Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makna dan Proses Go Public

Makna dan Proses Go Public

Ratings: (0)|Views: 4,959 |Likes:
Published by Aji Setyobudi

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Aji Setyobudi on May 21, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
Makna dan Proses Go Public
Makna Go Public
Menurut Drs. Peter Salim dalam “The Contemporary English-ndonesian Dictionary”edisi kedua 1986 halaman 1524 mendefinisikan istilah go-public sebagai berikut:
“Go-public adalah menawarkan saham atau obligasi untuk di jual kepada umum untuk pertama kalinya”.
Perusahaan yang sebelum menjual saham kepada masyarakat disebut perusahaantertutup (
 private Company 
) sedangkan perusahaan yang sudah menjual sahamnyake masyarakat disebut perusahaan terbuka atau perusahaan public (
 public listed company 
). Perusahaan public di Indonesia sejak tahun 1996, banyak yang mulaimengubah nama perusahaan dengan menambahkan kata Tbk di belakang namayang lama. Tbk berarti terbuka. Misalnya: “PT Buana Finance Indonesia” menjadi“PT Buana Finance Indonesia Tbk”. Perubahan nama perusahaan public denganmenambahkan kata “Tbk” di belakang nama yang lama adalah sesuai denganUndang-undang Persroan terbatas (UUPT) No.1/1995.Banyak perusahaan di Indonesia maupun di luar negeri, menjual obligasi kepadamasyarakat tetapi perusahaan tersebut tidak di sebut perusahaan public atau tidakdikatakan perusahaan tersebut go-public. Misalnya PT. PLN yang banyakmenerbitkan obligasi tidak disebut perusahaan public/terbuka. Dengan demikianistilah go-public hanya digunakan untuk penawaran umum saham tidak termasukobligasi. Jadi,uraian di atas, istilah go-public dapat di definisikan sebagai berikut:
“Go-public adalah kegiatan menawarkan saham perusahaan untuk di  jual kepada public untuk pertama kalinya.”
Proses Go-public
Keputusan untuk going-public atau tetap menjadi perusahaan privat merupakankeputusan yang harus dipikirkan masak-masak. Jika perusahaan memutuskan untukgoing-public dan melempar saham perdananya ke public (Initial Public Offering,IPO), isu utama yang muncul adalah tipe saham apa yang akan di lempar, berapaharga yang akan ditetapkan untuk selembar sahamnya dan kapan waktunya yangpaling tepat.
Tahapan Proses Go-public, dibagi menjadi 4 tahap, yaitu:
1.Tahap Persiapan.Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah semua kegiatan yang harus dilakukan sebelum mengajukan pendaftaran ke Bapepam:
Persetujuan pemegang saham melalui RUPS
WWW.KSPM-UNDIP.ORG
Page 1
 
Perubahan anggaran dasar perseroan agar sesuai dengan anggarandasar perusahaan public (Seperti: peningkatan modal dalamperseroan, penentuan nilai nominal saham)
Penunjukan penjamin pelaksana emisi (lead underwriter)
Penunjukan lembaga dan profesi pasar modal (seperti: akuntan public,konsultan hukum, Penilai, Biro administrasi efek, Notaris)
Mengadakan perjanjian pendahuluan dengan bursa efek untukmencatatkan saham perseroan guna diperdagangkan di pasarsekunder.
Perjanjian pendahuluan penjaminan emisi efek (preliminaryunderwriting agreement)2.Tahap Pemasaran.Sebelum suatu calon perusahaan public dapat memasarkan penawaranumum sahamnya (marketing), maka terlebih dahulu harus mengajukanpernyataan pendaftaran go-public kepada Bapepam. Perusahaan bisamelakukan langkah
 public expose
. Yang merupakan tindakan pemasarankepada masyarakat dengan mengadakan pertemuan untukmempresentasikan kinerja perusahaan, prospek usaha, resiko, dsb. Sehinggatimbul daya tarik pemodal untuk membeli saham yang di tawarkan.3.Tahap Penawaran Umum.
Menerbitkan prospectus ringkas di 2 media cetak yang berbahasaIndonesia
Penyebaran prospectus lengkap
Penyebaran FPPS ( Formulir Pemesanan Pembeli Saham)
Menerima pembayaran
Penyerahan surat kolektif saham4.Tahap Perdagangan di Pasar Sekunder. Tahap ini meliputi tahapan melakukan pendaftaran ke bursa efek untukmencatat sahamnya sesuai dengan perjanjian pendahuluan pencatatan yangtelah di setujui. Dengan tercapainya persetujuan pencatatan antara keduabelah pihak, maka pihak emiten dapat melakukan pembayaran biayapencatatan (listing fee)
Keuntungan Go-Public:
Kemudahan meningkatkan modal di masa mendatang
WWW.KSPM-UNDIP.ORG
Page 2

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hendra Wowo liked this
Boby Fajrianto liked this
erlanggaherp liked this
Kayla Shin Kayla liked this
Anggun Dwi Awps liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->