Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STRUKTUR PERMUKAAN BUMI

STRUKTUR PERMUKAAN BUMI

Ratings: (0)|Views: 1,254 |Likes:
Published by Islamuddin Syam

More info:

Published by: Islamuddin Syam on Apr 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

 
1
Struktur permukaan bumi
1111111111111
STRUKTUR PERMUKAAN BUMI
A.
HUBUNGAN PROSES PADA LAPISAN LITOSFER DENGAN KESEHATAN DAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN
Litsfer yang artinya lapisan batuan merupakan lapisan kerak bumiyang paling luar. Pada benda-benda yang berada pada kulit bumi banyak mengandung unsure-unsur seperti zat asam, silisium, aluminium dan logam besi yang sebagian besar terdiri dari batu-batuan yang dapat mengalami proses pelapukan.
a.Pelapukan di lapisan Bumi
Proses pelapukan di lapisan bumiyaitu proses rusak atau hancurnya batu-batuandi kulit bumi. Pelapukan dibagi menjadi tigamacam yaitu :1.Pelapukan fisis atau pelapukanmekanik Penyebab timbulmya pelapukan fisis adalah adanya perubahan suhu yang terjadi sangat cepat. Pelapukanfisis yang lain terjadi karena air mengalir misalnya saat terjadi banjir, batu- batuan besar di sungai berbenturan satu dengan yang lain maka batuan akan pecah dan berubah menjadi kecil-kecil. Pelapukan fisis dapat pula terjadikarena proses pembekuan air yang terjadi secara tiba-tiba. Contoh pelapukan fisis terlihat pada gambar 11.Pelapukan kimiawiPelapukan kimiawi adalah pelapukan atau penghancuran batu-batuanoleh pengaruh zat-zat kimia. Misalnya peristiwa batuan yang banyaditumbuhi lumut kerak atau lumut hijau yang lama kelamaan dapatmembuat batu-batuan hancur.Gambar 1
 
2
Struktur permukaan bumi
11112222222112.Pelapukan organisPelapukan organis adalah pelapukan yang trjadi karena kegiatan yangdilakukan makhluk hidup, misalnya tumbuhan yang mempunyai akar menembus batuan dapat merusak batuan tersebut, binatang-binatangkecil ada kalanya membuat sarang pada sela-sela batuan sehinggamerusak batuan dan manusia dengan meggunakan alat-alat moderenseperti sekarang ini dapat dengan mudah dan cepat menghancurkan batu-batuan.
B.HUBUNGAN PROSES PADA LAPISAN ATMOSFER DENGANKESEHATAN DAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Tanpa atmosfer tidak ada kehidupan, tidak ada awan, angin, cuaca. Disamping sangat penting bagi kehidupan udara juga berfungsi sebagai selimut yangmelindungi bumi terhadap radiasi matahari pada siang hari sertamenghalangi hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari.
1.Pemanasan global
Sumber pemanasan terhadap lingkungan makhluk hidup di bumi berasal dari matahari sumber pemanasan yang berupa energi panastersebut hanya sebagian kecil yang sampai di permukaan bumi namunsudah cukup untuk memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di permukaan bumi. Sinar matahari berfungsi sebagai sarana dapat dilihat pada proses fotosimtesis, hasil fotosintesis dimanfaatkan untuk kehidupantumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lain. Manusia memperolehenergi dengan mengambil energi dari tumbuh-tumbuhan, sama halnyadengan hewan yang memperoleh energinya dari tumbuh-tumbuhan. Jaditerlihat bahwa sinar matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan.
 
3
Struktur permukaan bumi
1111333333311Telah dijelaskan sebelumnya bahwa sumber energi bagi kehidupanadalah matahari. Manusia memerlukan energi matahari dari tumbuhan atauhewan untuk melaksanakan segala aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.Disamping itu pada pagi hari cahaya matahari bersinar dengankemirinngan tertentu yang dapat membawa dampak positif terhadpkesehatan manusia karena pada pagi hari disaat sinar mataharijatuh denganarah miring sangat baik bagi kita berjemur di bawah matahari untumendapatkan vitamin D.Selain mempunyai manfaat pemanasan global dapat jugamengakibatkan terjadinya hujan asam dan efek rumah kaca, dimana hal inimerugikan makhluk hidupyang berada dipermukaan bumi.
2.Efek rumah kaca
Efek Rumah Kaca atau
Greenhouse Effect 
merupakan istilah yang pada awalnya berasal dari pengalaman para petani di daerah beriklimsedang yang menanam sayur-sayuran dan biji-bijian di dalam rumah kaca(gambar 2). Pengalaman merekamenunjukkan bahwa pada siang hari padawaktu cuaca cerah, meskipun tanpa alat pemanas suhu di dalam ruangan rumahkaca lebih tinggi dari pada suhu di luarnya.Hal tersebut terjadi karena sinamatahari yang menembus kaca dipantulkankembali oleh tanaman/tanah di dalam ruangan rumah kaca sebagai sinar inframerah yang berupa panas. Sinar yang dipantulkan tidak dapat keluar ruangan rumah kaca sehingga udara di dalam rumah kaca suhunya naik Gambar 2

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->