Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
89Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sanitasi

sanitasi

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 10,998|Likes:
Published by Ariyanto Limpo

More info:

Published by: Ariyanto Limpo on Apr 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluan
A.Latar belakangIndonesia merupakan negara dengan sistem sanitasi( pengelolaan air limbah domestic ) terburuk ketiga di AsiaTenggara setelah Laos dan Myanmar ( ANTARA News, 2006 ).Menurut data Status Lingkungan Hidup Indonesia tahun 2002,tidak kurang dari 400.000 m3 / hari limbah rumah tanggadibuang langsung ke sungai dan tanah, tanpa melaluipengolahan terlebih dahulu. 61,5 % dari jumlah tersebutterdapat di Pulau Jawa. Pembuangan akhir limbah tinjaumumnya dibuang menggunakan beberapa cara antara laindengan menggunakan septic tank, dibuang langsung ke sungaiatau danau, dibuang ke tanah , dan ada juga yang dibuang kekolam atau pantai.Di beberapa daerah pedesaan di Indonesia, masih banyakdijumpai masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinandengan sanitasi yang sangat minim. Masih sering dijumpaisebagian masyarakat yang membuang hajatnya di sungai karenatidak mempunyai saluran pembuangan khusus untuk pembuanganair limbah rumah tangga maupun air buangan dari kamarmandi. Bahkan terkadang masih dijumpai masyarakat yangmembuang hajatnya di pekarangan rumahnya masing-masing. Halini terjadi selain disebabkan karena factor ekonomi, faktorkebiasaan yang sulit dirubah dan kualitas pendidikan yangrelative rendah dari masyarakat pun memang sangatberpengaruh besar terhadap pola hidup masyarakat.
 
Beberapa alasan mengapa perlu menggunakan berbagai macamalternative teknologi, antara lain :1.Membantu mengenal sistem sanitasi yangsesuai.2.Memudahkan penentuan sistem sanitasi sesuaipilihan masyarakat.3.Alat yang tepat untuk perencanaan yangdimulai dari masyarakat.4.Sebagai informasi umum tentang pilihan-pilihan teknologi sanitasi.B.Tujuan
Sanitasi yang baik, termasuk pengetahuan tentangcara mencuci tangan yang baik dengan sabun, dapatmencegah penyebaran penyakit diare yang merupakanpenyebab kedua kematian balita di Indonesia.
Sanitasi yang baik ikut memperbaiki kesehatan,meningkatkan harga diri, mendorong pembangunansosial dan ekonomi, mencegah kerusakan lingkungandan membantu umat manusia untuk memotong sikluskemiskinan.
 
BAB IIPEMBAHASAN A. Sanitasi
1.Pengertian SanitasiPengertian sanitasi menurut beberapa ahli, yaitu :
Menurut Dr.Azrul Azwar, MPH, sanitasi adalah carapengawasan masyarakat yang menitikberatkan kepadapengawasan terhadap berbagai faktor lingkunganyang mungkin mempengaruhi derajat kesehatanmasyarakat.
Menurut Ehler & Steel, sanitation is theprevention od diseases by eliminating orcontrolling the environmental factor which fromlinks in the chain of tansmission.
Menurut Hopkins, sanitasi adalah cara pengawasanterhadap factor-faktor lingkungan yang mempunyaipengaruh terhadap lingkungan.Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaanhidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhanlangsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnyadengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkankesehatan manusia.

Activity (89)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ibrank liked this
Eksi Utari liked this
Mike 'skn' added this note|
its ok
adekonstantin liked this
Werlin Delia liked this
Chyka Maiten liked this
Rafika Anggraeni liked this
Mell Melyo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->