Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
242Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUJUAN INSTRUKSIONAL

TUJUAN INSTRUKSIONAL

Ratings:

4.84

(37)
|Views: 20,297 |Likes:
Published by ur42nate

More info:

Published by: ur42nate on May 22, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
1
I. TUJUAN INSTRUKSIONAL1.1. HIRARKI TUJUAN INSTRUKSIONAL DALAM TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan instruksional merupakan “
deployment 
” atau penjabaran dari tujuanpendidikan. Dalam sistem pendidikan, secara nasional tujuan pendidikan tercantumdalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 yakni mencerdaskan kehidupanbangsa. Dari tujuan pendidikan nasional ini kemudian dijabarkan ke dalam tujuanpendidikan institusional, tujuan pendidikan kurikuler dan tujuan instruksional denganmemperhatikan aspek pengelolaan pendidikan (Organisasi makro, Organisasi meso, danOrganisasi mikro) dan taraf pengelolaan. Penjabaran ini dapat dilihat pada Gambar 1.
Hirarki Tujuan PendidikanTaraf OrganisasiTaraf Pengelolaan
Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan pendidikan Institusional
Tujuan Pendidikan Kurikuler
Tujuan Instruksional Umum
Tujuan Instruksional KhususMakroMesoMesoMikroMikroKeseluruhan usahapendidikan masyarakat dinegara IndonesiaJenjang pendidikan sekolahteetentu dan jenis pendidikantertentuKesatuan kurikulum tertentuyang mencakup sejumlahbidnag studiKesatuan Bidang Studitertentu yang mencakupsejumlah pokok bahasanSatuan pokok bahasan atautopik pelajaran tertentu.Gambar 1. Hirarki tujuan instruksional dalam tujuan pendidikan.
1.2. TUJUAN INSTRUKSIONAL DALAM MODEL PENGAJARAN.
Dalam pengelolaan dan pengembangan pengajaran diperlukan seuatu modelyang dipakai sebagai pegangan yang mencakup semua komponen pokok yang harusdipertimbangkan, dibuat, diatur dan dilaksanakan oleh pengajar.
1.2.1. Model
“Basic Teaching” 
 Basic Teaching Model
merupakan metode didaktik yang dikembangkan olehGasler. Model ini terdiri atas komponen Tujuan instruksional, kemampuan untuk mencapai tujuan instruksional, prosedur instrusional, assesment dan feedback.Keterkaitan model ini speeti yang terdapat dalam Gambar 2.
 
2
INSTRUCTIONALOBJECTIVE(1)ENTERINGBEHAVIOUR(2)INSTRUCTIONALPROCEDURES(3)PERFORMANCEASSESMENT(4)FEED BACK (5)
 Gambar 2.
“Basic Teaching Model”
menurut konsep Glaser
 
Penjelasan :1. Intructional objective adalah kemapuan yang harus dicapai siswa.2. Entering behaviour adalah kemampuan yang diperlukan untuk mencapai tujuaninstruksional (prasyarat)3. Instructional procedures adalah kegiatan mengajar yang memberikan strukturdan arah pada kegiatan belajar siswa.4. Performance Asessment adalah sampai berapa jauh tujuan tercapai, uyang dapatdilihat dari prestasi siswa5. Feedback adalah umpan balik dari komponen satu ke yang lain.
1.2.2. Model
“Didactische Analyse” 
 
Model
“Didactiche Analyse’
dikembangkan oleh van Gelder. Komponenkomponen yang terkait dalam model ini dapat dilihat pada Gambar 3.
TUJUANINSTRUKSIONAL(1)KEMAMPUAN SISWA PADAAWAL PELAJARAN(2)MATERI PELAJARAN(3)PROSEDURDIDAKTIS(4)KEGIATAN BELAJAR(5)PERALATAN MENGAJAR DAN PERALATAN BELAJAR(6)EVALUASI HASILBELAJAR(7)
 Gambar 3. Model “
 Didactische Analyse
” menurut Van GelderPenjelasan :1. Tujuan Instruksional adalah kemampuan yang harus diperoleh siswa2. Kemampuan siswa pada awal pelajaran adalah kemampuan yang diperlukanuntuk mencapai tujuan instruksional (prasyarat)3. Materi Pelajaran adalah bahan pelajaran4. Prosedur didaktis adalah metode didaktis yang digunakan oleh guru, misalnyaceramah, demostrasi dll.5. Kegiatan belajar adalah aktivitas belajar yang dijalankan oleh siswa sendiri,misalnya diskusi kelompok, membaca referensi.6. Peralatan mengajar dan belajar adalah berbagai media pengajaran dan alat-alatbantu untuk belajar.7. Evaluasi Belajar adalah peniliaian terhadap kemampuan siswa.
 
3
1.2.3. Model Kegiatan Didaktis
Model kegiatan didaktis dikembangkan oleh E. De. Corte yang merupakanpengembangan lebih anjut dari model Van Gelder. Keterkaitan komponen pada modelini seperti yang terdapat pada Gambar 4.
PROSESBELAJAR
   P   R  O  S   E   D   U   R   D   I   D  A   K   T   I  S  (    5   )
M   E   D  I   A  P   E   N   G   A  J   A  R   A  N   (   8   )  M   A  T   E   R   I   P   E   M   B  E   L  A  J   A  R   A  N   (   6    )  
   P   E   N  G   E   L  O   M   P  O   K  A   N   S   I  S   W  A  (    7   )
O
S    E    
      S
B   
E   
A
AR
M
E
N
  G
  A
   J
     A
      R
 -
TUJUANISTRUKSIONAL(1)EVALUASI:*) HASIL*) PROSES(3)KEADAAN AWAL(2)
        (        9        )
 Gambar 4. Model Kegiatan Didaktis menurut De CortePenjelasan:1. Tujuan Instruksional adalah apa yang menjadi tujuan belajar-mengajar2. Keadaan awal diarikan dengan dua cara :a. Dalam arti luas: keadaan siswa, guru, jaringan sosial di sekolah dan dikelas sebagai instutusi pendidijan, faktor-faktor situasional.b. Alam arti sempit : kemampuan yang diperlukan untuk mencapai tujuaninstruksional (prasyarat)3. Evaluasi diartikan dalam dua hal:a. Penilaian terhadap hasil belajar siswa yang telah dicapai sesuai dengantujuan istruksional (evaluasi produk), baik dalam aspek isi maupuj aspek  jenis perilaku.b. Penilaian terhadap proses belajar-mengajar yang mengacu pada tujuaninstruksional dan keadaan awal siswa (evaluasi proses04. Proses belajar adalah kegiatan mental yang dilakukan siswa menurut urutan fasetertentu dan sesuai dengan jalur belajar tertentu.5. Prosesdur didaktis adalah cara-cara mengatur kegiatan siswa.6. Materi Pelajaran adalah hal yang menyangkut aspekisi dan tujuan instruksionaldan pokok bahasan7. Pengelompokan siswa adalah tata cara mebentuk kelompok-kelompok siswa didalam kelas.8. Media pengakjaran adalah alat-alat bantu yang digunakan oleh guru sendiri atauditawarkan kepada siswa untuk digunakan.

Activity (242)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Descy Simbolon liked this
Eko Cungkrink liked this
Dea Alfian liked this
R-Vhina Puspita liked this
Tyl Murny liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->