Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
75Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pemeliharaan Kelapa Sawit

Pemeliharaan Kelapa Sawit

Ratings: (0)|Views: 24,676|Likes:
Published by Indah Retnowati
Laporan Mingguan Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor
Laporan Mingguan Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor

More info:

Published by: Indah Retnowati on Apr 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ILMU TANAMAN PERKEBUNAN
PEMELIHARAAN KELAPA SAWIT TM II :PENUNASAN DAN PENGENDALIAN GULMA
DISUSUN OLEH :KELOMPOK 2BUTAMY PRAWATI(A24070091)R. MUHAMMAD ZAENUDIN(A24070175)INDAH RETNOWATI(A24070179)RIZKIANA ANGGAYUHLIN(A24070180)
DEPARTEMEN AGRONOMI DAN HORTIKULTURAFAKULTAS PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2010
 
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kelapa sawit (
 Elais guineensis
Jacq.) merupakan penyumbang devisanegara yang cukup penting. Volume ekspor minyak kelapa sawit pada tahun 2007mengalami peningkatan, yaitu menjadi 5.701.300 ton dengan nilai ekspor sebesar US$ 1 062 215 (Direktorat Jendral Perkebunan, 2009). Tingginya peranan kelapasawit dalam perekonomian Indonesia telah mendorong pemerintah dan pihaswasta berlomba-lomba untuk berperan dalam pengembangan kelapa sawit. Halini ditunjukkan dengan perkembangan luas areal perkebunan kelapa sawitdiindonesia. Data Departemen Pertanian (2008) menunjukan terjadi peningkatanluas areal penanaman kelapa sawit selama 28 tahun, yaitu 290 000 ha pada tahun1980 menjadi 6 611 000 ha pada tahun 2008. Menurut Setyamididjaja (2006)kelapa sawit merupakan komoditas perdagangan yang sangat menjanjikan karena beberapa tahun yang akan datang, selain digunakan untuk minyak goreng,mentega, sabun dan kosmetika minyak sawit juga dapat dijadikan sebgai subtitusi bahan bakar minyak.Faktor yang menjadi perhatian khusus dalam pengelolaan kebun kelapasawit adalah faktor transportasi. Pahan (2008) menjelaskan bahwa keterlambatan pengangkutan TBS (Tandan Buah Segar) ke TPH (Temoat Pengumpulan Hasil)akan menyebabkan terjadinya restan dan mempengaruhi proses pengolahan,kapasitas olah, dan mutu produk akhir. Faktor transportasi meliputi jara pengangkutan TBS ke TPH, kondisi jalan, kondis topografi lahan, serta jumlahdan kondisi alat angkut.Menurut Pahan (2008) kehadiran gulma di perkebunan kelapa sawit dapatmenurunkan produksi akibat bersaing dalam pengambilan air, hara, sinar matahari, dan ruang hidup. Keberadaan gulma pada aeral piringan dapatmenurunkan mutu produksi akibat terkontaminasi oleh bagian gulma,mengganggu pertumbuhan tanaman, menjadi inang bagi hama, mengganggu tataguna air, dan meningkatkan biaya pemeliharaan. Pada areal pasar pikul kehadirangulma dapat mengganggu kelancaran transportasi TBS ke TPH dan upaya pemeliharaan lainnya. Banyaknya gangguan yang dapat ditimbulkan gulma
 
menjadikan pengendalian gulma sebagai tindakan yang sangat penting dilakukan pada perkebunan kelapa sawit.Penunasan (
 pruning 
) merupakan kegiatan pemeliharaan yang bertujuanuntuk membuang atau memotong pelepah atau bagian tanaman kelapa sawit yangsudah tidak produktif lagi atau juga dapat mrugikan tanaman. Kgiatan ini pntingdilakukan karena penunasan memiliki banyak manfaat, antara lain sanitasitanaman, memudahkan panen, menghindari tersangkutnya brondolan di pelepah,memperlancar penyerbukan alami, memudahkan pengamatan buah, dan efisiensidistribusi fotosintat untuk pembungaan dan pembuahan.Pada praktikum ini dilakukan kegiatan pemeliharaan kelapa sawit.Kegiatan yang dilakukan adalah penunasan dan pengendalian gulma.Pengendalian gulma dilakukan pada areal pasar pikul, gawangan, dan areal sekitar  piringan.
Tujuan
Praktikum ini bertujuan melatih ketrampilan mahasiswa dalammelakukan pemeliharaan tanaman kelapa sawit yang meliputi pengendalian gulmasecara manual dan penunasan. Praktikum ini juga bertujuan untuk memahami pentingnya kegiatan penunasan dengan norma yang tepat.

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rida Ratri liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Nasidah Awx Ah liked this
Nad Zar added this note
setiap 5 tahun sekali apakah ada biaya pengeluaran untuk perawatan pohon kelapa sawit? thanks saiful
Irma Ceztrik liked this
Irvan Anggriawan liked this
Supri Artur liked this
Wiewin Nurmala S liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->