Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pondasi_batu_kali

pondasi_batu_kali

Ratings: (0)|Views: 2,293|Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Apr 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
ii
KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “Memasang Pondasi Batu Kali“ merupakan bahanajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat (siswa) SekolahMenengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian darikompetensi Melaksanakan Dasar-dasar Pekerjaan Konstruksi Bangunan.Modul ini mengetengahkan teori dan praktek cara pemasangan pondasibatu kali, agar supaya peserta diklat mempunyai pengetahuan dan keahlianpraktis tentang dasar-dasar pekerjaan konstruksi bangunan.Modul ini terkait dengan modul lain yang membahas Memasang IkatanBatu Bata, Memasang Papan Bangunan (Bouwplank), Membuat Macam-macamSambungan kayu, Membuat Macam-macam Sambungan Plat, MembuatMacam-macam Sambungan Pipa.Dengan modul ini peserta diklat dapat melaksanakan praktiK tanpa harusbanyak dibantu oleh instruktur.Tim Penyusun
 
iii
DESKRIPSI JUDUL
Pondasi dari suatu bangunan khususnya pada bangunan gedung adalahsuatu konstruksi dari bagian bawah bangunan yang berhubungan langsungdengan tanah atas bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanahberfungsi meneruskan beban atau gaya di atasnya dan termasuk berat pondasike tanah di bawahnya.Sehingga pondasi yang merupakan bagian dari konstruksi bangunan harusmemenuhi beberapa persyaratan, antara lain :
?
Cukup kuat untuk mencegah/menghindarkan timbulnya patah geser yangdisebabkan muatan tegak ke bawah.
?
Dapat menyesuaikan terhadap kemungkinan terjadinya gerakan-gerakantanah antara lain, tanah mengembang, tanah menyusut, tanah yang tidakstabil, kegiatan pertambangan dan gaya mendatar dari gempa bumi.
?
Menahan gangguan dari unsur-unsur kimiawi di dalam tanah baik organikmaupun anorganik.
?
Dapat menahan tekanan air yang mungkin terjadi.Suatu konstruksi pondasi yang tidak cukup kuat dan kurang memenuhipersyaratan tersebut diatas, dapat menimbulkan kerusakan pada bangunannya.Akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan ini, memerlukan perbaikan daribangunannya bahkan kemungkinan terjadi seluruh bangunan menjadi rusak danharus dibongkar.Tanah tempat konstruksi pondasi diletakkan harus cukup kuat. yang di dasarkanatas kekuatan tanah atau daya dukung tanah.Letak tanah kuat untuk konstruksi pondasi pada masing-masing tempat,tidak sama. Pada tanah yang baik dapat dipasang konstruksi pondasi dangkalkedalaman tanah yang kuat antara 70-100 cm dibawah permukaan tanah. Akantetapi pada tanah lunak harus dipasang konstruksi pondasi dalam, dengankedalaman 20 m atau lebih dari permukaan tanah keadaan ini tergantung pada jenis susunan tanah setempat.
 
iv
PETA KEDUDUKAN MODUL

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rafiq Abdul liked this
Basuki Rahardjo liked this
Khairul Ikhwan liked this
Bamba Bayu liked this
Fatah Illah liked this
Wilson Rafael liked this
Hartono Djaja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->