Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Ratings: (0)|Views: 5,292|Likes:
Published by Black-Heart
By Black Heart
By Black Heart

More info:

Published by: Black-Heart on Apr 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
BAB I
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
A.
 
Pendahuluan
 Deskripsi Singkat 
Istilah Sistem Informasi Manajemen/SIM telah banyak didefinisikan oleh para ahli manajemen dan komputer dengan cara pandang yang berbeda-beda.Istilah tersebut telah dikenal sejak tahun 1960-an. Konsep Sistem InformasiManajemen saat itu berkembang seiring perkembangan fokus penggunaanteknologi komputer.
 Relevansi 
Pembahasan pada bab ini sangat penting untuk dipahami mengingat sifat bahasannya yang mendasar dan konseptual. Bahasan tentang Sistem, Informasi,dan Manajemen dimaksudkan agar mahasiswa mampu memahami secara baik istilah SIM sehingga dapat memberikan kesadaran bahwa penerapan SIM untuk tujuan utama menghasilkan informasi dalam mendukung pengambilan keputusanmanajemen.
 Kompetensi Dasar 
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Sistem Informasi Manajemen.
B.
 
Penyajian1.
 
Definisi Sistem Informasi Manajemen
Istilah Sistem Infomasi Manajemen sebenarya terdiri atas tiga kata kunci,yaitu sistem, informasi, dan manajemen. Sebagaimana telah disinggung di atas,cara yang lebih baik untuk memberikan definisi Sistem Infomasi Manajemenadalah dimulai dengan memahami istilah sistem, informasi, dan manajemen.Seanjutnya, berdasarkan pemahaman yang diperoleh dapat digunakan untuk memberikan definisi tentang Sistem Infomasi Manajemen, yaitu menggabungkanketiga kata kunci tersebut.
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
 
2
1.1 Definisi Sistem
Sebagaimana istilah Sistem Informasi Manajemen/SIM, sistem juga telahdidefinisikan oleh para ahli dalam berbagai cara yang berbeda. Perbedaan tersebutterjadi karena perbedaan cara pandang dan lingkup sistem yang ditinjau.Secara umum, sistem dapat didefinisikan sebagai sekumpulan hal ataukegiatan atau elemen atau subsistem yang saling bekerja sama atau yangdihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan.Model umum suatu sistem adalah terdiri atas masukan (input), pengolah(process), dan keluaran (output), sebagaimana ditunjukkan oleh Gambar 1.1.Gambar 1.1 Model umum suatu sistemSuatu sistem mempunyai karakteristik sebagai berikut (Sutanta,2003):
 
Mempunyai komponen (
components
)Komponen sistem adalah segala sesuatu yang menjadi bagian penyusunsistem. Komponen sistem disebut sebagai subsistem, dapat berupa bendanyata ataupun abstrak, misalnya orang, benda, hal atau kejadian yang terlibatdi dalam sistem.
 
Mempunyai batas (
boundary
)Batas sistem diperlukan untuk membedakan satu sistem dengan sistem yanglain. Tanpa adanya batas sistem, maka sangat sulit untuk menjelaskan suatusistem. Batas sistem akan memberikan batasan scope tinjauan terhadap sistem.
 
Mempunyai lingkungan (
environments
)Lingkungan sistem adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem.Lingkungan sistem dapat menguntungkan ataupun merugikan. Umumnya,lingkungan yang menguntungkan akan selalu dipertahankan untuk menjagakeberlangsungan sistem. Sedangkan lingkungan sistem yang merugikan akandiupayakan agar mempunyai pengaruh seminimal mungkin, bahkan jikamungkin ditiadakan.
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
 
3
 
Mempunyai penghubung/antar muka (
interface
) antar komponenPenghubung/antarmuka merupakan komponen sistem, yaitu segala sesuatuyang bertugas menjembatani hubungan antar komponen dalam sistem.Dalam dunia komputer, penghubung/antarmuka dapat berupa berbagai macamtampilan dialog layar monitor yang memungkinkan seseorang dapat denganmudah mengoperasikan sistem aplikasi komputer yang digunakannya.
 
Mempunyai masukan (
input 
)Masukan merupakan komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang perludimasukkan ke dalam sistem sebagai bahan yang akan diolah lebih lanjutuntuk menghasilkan keluaran yang berguna. Dalam Sistem InformasiManajemen, masukan disebut sebagai data.
 
Mempunyai pengolahan (
 processing 
)Pengolah merupakan komponen sistem yang mempunyai peran utamamengolah masukan agar menghasilkan keluaran yang berguna bagi para pemakainya. Dalam Sistem Informasi Manajemen, pengolahan adalah berupa program aplikasi komputer yang dikembangkan untuk keperluan khusus.Program aplikasi tersebut mampu menerima masukan, mengolah masukan,dan menampilkan hasil olahan sesuai dengan kebutuhan para pemakai.
 
Mempunyai keluaran (
output 
)Keluaran merupakan komponen sistem yang berupa berbagai macam bentuk keluaran yang dihasilkan oleh komponen pengolahan. Dalam SistemInformasi Manajemen, keluaran adalah informasi yang dihasilkan oleh program aplikasi yang akan digunakan oleh para pemakai sebagai bahan pengambilan keputusan.
 
Mempunyai sasaran (
objectives
) dan tujuan (
 goal 
)Setiap komponen dalam sistem perlu dijaga agar saling bekerja sama denganharapan agar mampu mencapai sasaran dan tujuan sistem. Sasaran berbedadengan tujuan. Sasaran sistem adalah apa yang ingin dicapai oleh sistem untuk  jangka waktu yang relatif pendek. Sedangkan tujuan merupakan kondisi/hasilakhir yang ingin dicapai oleh sistem untuk jangka waktu yang panjang. Dalamhal ini, sasaran merupakan hasil pada setiap tahapan tertentu yang mendukungupaya pencapaian tujuan.
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Putu Budi liked this
Nur Lela liked this
Tiffany Sasmita liked this
Sri Wahyuni liked this
si_miaomiao liked this
Rahmadi Angkasa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->