Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
definisi ciri belajar

definisi ciri belajar

Ratings: (0)|Views: 2,909|Likes:
Published by dedepiss
definisi belajar, ciri belajar, belajar, education,
definisi belajar, ciri belajar, belajar, education,

More info:

Published by: dedepiss on Apr 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Proses pembelajaran merupakan tahapan-tahapan yang dilalui dalammengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik seseorang,dalam hal ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa atau pesertadidik. Salah satu peran yang dimiliki oleh seorang guru untuk melalui tahap-tahapini adalah sebagai fasilitator. Untuk menjadi fasilitator yang baik guru harus berupaya dengan optimal mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuaidengan karakteristik anak didik, demi mencapai tujuan pembelajaran.Sebagaimana yang diungkapkan oleh E. Mulyasa (2007), bahwa tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi harus menjadifasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar (
 facilitate of learning 
)kepada seluruh peserta didik. Untuk mampu melakukan proses pembelajaran inisi guru harus mampu menyiapkan proses pembelajarannya.Proses pembelajaran yang akan disiapkan oleh seorang guru hendaknyaterlebih dahulu harus memperhatikan teori-teori yang melandasinya, dan bagaimana implikasinya dalam proses pembelajaran. Makalah ini mencobamenguraikan mengenai definisi, teori, dan ciri khas dari proses belajar.
 
2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Definisi Proses Belajar
Proses belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. NanaSyaodih Sukmadinata (2005) menyebutkan bahwa sebagian besar  perkembangan individu berlangsung melalui proses belajar.Berikut beberapa definisi proses belajar menurut para ahli :1.
 
Moh. Surya (1997) : ³Proses belajar dapat diartikan sebagai suatu prosesyang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku barusecara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiridalam berinteraksi dengan lingkungannya´.2.
 
Witherington (1952) : ³proses belajar merupakan proses perubahan dalamkepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan´.3.
 
Crow & Crow dan (1958) : ³ proses belajar adalah diperolehnyakebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru´.4.
 
Hilgard (1962) : ³kegiatan proses belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya responsterhadap sesuatu situasi´.5.
 
Di Vesta dan Thompson (1970) : ³ belajar adalah perubahan perilakuyang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman´.
 
36.
 
Gage & Berliner : ³belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yangyang muncul karena pengalaman´.Dari beberapa pengertian belajar tersebut diatas, kata kunci dari proses belajar adalah perubahan perilaku.
B.
 
Teori-teori Belajar
a)
 
Teori Operant ConditioningTeori operant conditioning dimulai pada tahun 1930-an. BurhusFredik Skinner selama periode teori stimulus (S)- Respons ( R) untuk menyempurnakan teorinya Ivan Pavlo yang disebut ³ClassicalConditioning´. Skinner setuju dengan konsepnya John Watson bahwa psikologi akan diterima sebagai sain (science) bila studi tingkah laku(behavior) tersebut dapat diukur, seperti ilmu fisika, teknik, dansebagainya.Menurut Skinner , belajar adalah proses perubahan tingkah lakuyang harus dapat diukur. Bila pembelajar (peserta didik) berhasil belajar,maka respon bertambah, tetapi bila tidak belajar banyaknya respon berkurang, sehingga secara formal hasil belajar harus bisa diamati dandiukur.Hasil temuan Skinner terdapat tiga komponen dalam belajar yaitu :1.
 
Discriminative stimulus (SD),2.
 
Response3.
 
Reinforcement (penguatan)

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fidelbustami liked this
Roziq Syaifudin liked this
Wahyudi Arifin liked this
Januar Barkah liked this
Trio Fadli liked this
rawhin liked this
michael_nover liked this
Nyayu Hayuni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->