Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Daulah Bani Abbasiyah

Daulah Bani Abbasiyah

Ratings: (0)|Views: 36,897|Likes:
Berdirinya Dinasti Abasiyah ...Peranan Bani Abbasiyah dalam Kemajuan Pendidikan....
Berdirinya Dinasti Abasiyah ...Peranan Bani Abbasiyah dalam Kemajuan Pendidikan....

More info:

Published by: irvan haq dzul karoma on Apr 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
 Nama dinasti Abbasiyah diambil dari nama seorang dari paman Nabi SAWyang bernama al-Abbas ibn Abd al-Muthallib ibn Hasyim. Ia seorang pribadi yangtangguh dan memegang peranan penting dalam berdirinya Abbasiyah, sekaligusmenjadi kholifah pertama pada dinasti ini.Meskipun pada awal berdirinya dinasti ini tampak jelas adanya berbagai pembantaian yang mana guna memperkokoh dan menyetabilkan pemerintahan,masa-masa keemasan dalam bidang ilmu pengetahuan khususnya muncul berbagaialiran dan mazhab dan lain sebagainya juga mendominasi dalam masa daulah ini.Meskipun pada akkhirnya mengalami masa kehancuran juga seperti pada masa BaniUmayyah.Bani Abbasiyah berhasil memegang kekuasaankekhalifahanselama tigaabad, mengkonsolidasikan kembali kepemimpinan gayaIslamdan menyuburkanilmu pengetahuandan pengembangan budaya Timur Tengah. Tetapi pada tahun940  kekuatan kekhalifahan menyusut ketika orang-orang non-Arab, khususnya orangTurki(dan kemudian diikuti oleh orang Mamluk diMesir  pada pertengahanabad ke- 13), mulai mendapatkan pengaruh dan mulai memisahkan diri dari kekhalifahan.Meskipun begitu, kekhalifahan tetap bertahan sebagai simbol yangmenyatukanduniaIslam. Pada masa pemerintahannya, Bani Abbasiyah mengklaim bahwa dinasti mereka tak dapat disaingi. Namun kemudian,Said bin Husain, seorang muslimSyiahdari dinastiFatimiyyahyang mengaku bahwa anak   perempuannya adalah keturunanNabi Muhammad, mengklaim dirinya sebagaiKhalifah pada tahun909,sehingga timbul kekuasaan ganda di daerahAfrika Utara.  Pada awalnya ia hanya menguasaiMaroko,Aljazair, TunisiadanLibya.Namun kemudian, ia mulai memperluas daerah kekuasaannya sampai keMesir dan
1
 
Palestina, sebelum akhirnya Bani Abbasyiah berhasil merebut kembali daerah yangsebelumnya telah mereka kuasai, dan hanya menyisakan Mesir sebagai daerahkekuasaan Bani Fatimiyyah. Dinasti Fatimiyyah kemudian runtuh pada tahun1171. SedangkanBani Umayyahbisa bertahan dan terus memimpin komunitas Muslim diSpanyol, kemudian mereka mengklaim kembali gelar Khalifah pada tahun929,  sampai akhirnya dijatuhkan kembali pada tahun1031.
1.2Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka pemakalah dapat mengambil rumusanmasalah yang akan dibatasi dan dibahas menurut pembagian di bawah ini :1. Bagaimanakah proses munculnya Dinasti Abbasiyah?2. Apa sajakah peranan Bani Abbasiyah dalam Kemajuan Pendidikan?3. Bagaimanakah Sistem Pemerintahan, Politik dan Bentuk Negara Bani Abbasiyah?4. Peristiwa-peristiwa apa yang Terjadi pada Masa Dinasti Abbasiyah?5. Faktor apa yang menyebabkan hancurnya Dinasti Abbasiyah?
I.3 Tujuan
Sesuai dengan rumusan masalah di atas maka jelas dalam pembahasanmakalah ini akan mengupas isi tentang sejarah Bani Abbasiyah dan segala permasalahannya mulai dari penjelasan tentang munculnya Bani Abbasiyah, perananya bagi pendidikan, bentuk tata negara dan peristiwa-peristiwa yang nantinyaakan membawa Dinasti Abbasiyah ini menuju kehancuran, seperti halnya hukumalam, dimana ada pertemuan maka akan ada akhirnya, maka begitu juga denganDinasti Abbasiyah ini.
2
 
BAB IIPEMBAHASANII.1 Berdirinya Dinasti Abasiyah
Daulat Bani Abbasiyah Adalah sebuah negara yang melanjutkan kekuasaan bani Umayyah. Dinamakan daulat bani Abbasiah karena para pendidri dan penguasadinasti ini adalah keturunan Al-Abbas paman Nabi Muhammad SAW. Pendiridinasti ini adalah Abdullah Al-Safah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Al-Abbas. Dia dilahirkan di Humaimah pada tahun 104 H. Dia dilantik menjadiKhalifah pada tanggal 3 Rabiul awwal 132 H. Kekuasaan Dinasti Bani Abbasiyah berlangsung dari tahun 750-1258 M.
1
Sejarah peralihan kekuasaan dari Daulat Bani Umayyah kepada Daulat BaniAbbas bermula ketika Bani Hasyim menuntut kepemimpinan Islam berada di tanganmereka, karena, mereka adalah keluarga nabi yang terdekat. Tuntutan itu sebenarnyatelah ada ketika wafatnya Rosullalalh. Tetapi tuntutan itu baru mengkristal(mengeras) ketika Bani Umayyah naik tahta dengan mngalahkan Ali bin Abi Thalib.Bani Hasyim yang menuntut kepemimpinan Islam itu paling tidak dapat digolongkanmenjadi dua golongan besar.
 Pertama
golongan ‘Alawi, keturunan Ali bin abiThalib. Mereka ini dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu: pertama keturunan dariFatimah, dan yang kedua keturunan dariMuhammad bin Al-Hanafiyah. Dan yang
kedua
adalah golongan Abbasiyah (Bani Abbasiyah), keturunan Al-Abbas paman Nabi tersebut. Perbedaan dari kedua golongan tersebut, paling tidak golonganAbbasiyah lebih mementingkan kemampuan politik yang lebih besar daripadagolongan ‘Alawi.
1
 
A Syalabi,
Sejarah dan Kebudayaan Islam
, (Jakarta: P.T. Jayamurti 1997), hlm. 44.
3

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dinkas liked this
Lely MiidOrii liked this
Khairuman Mou liked this
Andrea Nie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->