Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
120Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mukjizat Alquran

Mukjizat Alquran

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 20,459 |Likes:
Published by Achmad Hidayat
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (Q.S. 17: 88)
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (Q.S. 17: 88)

More info:

Published by: Achmad Hidayat on May 20, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

 
AL-QUR’AN SEBAGAI MUKJIZAT
Mukjizat artinya sesuatu yang luar biasa yang bertentangan dengan adat, atau keluar dari batas-batas faktor yang telah diketahui. Manusia tidak kuasa membuatnya karenahal ini adalah diluar kesanggupannya. Mukjizat diberikan kepada nabi-nabi untuk menguatkan kenabian dan kerasulannya dan meyakinkan bahwa agama yang dibawanya bukan dibuat sendiri, melainkan benar-benar dari Allah. Maksud bahwa Al-Qur’ansebagai mukjizat adalah menjelaskan bahwa Al-Qur’an adalah haq.Sifat kemukjizatan itu tidak bisa dibuktikan kecuali apabila tiga faktor telahdipenuhi, yaitu :
1.Adanya tantangan (ajakan bertanding atau berlomba)
Dalam sejarah, Al-qur’an telah menantang orang-orang Arab (khususnya) dansemua manusia umumnya, karena Al-qur’an yang besar ini dibawa oleh seorangnabi yang ummi, yang tidak bisa membaca dan menulis, tidak pernah belajar ataumendapat ilmu dari sekolah atau seorang ulama yang pandai dan menonjol dalam berbagai segi kebudayaan dan pengetahuan. Ia datang dengan membawa kitab yangagung dengan maksud menandingi kaum jahiliah pada waktu itu sekalipun merekaadalah pemimpin-pemimpin sastrawan, Nabi Muhammad mengajak mereka umtuk menandingi Al-Qur’an dengan susunan kalimat yang kuat dan gaya bahasa yangmempesona yang bisa menggetarkan semangat serta mendorong untuk ikut berlomba.Al-Qur’an mempersilahkan mereka untuk bertanding dengan membuat sepuluhsurat yang sama, kemudian dengan satu surat saja, namun mereka bungkam tidak  bisa bicara satu pun. Karena itu Al-Qur’an mencatat satu kemenangan denganmengalahkan mereka dan tetap tegaklah Al-qur’an sebagai mukjizat Muhammadyang diturunkan dari Allah.Macam-macam ajakan bertanding yang terdapat dalam Al-Qur’anul Karim adadua macam, yaitu :
a.Ajakan bertanding secara umum.
Ajakan ini disediakan untuk semua golongan seperti yang didengungkan ayatini :
 Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat  yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang  serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain".
(Q.S. 17: 88)1
 
b.Ajakan bertanding secara khusus.
Ajakan bertanding khusus ini ada dua macam :
Yang bersifat kully (keseluruhan)
, yaitu ajakan bertanding dengan seluruhAl-Qur’an mengenai hukum-hukumnya, keindahanya, balaghohnya dankejelasannya.
Yang bersifat juz’I (bagian)
, yaitu ajakan bertanding dengan semisal satusurat Al-Qur’an, walaupun dari surat yang pendek seperti surat Al-Kautsar.
2.Dorongan menangkis tantangan
Faktor kedua, yaitu adanya pendorong untuk bertanding di kalangan orang-orang Arab, karena Nabi saw, datang kepada mereka dengan membawa agama baruyang dapat menghancurkan agama mereka, menganggap bodoh pikirannya,menundukan tuhan dan patung-patungnya serta menjadikan mereka bahan tertawaandiantara manusia.Al-Qur’an mengajak mereka mengikutinya dan meyakini bahwa Muhammad adalahutusan Allah. Dalam Al-Qur’an mereka disuruh oleh Rasul untuk mendatangkan yangsemisal Al-Qur’an agar ketika melihat keindahan dan kerapiannya, serta ketegasandalam berbahasa, hal itu lebih berguna bagi mereka, daripada perang yang merekarasakan akibatnya, dan mereka alami pahit getirnya sehingga mereka menelan lebih baik memilih tusukan tombak dan lemparan panah daripada ikut perlombaan.Qadhi Al-Bakilani Rahimahullah berkata: “Bagaimana mungkin mereka bisamenandingi Al-Qur’an dengan mudah, padahal itu akan menghancurkan hujjah Al-Qur’an dan merusak dalillnya serta kedudukannya ? Mereka akan berpaling kepada hal-hal yang biasa mereka kerjakan yang tidak menambah perselisihan dan permusuhan ,serta meninggalkan urusan yang remeh. Ini adalah hal yang sulit terjadi dalam adat dantidak bisa disepakati oleh orang-orang berakal.
3.Hilangnya segala rintangan
Tidak adanya hal yang melarang mereka untuk menandingi Al-Qur’an, karenaAl-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yaitu bahasa mereka, lafazhnya darihuruf-huruf Arab, dan redaksinya memakai uslub orang Arab.Mereka adalah ahli bahasa dan berdialek dengan jelas, mereka adalah tokoh-tokohsastra, syair-syairnya telah menunjukan kehebatannya serta pidato-pidatonya dan kata-kata mutiaranya telah mengatakan kepandaian mereka dalam hal itu, disamping merekatelah melewati tingkatan keunggulan dalam bentuk bacaan tegas dan ucapan jelas.Dalam keadaan demikian itu Al-Qur’an menganjurkan mereka untuk meminta pertolongan kepada siapa yang mereka sukai, menyempurnakan kekurangan-kekurangannya kepada ahli-ahli agama, menampilkan beratus ahli sihir dan tukangtenung dan siapa saja yang bisa mereka andalkan dari manusia atau jin, tidak adahalangan bagi mereka sama sekali. Nabi sendiri tidak membatasi forum perdebatan.Masa untuk menentangnya tidak dibatasi, sampai diantara mereka ada yang berkata:2

Activity (120)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fadil liked this
Shida Mohamad liked this
Dita Maulita liked this
Nurul Izattie liked this
alvianitaf liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->