Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
37Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi efektif

Komunikasi efektif

Ratings: (0)|Views: 6,641|Likes:
Published by amel_10ckp

More info:

Published by: amel_10ckp on Apr 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Komunikasi interpersonal ( antarpribadi ) adalah komunikasi antara orang - orang secaratatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain, baik secaraverbal maupun non verbal.Komunikasi merupakan sarana untuk terjalinnya hubungan antara seseorang dengan oranglain. Dengan adanya komunikasi maka terjadilah hubungan sosial, hal ini disebabkan karenamanusia adalah makluk sosial, dimana antara yang satu dengan yang lain saling membutuhkan,sehingga terjadi interaksi yang timbal balik. Suatu contoh komunikasi yang dilakukan antaradokter dan pasien.Komunikasi interpersonal yang terjadi antara dokter dan pasien di rumah sakit sangat penting dilakukan untuk proses perawatan , pengobatan dan penyembuhan, Keterlibatan dokter selaku komunikator terhadap isi pesan, penyampaian pesan bagi komunikan ,yang disini adalah pasien sangat mendominasi dalam proses berkomunikasi.Proses komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien merupakan suatu hal yang unik karena dokter selaku komunikator harus berhadapan pada komunikan yaitu pasien yang secara psikis mengalami gangguan kesehatan. Tentunya dalam hal ini banyak sekali hanbatan-hambatanyang dirasakan dokter terhadap pasien,seperti hambatan psikologis karena adanya perbedaan perbedaan antara nilai ±nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim (dokter) dan penerima pesan ( pasien ).Dengan menggunakan jenis komunikasi ini dokter akan memiliki keuntungan dalammerawat, mengobati, dan tahap penyembuhan pasien antara lain :
 
1
.Terjadinya kontak pribadi ( personal contact )2.Ketika dokter menyampaikan pesan maka akan adanya umpan balik berlangsungseketika. ( immediate feedback )3. Bisa langsung mengetahui interpersonal umpan balik dari pasien, raut muka, dan perasannya, gayanya.4. Dokter tahu jika ia gagal menyampaikan pesan maka ia bisa mengubah gaya penyampaiannya.Dalam meneliti komunikasi interpersonal, antara dokter akan mengguanakan metodedeskriptif. Penelitian deskriptif memaparkan situasi atau peristiwa yang terjadi di rumahsakit tersebut.Hubungan antara dokter dan pasien tentu akan menarik apabila dijadikan obyek penelitian.Melalui komunikasi interpersonal ini akan menjadi acuan dalam meneliti perilaku, proses berkomunikasi antara dokter dan pasien, serta untuk mencari tahu sejauh mana pengaruh dokter dalam melakukan komunikasi dengan pasien.
 
B.
 
RUMUSAN MASALAH
a. Apakah arti komunikasi bagi dokter dan pasien ? b. Apakah tujuan dan unsur-unsur komunikasi ?c. Apakah fungsi komunikasi antara dokter dan pasien ?d. Bagaimanakah proses komunikasi dokter pasien yang efektif ?
C
.
 
TUJUAN PENULISAN MAKALAH
a. Untuk mengetahui arti komunikasi bagi dokter dan pasien b. Untuk mengetahui tujuan dan unsur-unsur komunikasic. Untuk mengetahui fungsi-fungsi komunikasi antara dokter dan pasiend. Untuk mengetahui efektivitas proses komunikasi dokter pasien

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Alvi Hunter liked this
Surya Dhinata liked this
Adistri Kim liked this
Aiiu Aviyanti liked this
Yan Ian added this note|
thank's
Ikaa Paramitha liked this
Tyar Lande liked this
Ayahe Azzam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->