Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
20310021-16102813-Laporan-Kacang-Hijau

20310021-16102813-Laporan-Kacang-Hijau

Ratings: (0)|Views: 556 |Likes:
Published by mamaztrian
gheh
gheh

More info:

Published by: mamaztrian on Apr 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2012

pdf

text

original

 
PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAUA. TujuanMengetahui pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijauB. Dasar Teori1. Etiolasi = Fenomena yang diperlihatkan tumbuhan yang tumbuh dalam gelap, bercirikan warna pucat, ruas panjang-panjang, dan daun kecil. (www.kamusilmiah.com)2. Sinar matahari memang berguna bagi fotosintesis pada tumbuhan, namun efek lain dari sinar matahari ini adalah menekan pertumbuhan sel tumbuhan. Hal ini menyebabkan tumbuhan yang diterpa cahaya matahari akan lebih pendek daripada tumbuhanyang tumbuh di tempat gelap. Peristiwa ini disebut dengan etiolasi, yaitu pertumbuhan sel tumbuhan yang sangat cepat di tempat gelap. (id.answers.yahoo.com) 3.Dampak tanaman akibat etiolasi adalah tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis. Padahal proses fotosintesis bertujuan untuk menghasilkan karbohidrat yang berperan penting dalam pembentukan klorofil. Karena karbohidrat tidak terbentuk, daun pun tanpa klorofil sehingga daun tidak berwarna hijau, melainkan kuning pucat. Kondisi gelap juga memacu produksi hormon auksin. Auksin adalah hormontumbuh yang banyak ditemukan di sel-sel meristem, seperti ujung akar dan ujung batang. Oleh karena itu tanaman akan lebih cepat tumbuh dan panen. Hasil penelitian F.W. Went, ahli fisiologi tumbuhan, pada tahun 1928 menunjukkan produksi auksin terhambat pada tanaman yang sering terkena sinar matahari. Selain itu, enzimriboflavin pada ujung batang menyerap sinar nila dari sinar matahari. Sinar nilaperusak enzim-enzim yang membantu pembentukkan asam indo asetat (salah satu jenis auksin). Itulah sebabnya, pertumbuhan tanaman etiolasi selalu lebih cepat, tapi batang tidak tegar karena mengandung banyak air. Akibat tidak ada sinar matahari maka organ perbanyakan pada tanaman lama-lama mengkerut lalu mati karena tidak mendapat sumber makanan. (www.trubus-online.co.id)C. Hipotesis1. Hipotesis nol : Cahaya matahari tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacanghijau. 2. Hipotesis alternatif : a. Tanaman etiolasi memiliki tinggi batang yang lebih tinggi daripada tanaman yang terkena sinar matahari.
 
b. Tanaman etiolasi memiliki tinggi batang yang lebih pendek daripada tanaman yang terkena sinar matahari. c. Tanaman etiolasi jauh lebih segar daripada tanamanyang terkena sinar matahari. d. Tanaman etiolasi nampak lebih layu daripada tanaman yang terkena sinar matahari. e. Jumlah daun pada tanaman yang terkena sinarmatahari lebih banyak daripada tanaman yang tidak terkena sinar matahari. f. Jumlah daun pada tanaman yang terkena sinar matahari lebih sedikit daripada tanaman yang tidak terkena sinar matahari. g. Tanaman etiolasi memiliki usia yang lebih panjang daripada tanaman yang tidak teretiolasi. h. Tanaman etiolasi memilikiusia yang lebih pendek daripada tanaman yang tidak teretiolasi.D. Variabel Penelitian1. Variabel kontrol, meliputi : media tumbuh, jenis bibit, jumlah air 2. Variabel bebas, meliputi : suhu udara, jumlah cahaya, kelembaban udara 3. Variabel terikat, meliputi : jumlah daun, tinggi batang, usia tanaman, kualitas tanamanE. Alat dan Bahan1. 2. 3. 4. 5. Tiga buah gelas aqua Kapas secukupnya Beberapa bibit tanaman kacang hijau Air secukupnya SpidolF. Cara Kerja1. Rendamlah beberapa bibit tanaman kacang hijau. Biarkanlah untuk beberapa saat. 2. Pilihlah bibit tanaman kacang hijau yang tenggelam untuk ditanam. 3. Siapkanlah 3 buah gelas aqua. 4. Letakkanlah beberapa kapas dengan ketebalan masing-masing 1 cm pada tiap gelas aqua. 5. Tanamlah pada tiap gelas aqua tadi dengan masing-masing empat bibit tanaman kacang hijau. 6. Tulislah pada gelas aqua yang pertama dengan tulisan “POT 1”, gelas aqua yang kedua dengan tulisan “POT 2”, dangelas aqua yang ketiga dengan tulisan “POT 3”. 7. Letakkanlah gelas aqua yang pertama pada tempat yang terkena cahaya matahari dan gelas aqua yang kedua di tempat yang redup (tidak terkena cahaya matahari secara langsung) dan gelas aqua yang ketiga di tempat yang gelap yang sama sekali tidak terkena cahaya matahari. 8.Siramilah ketiga gelas aqua tersebut dengan jumlah air yang sama banyak (secukupnya) secara rutin setiap pagi dan sore.
 
9. Setelah 7 hari percobaan, tukar dan letakkanlah gelas aqua yang pertama dan yang kedua di tempat yang sama sekali tidak terkena cahaya matahari, sedangkan gelas aqua yang ketiga diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari. 10. Amati pertumbuhan kedua tanaman kacang hijau tersebut dan masukkan data-data yang ada pada tabel yang sudah disediakan.G. Data Pengamatan1. Tabel pengamatan Tabel 1 (POT 1 diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari) Usia Jumlah Tinggi Keadaan/kualitas tanaman tanaman daun batang (Hari ke-…) (cm) 1 1 0,6 Tanaman segar, daun 2 1 0,9 berwarna hijau tua, batang 3 2 1,2 tanaman tumbuh ke atas, 4 2 1,7 hanya saja pertumbuhan 5 2 2,0 tanaman sangat terhambat, 6 2 2,4 tanaman juga agak layu 7 2 2,9 karena mendapatkan terlalu banyaksinar matahari. Tabel 2 (POT 2 diletakkan di tempat yang redup) Usia Jumlah Tinggi Keadaan/kualitas tanaman tanaman daun batang (Hari ke-…) (cm) 1 1 0,5 Tanamansegar, daun 2 2 1,3 berwarna hijau tua, batang 3 2 2,2 tanaman tumbuh ke atas,4 2 3,6 pertumbuhan tanaman 5 2 5,9 berjalan dengan normal. 6 2 7,1 7 2 9,5 Tabel 3 (POT 3 diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari) Usia JumlahTinggi Keadaan/kualitas tanaman tanaman daun batang (Hari ke-…) (cm) 1 2 0,7 Tanaman sedikit layu, daun 2 2 3,4 berwarna hijau muda dan 3 2 7,9 terlihat pucat,batang 4 2 10,4 tanaman tumbuh agak 5 2 14,7 melengkung, pertumbuhan 6 2 19,0 tanaman berjalan dengan 7 2 23,7 sangat cepat (melebihi normal).

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rio Ajha liked this
Shidiq Widiyanto liked this
Shidiq Widiyanto liked this
farindani liked this
Asep Wira liked this
Syahrul Sanu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->