Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Musik Klasik

Sejarah Musik Klasik

Ratings: (0)|Views: 24,202|Likes:
Published by Iwan Sukma Nuricht

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Iwan Sukma Nuricht on Apr 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
Sejarah Musik Klasik sejak Musik Gregorian tahun 590
Musik Klasik dimulai dengan penemuan Notasi Gregorian tehun 590 oleh Paus AgungGregori, berupa balok not dengan 4 garis, namun notasi belum ada hitungannya. PausGregory semasa hidupnya telah mencatat lagu-lagu Gereja dengan Notasi Gregoriantersebut. sebelum tahun 590 musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulisyang dapat dibaca.
[sunting] Notasi Gregorian Tahun 590
 Notasi musik lahir pada tahun 590 yang disebut Notasi Gregorian, yang ditemukan olehPaus Agung Gregori, di mana sebelumnya musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulis. Pada masa hidupnya Paus Gregori telah menyalin ratusan lagu-laguGereja dalam Notasi Gregorian tersebut. Notasi ini memekai 4 garis sebagai balok not,tetapi belum ada notasi iramanya (hitungan berdasarkan perasaan penyanyi. Di sini sifatlagu masih sebagai lagu tunggal atau monofoni.
 
] Musik Organum 1150-1400
Pada awalnya orang menyanyi dengan nada yang sama, atau disebut dengan organum,nada atas dinyanyikan oleh wanita atau anak-anak, sedangkan nada rendah dinyanyikanoleh laki-laki. Di sini terjadi susunan lagu berjarak oktaf, suara tinggi (wanita/anak-anak)dan suara rendah (laki-laki).
 
] Musik Diafoni 1400-1600
Ternyata tidak semua dapat mengikuti suara tinggi atau suara rendah.Oleh sebab itudiputuskan untuk membuat suara yang kuart lebih rendah mengikuti melodi, kuart tinggimaunpun kuart rendah, dan musik yang demikian ini disebut musik diafoni (dia=dua,foni=suara).
 
] Basso Ostinato Tahun 1600
Orang-orang Italia pada tahun sekitar 1600 menemukan apa yang disebut Basso Ostinatoatau Bass yang bergerak gendeng atau gila, berupa rangkaian nada-nada yang bergerak selangkah demi selangkah ke bawah atau ke atas, kemudia diulang pada rangkaian nadalain.
 
] Musik Polifoni Era Barok 1600-1750
Ternyata suara yang mengikuti sama dengan melodi menjadi membosankan, makamulailah suara tidak bergerak secara sejajar, maka mulailah dengan arah yang berlawanan. Komponis Giovani Perluigi da Palestrina (1515-1594) adalah perintistentang hal ini, dan disusun teori mengenai musik melodi banyak (polifoni), sehinggasetiap nada atau titik (punctus=point) bergerak secara mandiri atau berlawanan (counter),di sinilah lahir teori kontrapun (counterpoint=kontrapunt).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->