Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
78Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pedoman Teknis Fasilitas Dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan

Pedoman Teknis Fasilitas Dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 8,766|Likes:
Published by nuralam arifin

More info:

Published by: nuralam arifin on Apr 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUMNOMOR : 30/PRT/M/2006TENTANGPEDOMAN TEKNIS FASILITAS DAN AKSESIBILITASPADA BANGUNAN GEDUNG DAN LINGKUNGANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PEKERJAAN UMUM,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan 56 ayat (5), Pasal 58 ayat(5), Pasal 59 ayat (5), dan Pasal 60 ayat (4) Peraturan PemerintahNomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung perlumenetapkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang PedomanTeknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung danLingkungan;Mengingat : 1. Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang PeraturanPelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentangBangunan Gedung (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 83, Tambahan Lembaran Negara Nomor4532);2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2005tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, danTata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia;3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun2004 tentang Kabinet Indonesia Bersatu;4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 286/PRT/M/2005tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen PekerjaanUmum;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM TENTANG PEDOMANTEKNIS FASILITAS DAN AKSESIBILITAS PADA BANGUNAN GEDUNGDAN LINGKUNGAN.
 
 
BAB IKETENTUAN UMUM
 
Bagian Kesatu
PengertianPasal 1Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:1.
 
Bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatudengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau didalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukankegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaaan, kegiatanusaha, kegiatan sosial dan budaya, maupun kegiatan khusus.2.
 
Fasilitas adalah semua atau sebagian dari kelengkapan prasarana dan sarana padabangunan gedung dan lingkungannya agar dapat diakses dan dimanfaatkan olehsemua orang termasuk penyandang cacat dan lansia.3.
 
 Aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan bagi semua orang termasuk penyandang cacat dan lansia guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segalaaspek kehidupan dan penghidupan.4.
 
Lingkungan adalah area sekitar bangunan gedung atau kelompok bangunan gedungyang dapat diakses dan digunakan oleh semua orang termasuk penyandang cacatdan lansia.5.
 
Penyandang cacat adalah setiap orang yang mempunyai kelemahan/kekurangan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatanbaginya untuk melakukan kegiatan kehidupan dan penghidupan secara wajar.6.
 
Lanjut usia, selanjutnya disebut lansia adalah seseorang yang telah mencapai 60(enampuluh) tahun ke atas.7.
 
Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut sebagai Pemerintah, adalah perangkat NegaraKesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari Presiden beserta para menteri.8.
 
Pemerintah Daerah adalah kepala daerah kabupaten atau kota beserta perangkatdaerah otonom yang lain sebagai badan eksekutif daerah, kecuali untuk ProvinsiDaerah Khusus Ibukota Jakarta adalah Gubernur.
Bagian Kedua
Maksud, Tujuan dan LingkupPasal 2(1)
 
Pedoman Teknis ini dimaksudkan sebagai acuan dalam penyediaan fasilitas danaksesibilitas pada bangunan gedung dan lingkungan.
 
 
(2)
 
Pedoman Teknis ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan menciptakanlingkungan binaan yang ramah bagi semua orang, termasuk penyandang cacat danlansia.(3)
 
Lingkup Pedoman Teknis ini meliputi asas, penerapan persyaratan, dan persyaratanteknis fasilitas dan aksesibilitas bangunan gedung dan lingkungan.
BAB IIPERSYARATAN TEKNIS FASILITAS DAN AKSESIBILITASBagian Kesatu
 Penyediaan Fasilitas dan AksesibilitasPasal 3(1)
 
Dalam merencanakan, dan melaksanakan pembangunan bangunan gedung danlingkungan, harus dilengkapi dengan penyediaan fasilitas dan aksesibilitas.(2)
 
Setiap orang atau badan termasuk instansi pemerintah dalam penyelenggaraanpembangunan bangunan gedung dan lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat(1) wajib memenuhi persyaratan teknis fasilitas dan aksesibilitas yang diatur dalamPeraturan ini.
Bagian Kedua
 Persyaratan Teknis Fasilitas dan AksesibilitasPasal 4(1)
 
Persyaratan teknis fasilitas dan aksesibilitas pada bangunan gedung dan lingkunganmeliputi:a. Ukuran dasar ruang;b. Jalur pedestrian;c. Jalur pemandu;d. Area parkir;e. Pintu;f. Ram;g. Tangga;h. Lif;i. Lif tangga
(stairway lift); 
  j. Toilet;k. Pancuran;l. Wastafel;m. Telepon;n. Perlengkapan dan Peralatan Kontrol;o. Perabot;p. Rambu dan Marka.

Activity (78)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rifqiy Kiki liked this
Rifqiy Kiki liked this
Sinta Sirait liked this
Ahmad Sodikin liked this
Ary Rephz added this note
add
adhika_annissa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->