Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB IsdVI GEOMETRI II

BAB IsdVI GEOMETRI II

Ratings: (0)|Views: 1,803 |Likes:
Published by DWI ANDRI YATMO

More info:

Published by: DWI ANDRI YATMO on Apr 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2013

pdf

text

original

 
Geometri 2 _______________________________________________________________________________________________ 
BAB IPENDAHULUAN
Disekitar kita banyak dijumpai benda (bentuk)ruang. Kita hidup di dalam alam dimensitiga, karena itu perlu dipelajari benda-benda ruang tadi.
KUBUS
1.
Mengamati kubus
H GE FD C A BGambar 1.1Kibus disamping ini disebut kubusABCD.EFGH. atau
 ABCD EFGH 
. Jika kitaamati, maka tampak bahwa kubus adalahsuatu benda yang dibatasi oleh enam buah bujur sangkar yang kongruen
a. Sisi Kubus
Daerah daerah bujur sangkar pada kubus disebut bidang batas, atau bidang sisi, atausisi kubus. Sisi-sisi pada kubus sepasang sepasang disebut berhadapan , Salah satusisi disebut bidang alas, atau alas atau dasar yaitu sisi ABCD. Sisi yang berhadapandengan sisi dasar disebut bidang atas , atau sisi atas , atau tutup, yaitu sisi EFGH. sisilainnya disebut sisi tegak atau dinding.
b. Rusuk 
Pertemuan dua sisi berupa ruas garis yang disebut rusuk, missal pertemuan sis ABFEdan sisi EFGH adalah rusuk EF. Kubus memiliki 12 rusuk yang sepasang sepasang berhadapan , missal rusuk BF dan rusuk DH. Sisi-sisi bidang alas disebut rusuk alas,sisi-sisi bidang atas disebut rusuk atas dan yang lain disebut rusuk tegak.
c. Titik Sudut Kubus.
Pertemuan tiga rusuk disebut titik sudut atau pojok kubus. Ada 8 titik sudut yangsepasang sepasang berhadapan missal sudut A berhadapan dengan sudut G dalamkubus. Ternyata titik sudut juga merupakan perpotongan tiga bidang sisi.
d. Diagonal Sisi.
- 1 -
 
Geometri 2 _______________________________________________________________________________________________ 
Diagonal suatu sisi kubus disebut diagonal sisi. Missal AC dan BD adalah diagonalsisi ABCD. Kubus memiliki 12 diagonal sisi.
e. Diagonal Ruang
Ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan disebut diagonalruang, missal diagonal AG. Kubus memiliki empat diagonal ruang.
f. Bidang Diagonal.
H GE FD C A BGambar 1.2Bidang yang terbentuk oleh dua rusuk yang berhadapan disebut Bidang diagonal.Kubus memiliki enam bidang diagonal.Misal pada kubus ABCD.EFGH, Bidangyang terbentuk oleh rusuk AC dan EHadalah bidang diagonal BCHE.
g. Rumus Euler
Dalam bangun ruang , jika S menyatakan banyaknya sisi, T menyatakan banyaknyatitik sudut, dan R menyatakan banyakna rusuk , maka berlaku : S + T = R + 2.
2.Hubungan antar garis-garis dan Bidang-bidang pada permukaan kubus.
Amatilah kubus ABCD.EFGH pada gambar 1.1, maka terdapat hubungan :
a.Garis dan Bidang
1). Garis AB dan AC terletak pada bidang ABCD2). Garis AE memotong atau menembus bidang ABCD3). Garis EF sejajar bidang ABCD
b.Bidang dan Bidang.
1). Sisi ABCD dan Sisi BCGF adalah dua sisi yang berpotongan, BC adalahgaris potongnya. Dapat juga dikatakan bahwa sisi ABCD dan didi9 BCGF bertemu pada BC.2). Sisi ABCD dan sisi EFGH adalah dua sisi yang sejajar. Ternyata dua sisiyang berhadapan pada kubus juga sejajar. Dua bidang dikatakan sejajar jikamereka tidak bersekutu pada satu titik pun , meskipun bidang itu diperluas.
c.Garis dan Garis.
- 2 -
 
Geometri 2 _______________________________________________________________________________________________ 
Jika dua garis itu sebudang , maka kedua garis itu berpotongan atau sejajar,missal : rusuk EF dan FG adalah dua garis yang berpotongan, seangkan rusuk AE dan BF adalah dua rusuk yang sejajar.Kalau kita perhatikan rusuk AB dan DH maka kedua garis itu tidak  berpotongan dan juga tidak sejajar. Kedua garis demikian disebut bersilangan.Relasi demikian tidak terdapat pada dua garis yang sebidang.3.
Gambar Ruanga.Gambar Perspektif dan gambar Ruang.
Jika kita menggambar sebuah benda, maka sebenarnya yang kita gambar adalah proyeksiatau bayangan benda itu.Dari arah sinar yang mengenai benda tersebut, kita mengenal cara menggambar benda,a.l.
1). Cara Perspektif.
Patokan cara ini adalah : garis horizon atau cakrawala dan titik lenyap atau titik mata.Paada gambar perspektif, garis-garis yang sebenarnya sejajar (kecuali yang sejajar dengan horizon) tidak sejajar lagi, melainkan ke suatu arah ialah titik mata. Dengandemikian ruas garis yang sebenarnya sama panjang pada gambar tidak akan sama panjanglagi (lihat gamabr 1.3.)T
1
horizon T
2
HE GFDT
1
dan T
2
titik mataA CBGambar 1.3.
2). Gambar Stereometris
Jika Titik mata dan garis horizon di jauh tak terhingga, maka cara perspektif menjadi carastereometris. Pada cara stereometris, sinar-sinar yang mengenai benda kita anggap sejajar dan arahnya miring. Karena itu cara ini disebut juga proyeksi parallel miring, dan gambar 
- 3 -

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Febby Faugustin liked this
Rasmik Jambi liked this
Lesus Magetan liked this
Sri Mulyani liked this
georuangdrendang liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->