Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistim Informasi Simpan Pinjam

Makalah Sistim Informasi Simpan Pinjam

Ratings: (0)|Views: 275 |Likes:
Published by gajah_pesing
coursework for the presentation, Computer Architecture courses, as a condition of the material a scholarship, wish me luck
coursework for the presentation, Computer Architecture courses, as a condition of the material a scholarship, wish me luck

More info:

Published by: gajah_pesing on Apr 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2010

pdf

text

original

 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Simpan Pinjam pada CV. TRISULA SOLUSINDO merupakan salah satu bagian usahayang menghimpun dan mengeluarkan dana berupa pinjaman pada anggota CV. TRISULA SOLUSINDO. Dalam pengumpulan dananya diperoleh dari simpanananggota, untuk pengembangan dan peningkatan usaha yang akan datang. CV. TRISULA SOLUSINDO adalah tempat simpan pinjam yang baik, mampumenyediakan modal kerja yang cukup dan mampu mengelola modal kerja sehinggadapat memenuhi kebutuhan anggotanya.Saat ini CV. TRISULA SOLUSINDO memiliki banyak anggota. Dengan banyaknya jumlah anggota ,maka data yang diolah semakin banyak dan harus diselesaikandengan menggunakan sIstem yang yang mengacu pada komputerisasi. Dalammenjalankan kegiatan operasionalnya CV. TRISULA SOLUSINDO menggunakanMs.Word dan Ms.Exel. Hal ini memperlambat pencarian data anggota nasabah,syarat peminjam simpanan, data pengembalian, data peminjaman, sehinggamemerlukan waktu yang relatif lama dalam pemberian dan pemberian laporan.Hal tersebut yang menjadikan penulis untuk membantu dan menyarankan SistemInformasi Simpan Pinjam dengan menggunakan bantuan komputer.Dari penjelasan diatas maka penulis memilih judul “
SISTEM INFORMASI SIMPANPINJAM PADA CV. TRISULA SOLUSINDO
1.2 Rumusan Masalah
Dalam menjalankan kegitan opersionalnya, CV. TRISULA SOLUSINDO tidak terlepasdari permasalahan. Adapun rumusan masalah yang dihadapi yaitu;1. Bagaimana mengetahui data anggota nasabah secara mudah dan cepat?2. Bagaimana mengetahui pelunasan pinjaman dan denda pinjaman?3. Bagaimana mengetehui data besarnya simpanan dan pinjaman?4. Bagaimana cara mambuat laporan dengan mudah dan cepat?
 
1.3 Ruang Lingkup Penelitian
Untuk menghindari hal-hal yang menyimpang dari tujuan utama penulis maka perludibuat suatu batasan yaitu:1. Pelayanan yang memuaskan bagi para anggota CV. TRISULA SOLUSINDO.2. Memerlukan beberapa pegawai untuk dapat melayani para anggota.3. Tidak perlu menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan.4. Dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para anggota.
1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian1.4.1 Tujuan Penilitian
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan pada CV. TRISULA SOLUSINDO sebagaiberikut:1.Mengetahui sistem yang berjalan pada CU.Karya Mandiri khususnya dalammenyelesaikan sistem Simpan pinjam.2.Agar ilmu yang dimiliki penulis dapat diterapkan di tempat penelitiandilakaukan.3.Mencari penyelesaian yang terebaik dalam mengatasi masalah yang dihadapiCV. TRISULA SOLUSINDO.4.Membuat sistem informasi baru yang lebih efisien dan efektif.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian yang diharapkan sebagai berikut:1.Bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapat pengalamanselama penelitian di CV. TRISULA SOLUSINDO.2.Bagi instasi berguna untuk mempercepat proses pengolahan data khususnyadalam pemberian informasi mengenai simpan pinjam.
 
1.5 Metode Penelitian
Untuk memperoleh data yang akurat dalam suatu penelitian diperlukan metoideyang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.Dalam penelitian ini penulismenggunakan bebnerapa metode yaitu;1.
Penelitian Lapangan
 Dalam metode ini penulis mengadakan penelitian langsung dari pengamatanpenulis di CU.Karya Mandiri dan mengadakan wawancara dengan pejabatyang berwewenang.2.
Wawancara
Wawancara adalah suatu percakapan yang diarahkan pada suatu masalah.Dalam metode ini data yang diambil berupa:1. Penjelasan dalam sistem informasi Simpan Pinjam pada CV. TRISULASOLUSINDO.2. Sejarah tentang berdirinya dan struktur organisasi di CV. TRISULASOLUSINDO.3. Laporan Informasi Simpan Pinjam.3.
Pengamatan
 Yaitu langsung untuk mencatat dan mengetahui hal-hal yang ada kaitannyadengan penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu :1. Mencatat data simpanan.2. Mencatat data pinjaman.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
anang_gr liked this
Iyozz Cadel liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->