Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
572Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Faktor Penyebab Kemiskinan

Faktor Penyebab Kemiskinan

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 62,707 |Likes:
Published by Theresia Sitanggang

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Theresia Sitanggang on Apr 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2014

pdf

text

original

 
1 |Kemiskinan 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Masalah kemiskinan memang telah lama ada sejak dahulu kala. Padamasa lalu umumnya masyarakat menjadi miskin bukan karena kurang pangan,tetapi miskin dalam bentuk minimnya kemudahan atau materi. Dari ukurankehidupan modern pada masa kini mereka tidak menikmati fasilitas pendidikan pelayanan kesehatan, dan kemudahan - kemudahan lainnya yang tersedia pada jaman modern.
Pemerintah Indonesia yang berorientasi mengembangkan Indonesiamenjadi negara maju dan mapan dari segi ekonomi tentu menganggap kemiskinanadalah masalah mutlak yang harus segera diselesaikan disamping masalah lain yaituketimpangan pendapatan, strukturisasi pemerintahan, inflasi, defisit anggaran dan lainlain.Sensus penduduk yang baru akan berlangsung di bulan Mei 2010 diduga akanmengalami peningkatan drastis. Diperkirakan jumlah penduduk Indonesia akanmencapai 231 juta jiwa atau naik 25 juta penduduk dibandingkan dengan sensus penduduk terakhir tahun 2000 yang mencatat adanya 206 juta penduduk Indonesia(BPS, 2000). Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia juga mengalami fluktuasidiantara tahun 1996-2009. Dari data pertumbuhan penduduk bisa didapatkan jumlah penduduk miskin baik di kota maupun di desa. Kemiskinan penduduk dapat dianalisismelalui tingkat angkatan kerja, tingkat penduduk yang bekerja dan tingkat penduduk yang menganggur.Masalah kemiskinan yang dihadapi di setiap negara akan selalu
dibarengi
 dengan masalah laju pertumbuhan penduduk yang kemudian menghasilkan pengangguran, ketimpangan dalam distribusi pendapatan nasional maupun pembangunan, dan pendidikan yang menjadi modal utama untuk dapat bersaing didunia kerja dewasa ini. Karena itu dalam makalah ini, penulis akan banyak membahas
 
2
|Kemiskinan 
ketiga masalah tersebut sebagai beberapa faktor ± faktor pemicu kemiskinan yangterjadi di Indonesia.
1.2
 
Rumusan Masalah
1.2.1. Apakah definisi dari kemiskinan?1.2.2. Apakah definisi kemiskinan menurut para ahli?1.2.3. Apa saja faktor ± faktor penyebab kemiskinan di Indonesia?1.2.4. Apakah dampak yang ditimbulkan dari kemiskinan?1.2.5. Bagaimana strategi pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah?
1.3 Tujuan penulisan
1.3.1. Untuk mengetahui lebih lanjut definisi dari kemiskinan.1.3.2. Untuk mengetahui definisi kemiskinan menurut para ahli.1.3.3. Untuk mengetahui faktor ± faktor penyebab kemiskinan.1.3.4. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kemiskinan.1.3.5. Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pengentasan kemiskinan.1.3.6.Untuk menambah pengetahuan penulis mengenai masalah ± masalh perekonomian di Indonesia khususnya maslah kemiskinan.1.3.7. Selain itu makalah ini digunkan sebagai salah satu syarat memperoleh nilai padamata kuliah Ekonomi Pembangunan.
 
3
|Kemiskinan 
BAB IIKAJIAN PUSTAKA2.1 Definisi dan Teori Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasauntuk dipunyai seperti makanan , pakaian , tempat berlindung dan air minum,hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup . Kemiskinan kadang juga berarti tidak adanya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan yang mampumengatasi masalah kemiskinan dan mendapatkan kehormatan yang layak sebagai warga negara. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orangmemahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnyamelihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminyadari sudut ilmiah yang telah mapan. Istilah "negara berkembang" biasanyadigunakan untuk merujuk kepada negara-negara yang "miskin".Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:
y
 
G
ambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan.Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang- barang dan pelayanan dasar.
y
 
G
ambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial,ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalammasyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilansosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakupmasalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidangekonomi.
y
 
G
ambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai.Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.
Kemiskinan dapat dibedakan menjadi tiga pengertian: kemiskinan relatif,kemiskinan kultural dan kemiskinan absolut. Seseorang yang tergolong miskin relatif sebenarnya telah hidup di atas garis kemiskinan namun masih berada di bawahkemampuan masyarakat sekitarnya. Sedang miskin kultural berkaitan erat dengan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->