Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika Birokrasi Dalam Administrasi Negara

Etika Birokrasi Dalam Administrasi Negara

Ratings: (0)|Views: 4,208 |Likes:
Published by tika kika

More info:

Published by: tika kika on Apr 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
Ayuning Mustika Ati0840 2241 036 | P. AdP Reguler 
ETIKA
 
BIROKRASI
 
DALAM
 
ADMINISTRASI
 
NEGARA
A.Pengertian EtikaEtika berasal dari bahasa Yunani:
ethos
, yang artinya kebiasaan atauwatak. Menurut Robert C. Solomon etika merujuk pada dua hal.
 Pertama
,etika berkenaan dengan disiplin ilmu yang mempelajari nilai-nilai yang dianutoleh manusia beserta pembenarannya dan dalam hal ini etika merupakan salahsatu cabang filsafat.
 Kedua
, etika merupakan pokok permasalahan di dalamdisiplin ilmu itu sendiri yaitu nilai-nilai hidup dan hukum yang mengatur tingkah laku manusia. Kemudian, menurut William K. Frankena etikamerupakan salah satu cabang filsafat yang mencakup filsafat moral atau pembenaran-pembenaran filosofis. Selanjutnya, De Vos secara eksplisitmengatakan bahwa etika adalah ilmu pengetahuan tentang kesusilaan ataumoral. Menurut Drs.Haryanto, MA., etika merupakan instrumen dalammasyarakat untuk menuntun tindakan (perilaku) agar mampu menjalankanfungsi dengan baik dan dapat lebih bermoral. Ini berarti etika merupakannorma dan aturan yang turut mengatur perilaku seseorang dalam bertindak danmemainkan perannya sesuai dengan aturan main yang ada dalam masyarakatagar dapat dikatakan tindakannya bermoral.Etika sebagai mempunyai beberapa landasan, antara lain keindahan, persamaan, kebaikan, keadilan, kebebasan, dan kebenaran. Apabila semualandasan ini sudah terlaksana maka etika akan mampu menjadi pedomanhidup bermasyarakat yang baik.B.Pengertian Birokrasi
 
Ayuning Mustika Ati0840 2241 036 | P. AdP Reguler Secara epistemologis istilah birokrasi berasal dari bahasa Yunani:
 Bureau
, yang artinya meja tulis atau tempat bekerjanya para pejabat. Berikut beberapa pengertian birokrasi menurut beberapa ahli.
1.
Michael G. Roskin, et al., menyebut pengertian birokrasi sebagai"setiap organisasi yang berskala besar yang terdiri atas para pejabat yangdiangkat, dimana fungsi utamanya adalah untuk melaksanakan (toimplement) kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh para pengambilkeputusan (decision makers).
2.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, mendefinisikan birokrasi sebagai :
a.
Sistem pemerintahan yangdijalankan oleh makan pegawai   pemerintahkarena telah berpegang pada hirarki dan jenjang jabatan.
b.
Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban,serta menurut tata aturan (adatdan sebagainya) yang banyak liku- likunya dan sebagainya.Definisi birokrasi ini kemudian mengalami revisi, dimana birokrasi selanjutnya didefinisikan sebagai
a.
Sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawaibayaranyang tidak dipilih olehrakyat.
b.
Cara pemerintahanyang sangat dikuasai oleh pegawai. 3.James D. Mooney, mendefinisikan organisasi sebagai bentu perserikatan manusia untuk pencapaian tujuan bersama (dalam Sutarto,1995 : 23). Dengan demikian birokrasi dapat dipandang sebagai bentuk  pengorganisasian kerjasama manusia secara efisien dengan sepenuhnyamenerapkan berbagai asas organisasi dalam rangka mencapai tujuan bersama secara efektif.
4.
Mouzelis (1974:4) mengemukakan birokrasi sebagai
"the existenceof a system of Control based on rational rules, rules with try to
 
Ayuning Mustika Ati0840 2241 036 | P. AdP Reguler 
regulated the whole organizational structure and process on the based of tedinical knowledge and the maximun efficiency".
Idealnya, birokrasi merupakan suatu sistem rasional atau struktur yangterorganisir yang dirancang sedemikian rupa guna memungkinkan adanya pelaksanaan kebijakan publik yang efektif dan efisien. Birokrasi jugadioperasikan oleh serangkaian aturan serta prosedur yang bersifat tetap.Terdapat rantai komando berupa hirarki kewenangan di mana tanggung jawabsetiap bagian-bagiannya 'mengalir' dari 'atas' ke 'bawah.'Selain itu, birokrasi juga disebut sebagai badan yangmenyelenggarakan Civil Service (pelayanan publik). Birokrasi terdiri dariorang-orang yang diangkat oleh eksekutif, dan posisi mereka ini 'datang dan pergi.' Artinya, mereka-mereka duduk di dalam birokrasi kadang dikeluarkanatau tetap dipertahankan berdasarkan prestasi kerja mereka.Michael G. Roskin, et al. menyebutkan bahwa sekurang-kurangnyaada 4 fungsi birokrasi di dalam suatu pemerintahan modern. Fungsi-fungsitersebut adalah:1.AdministrasiFungsi administrasi pemerintahan modern meliputi administrasi, pelayanan, pengaturan, perizinan, dan pengumpul informasi. Denganfungsi administrasi dimaksudkan bahwa fungsi sebuah birokrasi adalahmengimplementasikan undang-undang yang telah disusun oleh legislatif serta penafsiran atas UU tersebut oleh eksekutif. Dengan demikian,administrasi berarti pelaksanaan kebijaksanaan umum suatu negara, dimana kebijakan umum itu sendiri telah dirancang sedemikian rupa gunamencapai tujuan negara secara keseluruhan.2.PelayananBirokrasi sessungguhnya diarahkan untuk melayani masyarakat ataukelompok-kelompok khusus. Badan metereologi dan Geofisika (BMG)

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Richzal Apunk liked this
bernadethag liked this
NowraNduts liked this
'Reinard Assault liked this
Ahmad Makky liked this
Hendri Eror liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->