Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 41 Tahun 2009

UU 41 Tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 440 |Likes:
Published by Thelsasimta
PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN
PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN

More info:

Published by: Thelsasimta on Apr 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 41 TAHUN 2009 TENTANGPERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa lahan pertanian pangan merupakan bagian daribumi sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yangdikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyatsebagaimana diamanatkan dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b. bahwa Indonesia sebagai negara agraris perlumenjamin penyediaan lahan pertanian pangan secaraberkelanjutan sebagai sumber pekerjaan danpenghidupan yang layak bagi kemanusiaan denganmengedepankan prinsip kebersamaan, efisiensiberkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan,dan kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan,kemajuan, dan kesatuan ekonomi nasional;c. bahwa negara menjamin hak atas pangan sebagai hakasasi setiap warga negara sehingga negara berkewajibanmenjamin kemandirian, ketahanan, dan kedaulatanpangan;d. bahwa makin meningkatnya pertambahan pendudukserta perkembangan ekonomi dan industrimengakibatkan terjadinya degradasi, alih fungsi, danfragmentasi lahan pertanian pangan telah mengancamdaya dukung wilayah secara nasional dalam menjagakemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan;e. bahwa . . .
 
 
- 2 -e. bahwa sesuai dengan pembaruan agraria yangberkenaan dengan penataan kembali penguasaan,pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan sumber dayaagraria perlu perlindungan lahan pertanian pangansecara berkelanjutan;f. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, huruf d, danhuruf e perlu membentuk Undang-Undang tentangPerlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan;Mengingat : 1. Pasal 20, Pasal 21, Pasal 27 ayat (2), Pasal 28A, Pasal28C, dan Pasal 33 Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;
 
2. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentangPeraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 1960 Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor2043);3. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentangPenataan Ruang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 68, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4725);
 
Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PERLINDUNGAN LAHANPERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN.
 
BAB I . . .
 
 
- 3 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Lahan adalah bagian daratan dari permukaan bumisebagai suatu lingkungan fisik yang meliputi tanahbeserta segenap faktor yang mempengaruhipenggunaannya seperti iklim, relief, aspek geologi, danhidrologi yang terbentuk secara alami maupun akibatpengaruh manusia.2. Lahan Pertanian adalah bidang lahan yang digunakanuntuk usaha pertanian.3. Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan adalah bidanglahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dandikembangkan secara konsisten guna menghasilkanpangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dankedaulatan pangan nasional.4.
 
Lahan Cadangan Pertanian Pangan Berkelanjutanadalah lahan potensial yang dilindungi pemanfaatannyaagar kesesuaian dan ketersediaannya tetap terkendaliuntuk dimanfaatkan sebagai Lahan Pertanian PanganBerkelanjutan pada masa yang akan datang.5.
 
Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutanadalah sistem dan proses dalam merencanakan danmenetapkan, mengembangkan, memanfaatkan danmembina, mengendalikan, dan mengawasi lahanpertanian pangan dan kawasannya secaraberkelanjutan.6.
 
Kawasan Perdesaan adalah wilayah yang mempunyaikegiatan utama pertanian termasuk pengelolaan sumberdaya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagaitempat permukiman perdesaan, pelayanan jasapemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.7.
 
Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan adalahwilayah budi daya pertanian terutama pada wilayahperdesaan yang memiliki hamparan Lahan PertanianPangan Berkelanjutan dan/atau hamparan LahanCadangan Pertanian Pangan Berkelanjutan serta unsurpenunjangnya dengan fungsi utama untuk mendukungkemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangannasional.8. Pertanian . . .

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ichsan Mursali liked this
Amelia Zurriyati liked this
viki liked this
Adi Syaem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->