Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pemeliharaan Kelapa TM

Pemeliharaan Kelapa TM

Ratings: (0)|Views: 860 |Likes:
Published by Indah Retnowati
Laporan Mingguan juga..
Laporan Mingguan juga..

More info:

Published by: Indah Retnowati on Apr 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ILMU TANAMAN PERKEBUNAN (AGH341)
PEMELIHARAAN TANAMAN KELAPA MENGHASILAKN:PENGENDALIAN GULMA
DISUSUN OLEH :KELOMPOK 2BUTAMY PRAWATI(A24070091)R. MUHAMMAD ZAENUDIN(A24070175)INDAH RETNOWATI(A24070179)RIZKIANA ANGGAYUHLIN(A24070180)
DEPARTEMEN AGRONOMI DAN HORTIKULTURAFAKULTAS PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2010
 
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kelapa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan dan perekonomian di Indonesia. Dapat dikatakan peranan sosialnya menempati urutankedua setelah padi. Luas areal pertanaman kelapa tahun 1882 ± 2 921 621 hadengan perincian 57 401 ha diusahakan oleh swasta, 17 610 ha oleh perusahaannegara dan 2 846 610 oleh petani. Pada tahun 1983 luas areal tanaman kelapatercatat seluas 3 013 513 ha yang terdiri dari 29,4 % Tanaman BelumMenghasilkan (TBM), 63,8% Tanaman Mengahasilkan (TM) dan 6,8% TanamanTua/rusak (TT)Sub sektor perkebunan merupakan salah satu usaha dari sektor pertanianyang banyak menghasilkan devisa. Dalam upaya meningkatkan produksi tanaman banyak dijumpai masalah yang menetukan keberhasilan tanaman tersebut tumbuhdengan baik. Salah satu masalah yang penting adalah gulma. Kehadiran gulma diantaratanaman budidaya sangat tidak diharapkan, karena gulma menyaingitanaman utama dalam penyerapan unsur hara, cahaya, air, dan ruang tumbuhsehingga dapat menurunkan produktivitas.Pertumbuhan gulma yang cepat dapat menghambat pertumbuhan danmeracuni tanaman pokok akibat senyawa racun (zat alelopati) yangdikeluarkannya. Oleh karena itu untuk mendaptkan hasil yang tinggi dalam usahatanaman perkebunan khususnya kelapa, gulma harus dikendalikan.Untuk meningkatkan produksi baik dalam rangka mencukupi kebuthannasional dan untuk ekspor perlu dilakukan rehabilitasi termasuk peremajaan dan perluasan areal. Tanaman kelapa sangat sensitif terhadap persaingan dengangulma terutama umur 3-4 tahun. Pertumbuhan gulma di sekitar tanaman kelapamempunyai beberapa pengaruh yang merugikan seperti gulma dapat menekan pertumbuhan tanaman kelapa karena gulma menjadi pesaing bagi tanaman dalam penyerapan unsur hara, air, cahaya, dan ruang tumbuh, menjadi inang bagi hamadan penyakit yang dapat menyerang tanaman kelapa dan gulma dapatmenghasilkan zat yang bersifat racun terhadap tanaman (Setyamidjadja,1985).
 
Tujuan
Kegiatan praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat melakukan pemeliharaan tanaman meliputi sanitasi tanaman dan pengendalian gulma bokoran. Selain itu untuk menentukan kebutuhan tenaga kerja dan waktu untuk  pemeliharaan kelapa.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
gautami_putri liked this
Tesar Mahyaranda liked this
Dezi Kurniawan added this note
hi
Mond' Dan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->