Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BIOLOGI(LIMBAH)

BIOLOGI(LIMBAH)

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 2,231|Likes:
Published by MediiaDyneAdhisty

More info:

Published by: MediiaDyneAdhisty on Apr 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

 
 
1
 
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
y
 
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
 
y
 
Menganalisis jenis ± jenis limbah dan daur ulang limbah.
 
y
 
Membuat produk daur ulang limbah.
 B. BATASAN MASALAH1.
 
Menjelaskan pengertian pencemaran.
 2.
 
Menyebutkan 2 macam bahan pencemar beserta contohnya.
 3.
 
Menyebutkan 4 macam pencemaran berdasarkan tempat terjadinya.
 4.
 
Menyebutkan 2 macam faktor yang menyebabkan terjadinya perubahanlingkungan beserta contohnya.
 5.
 
Membedakan bahan ± bahan pencemar yang mengkibatkan terjadinya pencemaran air, udara, tanah dan suara.
 6.
 
Menyebutka 3 macam masalah dalam mengatasi masalah lingkungan beserta penjelasannya.
 7.
 
Menyebutkan 2 macam limbah beserta contohnya.
 8.
 
Menjelaskan cara pemamfaatan limbah organik dan limbah anorganik baik melalui proses daur ulang maupun tanpa daur ulang.
 C. TUJUAN YANG INGIN DICAPAI
A.
 
Mampu mendeskripsikan criteria zat pencemar B.
 
Menjelaskan mekanisme pencemaran lingkunganC.
 
Menjelaskan peran manusia dalam pelestarian lingkunganD.
 
Memahami jenis - jenis limbah dan teknik daur ulangnyaE.
 
Menjelaskan teknik untuk menghasilkan suatu produk dalam proses daur ulanglimbah
BAB II
 
 
2
 
A. PENCEMARAN LINGKUNGAN
Lingkungan terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Jika komponen biotik  berada dalam komposisi yang proporsional antara tingkat trofik dengan komponenabiotik yang mendukung kehidupan komponen biotik, lingkungan tersebut berada dalamkeseimbangan atau stabil.Contoh lingkungan alami yang seimbang adalah hutan. Di hutan, tumbuhan sebagai produsen ada dalam jumlah yang mencukupi untuk perlindungan dan makanan bagikonsumen tingkat pertama, seperti burung pemakan tumbuhan, rusa dan monyet.Tumbuhan di hutan dapat berkembang dengan baik karena kondisi lingkungan abiotik yang sesuai. Hewan sebagai konsumen tingkat pertama berada dalam jumlah yangmencukupi untuk kehidupan konsumen tingkat kedua, misalnya harimau, musang, danular. Jumlah masingmasing komponen biotik tersebut tidak mendominasi satu denganyang lainnya sehingga terbentuk rantai makanan yang seimbang.Keseimbangan lingkungan tidak statis, artinya dapat terjadi penurunan ataukenaikan populasi tiap jenis tumbuhan dan hewan serta berbagai komponen biotik.Perubahan komponen biotik dan abiotik dalam batas-batas tertentu tidak mengganggukeseimbangan lingkungan. Sebagai contoh jumlah rusa yang berkurang karena diburumanusia tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pemangsanya, misalnyaharimau. Selama masih ada hewan lain di hutan, seperti kelinci, tikus, dan ayam hutanmaka harimau akan memangsa hewan-hewan tersebut. Jumlah rusa juga dapat berkembang kembali selama perburuan tidak dilakukan terusmenerus.Kemampuan hutan mendukung kelangsungan hidup harimau dengan adanyahewan mangsa adalah contoh daya dukung lingkungan. Daya dukung lingkungan adalahkemampuan lingkungan mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup di dalamnya.Bertambahnya kembali jumlah rusa setelah berkurangnya perburuan adalah contoh dayalenting lingkungan.
The image cannotbe displayed. Your computer may nothave enoughmemory toopen the image, or the image may have been corrupted.Restartyour computer, and then open the file again. If the red x stillappears, you may have todelete the image and then insertitagain.
 
 
3
 
Daya lenting lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk pulih kembali pada keadaan seimbang jika mengalami perubahan atau gangguan. Dengan demikian,lingkungan mampu menanggulangi perubahan-perubahan selama perubahan tersebutmasih dalam daya dukung dan daya lentingnya.Keseimbangan lingkungan dapat menjadi rusak, artinya lingkungan menjadi tidak seimbang jika terjadi perubahan yang melebihi daya dukung dan daya lentingnya.Perubahan lingkungan dapat terjadi karena alam maupun aktivitas manusia.Perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia dan berakibat pada alam,misalnya penebangan hutan. Penebangan hutan secara besar-besaran mengakibatkanfungsi hutan sebagai penahan air hujan akan berkurang.Hilangnya pohon-pohon dapat mengakibatkan tidak adanya perakaran yang dapatmenahan air hujan. Akibatnya hanya sedikit air yang terserap oleh tanah sehinggasebagian besar air akan mengalir sebagai air permukaan yang dapat mengakibatkan tanahlongsor dan banjir.Banjir lumpur panas Sidoarjo, Jawa Timur merupakan kasus menyemburnyalumpur panas yang diduga diakibatkan oleh aktivitas pengeboran untuk eksplorasi gas.Semburan lumpur tersebut menurut data dari pertama kali mencapai volume 5000 meter kubik perhari. Kemudian meningkat menjadi 40.000 meter kubik per hari, dan sekarangini mencapai 135.000 meter kubik per hari. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menangulangi luapan lumpur, diantaranya dengan membuat tanggul untuk membendungarea genangan lumpur. Namun tanggul akhirnya jebol. Menurut Menteri kelautan dan perikanan, kerugian oleh banjir lumpur panas tersebut mengakibatkan produksi tambak  pada lahan seluas 989 hektar di dua kecamatan dan 1600 hektar di pesisir Sidoarjomengalami kegagalan panen, sehingga kerugian diperkirakan mencapai 10.9 milyar per tahun.Kegiatan manusia mengubah lingkungan dilakukan karena adanya kebutuhan hidup.Kebutuhan ini akan menjadi semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Upaya pemenuhan kebutuhan menusia dipengaruhi oleh perkembangan budaya. Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai hasil perkembangan budaya digunakanuntuk mengembangkan berbagai industri yang dapat memenuhi kebutuhan manusia,antara lain sebagai berikut:1. Industri primer, mengupayakan kebutuhan dari alam secara langsung, seperti pertanian, pertambangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.2. Industri sekunder, mengolah hasil industri primer seperti industri makanan, industritekstil, industri kertas, industri pengolahan minyak bumi, dan industri logam.3. Industri tersier, menghasilkan jasa atau pelayanan seperti industri informasi dankomunikasi, transportasi, dan perdagangan. Perkembangan industri tidak hanyamengubah lingkungan tetapi juga menimbulkan pencemaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->