toba
Gambar 1
Ruma tradisional Batak Toba
Sumber: http://www.hlc.unimelb.edu.au_dalli_Indonesian_stories
Suku bangsa Batakmendiami daerah datarantinggi Karo, Dairi, Toba,Humbang, Barus, Angkoladan Mandailing. Wilayah inidikenal dengan namaTapian Nauli (Tapanuli).Karena kondisi geografisdaerahnya yangbergunung-gunungmenyebabkan suku Batakterbagi atas 6 anak suku,yaitu Batak Karo, BatakSimalungun, Batak Pakpak, Batak Toba, Batak Angkola, dan Batak Mandailing. Setiapsuku memiliki seni arsitektur yang menarik.
A. Kajian Pertapakan
Suku Batak Toba bertempat tinggal di sekitar pulau Samosir dan pinggiran DanauToba dari Prapat sampai Balige. Di sebelah timur danau dibatasi perbukitan danguriung-gunung berdiam suku Batak Simalungun. Suku Batak Karo berada di ujung utaradanau dipisahkan deretan perbukitan. Di sebelab barat danau bermukim suku BatakPakpak. Suku Batak Mandailing menempati wilayah selatan berbatasan dengan propinsiSumatera Barat. Sedangkan suku Batak Angkola mendiami daerah Tapanuli Selatan,dekat perbatasan Riau.Setiap anak suku memiliki langgam seni bangunan (arsitektur) yang unik danindah. Sayangnya tidak banyak lagi yang tersisa dari bangunan tradisional di tanahTapanuli, terutama seni arsitektur dari Batak Pakpak dan Batak Angkola. Perwujudanarsitektur tradisional Batak Simalungun masih dapat disaksikan di desa Pematang Purba,yaitu bekas kerajaan Simalungun. Sedangkan wujud arsitektur Batak Mandailing tersisa didesa-desa Hutagodang, Penyabungan, Pakantan, dan Busortolang. Hutagodang danPakantan adalah kampung raja-raja Mandailing, di mana terdapat rumah pria, rumah
ARSITEKTUR NUSANTARA
1
 
 
Arsitektur Tradisional Batak Toba 
wanita dan lumbung. Langgam arsitekturnya bercirikan peralihan bentuk atap rumahBatak dan rumah Minangkabau, Dewasa ini yang masih banyak ditemui adalah wujudarsitektur tradisional dan Batak Toba dan Batak Karo.
Gambar 2
Sketsa desa adatLumban Nabolon Parbagasan
Sumber: Soeroto (2003: 102)
Gambar di samping menunjukkan polaperkampungan adat Batak Toba yangmenyerupai benteng dengan duagerbang
Perkampungan suku Batak Toba mengikuti pola berbanjar dua, yaitu suatu tataruang lingkungan dengan komunitas yang utuh dan mantap. Desanya disebut lumban/ huta yang dilengkapi 2 pintu gerbang (bahal) di sisi utara dan selatan huta. Sekelilingkampong dipagar batu setinggi 2.00 m, yang disebut parik. Di setiap sudut dibuat menarauntuk mengintai musuh. Menurut sejarahnya, antar sesama suku Batak sering sekaliberperang. Itu sebabnya bentuk kampungnya menyerupai benteng, Huta masih dapatdisaksikan di Kabupaten Tapanuli Utara di desa-desa Tomok, Ambarita, Silaen, danLumban Nabolon Parbagasan. Desa-desa tersebut merupakan daya tarik wisata budayayang banyak dikunjungi wisatawan.
Makna dan Simbolisme 
Pola penataan desa atau lumban/ huta terdiri dari beberapa ruma dan sopo.Perletakan ruma dan sopo tersebut saling berhadapan dan mengacu pada poros utaraselatan. Sopo merupakan lumbung, sebagi tempat penyimpanan makanan. Dalam hal ini,menunjukkan bahwa masyarakat Batak selalu menghargai kehidupan, karena padimerupakan sumber kehidupan bagi mereka.
Penafsiran 
Pola penataan lumban yang terlindungi dengan pagar yang kokoh, dengan duagerbang yang mengarah utara-selatan, menunjukkan bahwa masyarakat Batak, memilikipersaingan dalam kehidupan kesehariannya. Jika kita mengamati peta perkampungan
ARSITEKTUR NUSANTARA
2
 
 
Arsitektur Tradisional Batak Toba 
Batak, maka dapat kita ketahui terdapat beragam suku Batak, dengan lokasi yangberdekatan. Oleh karena iu, pola penataan lumban berbentuk lebih menyerupai sebuahbenteng dari pada sebuah desa.Pada penataan bangunan yang sangat menghargai keberadaan sopo, yaitu selaluberhadapan dengan ruma. Hal ini menunjukkan pola kehidupan masyarakat Batak Tobayang didominasi oleh bertani, dengan padi sebagai sumber kehidupan yang sangatdihargainya.Di dalam lumban, terdapat beberapa ruma dan sopo yang tertata secara linear.Beberapa ruma tersebut menunjukkan bahwa ikatan keluarga yang dikenal denganextended family dapat kita ketemukan dalam masyarakat Batak Toba.
B. Kajian Perangkaan
Ahli bangunan adat (arsitek tradisional) sukuBatak disebut pande. Seperti rumah tradisional lain,rumah adat Batak merupakan mikro kosmosperlambang makro kosmos yang terbagi alas 3bagian atau tritunggal banua, yakni banua tongga(bawah bumi) untuk kaki rumah, banua tonga (dunia)untuk badan rumah, banua ginjang (singa dilangit)untuk atap rumah.
Gambar 3
Rumah adat BatakToba
Sumber: http://artasia.www2.50megs.com
Arsitektur Batak Toba terdiri atas ruma dansopo (lumbung) yang saling berhadapan. Ruma dansopo dipisahkan oleh pelataran luas yang berfungsisebagai ruang bersama warga huta. Ada beberapasebutan untuk rumah Batak, sesuai dengan kondisirumahnya. Rumah adat dengan banyak hiasan(gorga), disebut Ruma Gorga Sarimunggu atau JabuBatara Guru. Sedangkan rumah adat yang tidak berukir, disebut Jabu Ereng atau JabuBatara Siang. Rumah berukuran besar, disebut Ruma Bolon. dan rumah yang berukurankecil, disebut Jabu Parbale-balean. Selain itu, terdapat Ruma Parsantian, yaitu rumahadat yang menjadi hak anak bungsu.
ARSITEKTUR NUSANTARA
3

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Randy Andrian liked this
Carlos Silalahi liked this
Annisa Firlani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->