Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
67Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pengawasan Administrasi Negara

Makalah Pengawasan Administrasi Negara

Ratings: (0)|Views: 5,587 |Likes:
Published by cikalbadudu

More info:

Published by: cikalbadudu on Apr 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
PENGAWASAN ADMINISTRATIVE DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH 1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Setelah tumbanngnya rezim Orde Baru Indonesia menapaki REFORMASI di segala bidang,guna mewujudkan pemrintahan yang demokratis,guna memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat,goodgoovernance,Melalui UU No. 22 Tahun 1999 tentangPemerintahan Daerah dan UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusatdan Daerah, Pemerintah dan DPR telah jelas menunjukkan political will untuk melaksanakan otonomi daerah dandesentralisasi pada tahun anggaran2001. Dalam konteks otonomi daerah, desentralisasi dimaksudkan agar daerah lebih mampumengembangkan inisiatif dan kreativitas daerah dan sumberdayanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Penyelenggaraan otonomi daerah dilaksanakan denganmemberikan kewenangan yang luas, nyata dan bertanggungjawab kepada daerah secara proporsional yang diwujudkan dengan pengaturan, pembagian dan pemanfaatan sumberdayanasional yang berkeadilan serta perimbangan keuangan antara pemerintah pusatdan daerah.2 Namun kesemuanya itu perlu diimbangi dengan pengawasan yang memadaiagar tidak menimbulkan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) baru atau memindahkanKKN dari tingkat Pusat ke Daerah, antara lain dengan adanya amanat dalam Ketetapan MPR  Nomor XI/MPR/1998 tentang Penyelenggara Negara yang bersih dan bebas KKN, yang telahditindaklanjuti dengan UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersihdan Bebas dari KKN, serta terbitnya UU No. 20 Tahun 2002 Tentang Komisi PemberantasanTindak Pidana Korupsi. Disamping itu, saat ini juga telah terbit UU di bidang Keuangan Negara, yang meliputi UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 1 Tahun2004 tentang Perbendaharaan Negara, serta sebentar lagi akan terbit UU Pemeriksaan atasTanggungjawab dan Pengelolaan Keuangan Negara dalam rangka menegakkan 3 pilar utamagood governance, yaitu akuntabilitas, transparansi danapartisipasi masyarakat luas, yang telahmenjadi komitmen pemerintah sejak dimulainya
era
reformasi hingga saat ini.
 
PENGAWASAN ADMINISTRATIVE DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH 2
1.2. Rumusan Masalah
Setelah 10 (sepuluh) tahun perjalanannya remormasi, kita perlu meninjau ulangapakah pengawasan,termasuk alat-alat penting pengawasannya, telah dapat berjalan secaramemadai dalam mengawalkeberhasilanpelaksanaan otonomi daerah dandesentralisasi, supayalebih mampu
mengembangkan inisiatif dan kreativitas
daerah
dan
sumberdayanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat danmeningkatkan pemberdayaan masyarakat, yang bebas dari KKN ? Sehubungan dengan haltimbul pertanyaan sejauh mana agenda reformasi itu terimplentasi.kerena pada kenyataannyasmpai saat ini lembaga-lembaga pengawas administrasi/keuangan kurang maksimaladanya,hal ini di tenggarai dengan adanya para birokrat di daerah yang tersandung kasuskorupsi.hal ini menandakan bahwa pelimpahan KKN dari PUSAT pd DAERAH.hal ini yang perlu kita cermati bersama,bahwa setiap kebijakan public perlu adanya pengawasan dari berbagai pihak untuk mengawal kebijakan tersebut pada tujuan yang telah di rencanakansecera efektif dan efisien serta bersifat rasionalitas.
1.3.TUJUAN
Tujuan PENGAWASAN ADMINISTRASI :Untuk mencapai tingkatan kinerja yangtelah di rencanakan.menjamin susunana administrasi yang baik dalam operasi unit-unit pemerintahan daerahbaik secara internal maupun eksternal untuk memperolah perpaduanyang maksimum dalam pengelolaan pembangunan daerhdan pusat dalm rangka memberikan pelayanan serta membrikan perlindungan pulik dari penyalahgunaan wewenang para penguasa.
 
PENGAWASAN ADMINISTRATIVE DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH 3
BAB IIPEMBAHASAN
2.1.Devinisi Pengawasan Administratif 
y
 
Pengawasan
atas penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah, gubernur dan bupati/walikota adalah proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa berjalan sesuai rencana dan aturanyang berlaku.
Pengawasan
ini dilakukan oleh aparat pengawas intern pemerintahsesuai bidang kewenangannya masing-masing (pp no.79/ 2005)
y
 
Pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penetausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawabankeuangan daerah (pp no.58/2005)
y
 
Pengawasan
administrasi umum pemerintahan, dilakukan terhadap kebijakandaerah, kelembagaan, pegawai daerah, keuangan daerah dan barang daerah.
y
 
Pengawasan
urusan pemerintahan, dilakukan terhadap urusan wajib, urusan pilihan,dana dekonsentrasi, tugas pembantuan, kebijakan pinjaman dan hibah luar negeri.Pada prinsipnya pengawasan administrasif adalah,untuk memetuhi pereturan berdasarkanmekanisme kerja untuk mencapai tujuan sebuah organisasi yang telah di tentukan.
2.2.Faktor Penyebab Penyimpangan dalam Administratif(korupsi)
Faktor terjadinya korupsi yang sangat mendasar di daerah adalah
factor politik dan
 
kekuasaan
,(legaslatif maupun ekskutif)yang menyalahgunakan kekuasaan dan kewenanganyang di miliknya untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun golangan,dengan modusyang berbagai ragam;Mulai perjalanan dinas yang fiktif,penggelembungan dana APBD.yangmengatasnamakan rakyat,demi mencai keuntungan pribadi maupun kelompoknya.
Factor ekonomi.
Factor ini tidak terlalu mendasar jika di bandingkan dengan factor 
 
 politik dan kekuasaan.Alasanyapun konvensional ,artinya tidak seimbangnya penghasilan dengankebutuha hidup yang harus di penuhi

Activity (67)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Akil Ladzinrank liked this
Julianto Panga liked this
Hani Usemahu liked this
Irma Betty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->