Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Peta Analisa Wilayah Kabupaten Solok 2008

Laporan Peta Analisa Wilayah Kabupaten Solok 2008

Ratings: (0)|Views: 735|Likes:
Published by Aprizon

More info:

Published by: Aprizon on Apr 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
Laporan
Pembuatan Peta Pola keruanganKabupaten Solok
Peta Sistem Jaringan Jalan, Peta Sistem Jaringan Perpipaan PDAM, PetaSistem Jaringan Listrik, Peta Sebaran Pemukiman dan Peta kepadatanpenduduk 
OlehKelompok VIIIKabupaten Solok 
Aprizon Putra
(89059/2007)
Syafrizal
(64890/2005)
Ayong Fasiska
(73468/2006)
Nelly Hidayati
(73502/2006)
Huriyani Zurdi
(73470/2006)
Dosen
Dra.Hj.Kamila Latif, M.SAhyuni, ST, M.Si
JURUSAN GEOGRAFIFAKULTAS ILMU-ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2009
 
I. Pendahuluan
Kabupaten Solok adalah sebuahkabupatendi provinsiSumatera Barat,Indonesia Kabupaten ini memiliki luas wilayah 7.146 km² dan populasi 500.000 jiwa. Ibu kotanyaialahArosuka.Kabupaten Solok dibentuk berdasarkan UU No. 12 tahun 1956 tentangpembentukan daerah otonom dalam lingkungan propinsi Sumatera Tengah. Dalam UUini dinyatakan bahwa pusart pemerintahan kabupaten Solok berada di Solok, salah satunagari dalam kabupaten Solok. Tahun 1970, ibukota kabupaten Solok ini berubah statusmenjadi Kotamadya, sehingga pusat pemerintahan kabupaten Solok berada dalamwilayah pemerintahan Kotamadya Solok.Secara berangsur-angsur kemudian pusat pemerintahan kabupaten Solok "digeser"ke Koto Baru, Kecamatan Kubung. Namun seiring dengan perkembangan pemerintahankemudian, Kotobaru tidak memadai lagi untuk berfungsi sebagai pusat pemerintahankarena beberapa faktor, antara lain:
Lahan milik pemerintah yang tersedia sangat terbatas, sehingga tidak mungkinuntuk mengembangkan gedung / sarana perkantoran.
Lahan masyarakat disekitar Koto Baru adalah sawah yang subur yang didukungoleh irigasi yang baik dan produktivitasnya cukup tinggi, sehingga "sayang" kalaumesti dialih fungsikan untuk menjadi perkantoran pemerintah.
Letak Koto Baru tidak berada ditengah tengah wilayah administrasi pemerintahankabupaten sehingga cukup menyulitkan bagi masyarakat yang berjarak jauh.
Karena ketebatasan lahan di Koto Baru, sebagian bangunan perkantoranpemerintah kabupaten Solok masih terdapat dalam wilayah administrasi KotaSolok, sehingga mempersulit koordinasi/konsultasi antar Unit Kerja. Jugaterpisahnya perkantoran ini membuat prosedur pelayanan masyarakat menjaditidak efektif dan efisien.Tanggal 6 November 1997, diadakan diskusi persiapan pemindahan ibukotakabupaten antara jajaran eksekutif dan legislatif pemerintah kabupaten Solok dengantokoh tokoh masyarakat dan para perantau di Gedung Solok Nan Indah, Koto Baru. Dari
 
3 usulan calon ibukota, dalam diskusi ini kemudian disepakati untuk memilih lokasi diKayu Aro-Sukarami sebagai ibukota kabupaten Solok yang direncanakan. 2 calon yanglain adalah Sungai Nanam di kecamatan Lembah Gumanti dan Muaro Paneh dikecamatan Bukit Sundi.Lokasi yang dimaksud adalah lahan sekitar 500 Ha yang terletak diperbatasanantara Kayu Aro-Sukarami di pinggir jalan raya Solok-Padang yang merupakan salahsatu jalur Lintas Sumatera. Untuk ini kemudian dibuat pembahasan dan perencanaanmatang terhadap semua aspek yng menyangkut keberadaan ibukota baru tersebut, sepertiaspek sosial ekonomi, aspek geografi dan topografi serta dilengkapi dengan AMDAL(Analisis Mengenai Dampak Terhadap Lingkungan), dimana ditegaskan bahwapembangunan ibukota ini tidak akan melakukan perubahan ekstrim terhadap kondisilahan dan bentang alam, menjaga kawasan sekitar dari pengrusakan yang tidak perlu danmengalokasikan hanya sekitar 40 % dari luas lahan keseluruhan untuk sarana danprasarana pembangunan.
II. Tujuan
Dengan Membuat Peta Kabupaten Solok yang Mengkaji tentang Peta SistemJaringan (Jaringan Jalan, Jaringan Perpipaan PDAM, dan Jaringan Listrik), Peta SebaranPemukiman, dan Peta kepadatan penduduk secara Manual, bertujuan memberikanketerampilan kepada Kami, Mahasiswa Pendidikan Geografi untuk dapat membuat petaberdasarkan Pola ruang yang kami analisis dari Analisa pola Keruangan KabuapatenSolok.Tujuan pembuatan peta Pola Ruang dengan skala 1:100.000 dengan sistemmanual ini, selain memberikan keterampilan kepada kami Mahasiswa PendidikanGeografi. Juga bertujuan untuk memenuhi tugas Pada Mata kuliah Analisa wilayahdengan aspek-aspek Pola keruangan Di kabupaten Solok yang mengkaji tentang SistemJaringan (Jaringan Jalan, Jaringan Perpipaan PDAM, dan Jaringan Listrik), SebaranPemukiman, dan kepadatan penduduk, yang diberikan oleh Dosen Pada mata kuliahAnalisa Wilayah.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syamsul Geo liked this
greensangrilla liked this
Hamdanur Irfan liked this
rasthoen liked this
Asgar Makmur liked this
Asgar Makmur liked this
wirantohu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->