Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
18Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JaringanKomputer

JaringanKomputer

Ratings: (0)|Views: 1,465|Likes:
Published by dedipunya

More info:

Published by: dedipunya on Apr 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/08/2011

pdf

text

original

 
 JARINGAN KOMPUTER
1.Pendahuluan
Komunikasi awalnya bergantung pada transportasi: jalan antar kota, antar provinsi/negara bagian kemudianantar negara/benua. Kemudian komunikasi dapat terjadi jarak jauh melalui telegraf (1844), telepon (1867),gelombang radio elektromagnetik (1889), radio komersial(1906), televisi broadcast (1931), kemudian melaluitelevisi, dunia jadi lebih kecil karena orang dapatmengetahui dan mendapatkan informasi tentang yangterjadi di bagian lain dunia ini.Dalam telekomunikasi, informasi disampaikanmelalui sinyal. Sinyal ada dua macam:1.Digital: secara spesifik mengacu pada informasi yangdiwakili oleh dua keadaan 0 atau 1. Data digitaldikirimkan dengan diwakili dua kondisi saja yaitu 0 dan1.2.Analog:
 
sinyal yang terus menerus dengan variasikekuatan dan kualitas. Misalnya suara, cahaya dan suhuyang dapat berubah-ubah kekuatannya dan kualitasnya.Data analog dikirimkan dalam bentuk yangberkelanjutan, sinyal elektrik berkelanjutan dalambentuk gelombang Televisi, telepon dan radio adalahteknologi telekomunikasi yang menggunakan sinyalanalog, sedang komputer menggunakan sinyal digitaluntuk transfer informasi. Namun saat ini sinyal digital juga digunakan untuk suara, gambar dan gabungankeduanya.1
 
Di sisi lain, komputer yang awalnya dimanfaatkansebagai mesin penghitung dan pengolah data, digunakansebagai alat komunikasi sejak adanya jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan sejumlahperipheral yang terdiri dari beberapa komputer, printer,LAN card, dan peralatan lain yang saling terintegrasi satusama lain. Dengan demikian, kita dapat melakukanaktivitas seperti tukar menukar data atau informasidengan mudah dan dalam waktu singkat dan cepat.2.
Tujuan dan Manfaat
 Jaringan komputer menjadi penting bagi manusia danorganisasinya karena jaringan komputer mempunyaitujuan yang menguntungkan bagi mereka. Tujuan jaringankomputer adalah untuk:1.
resource sharing
/ berbagi sesumber: seluruh program,peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiaporang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasisesumber dan pemakai. Misalnya: Staff BIRO Akademikmengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaandalam bentuk print out dengan langsung mencetaknyadi printer perpustakaan dari komputer di BIROakademik. Atau sebaliknya staff perpustakaanmendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yangdisimpan di komputer staff BIRO akademik.2.
high reliability 
/kehandalan tinggi: tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan. Misalnya padaaplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesintidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karenamesin lain mempunyai sumber yang sama.2
 
3.menghemat uang: membangun jaringan dengankomputer-komputer kecil lebih murah dibandingkandengan menggunakan mainframe. Data disimpan disebuah komputer yang bertindak sebagai server dankomputer lain yang menggunakan data tersebutbertindak sebagai client. Bentuk ini disebut Client-server.4.
scalability 
/ skalabilitas: meningkatkan kinerja denganmenambahkan komputer server atau client denganmudah tanpa mengganggu kinerja komputer serveratau komputer client yang sudah ada lebih dulu.5.medium komunikasi: memungkinkan kerjasama antarorang-orang yang saling berjauhan melalui jaringankomputer baik untuk bertukar data maupunberkomunikasi.6.akses informasi luas: dapat mengakses danmendapatkan informasi dari jarak jauh7.komunikasi orang-ke-orang: digunakan untukberkomunikasi dari satu orang ke orang yang lain8.hiburan interaktiBanyak sekali manfaat yang dapat kita perolehapabila komputer kita terhubung dengan jaringan.Diantaranya adalah:
Dapat saling berbagi pemakaian
file
data (
sharingdata
) dengan komputer rekan.
 Tukar menukar data antar komputer dapat kitalakukan secara cepat.
Memungkinkan kita untuk memakai satu printer yangterhubung dengan jaringan secara bersama – samadalam area jaringan.3

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
dodosido liked this
diditnur liked this
Aldo Lengkong liked this
mtsvirgo2483 liked this
mtsvirgo2483 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->