Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
94Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
contoh kasus dan pemecahan masalah mengenai Audit Keuangan

contoh kasus dan pemecahan masalah mengenai Audit Keuangan

Ratings: (0)|Views: 9,230 |Likes:
Published by andralopheaiou

More info:

Published by: andralopheaiou on Apr 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2013

pdf

text

original

 
1
KASUS CAUDIT KEUANGAN
I.
 
Ringkasan
M
asalah
 
-
 
Sebuah yayasan membuat kesepakatan dengan pihak penyelenggara pendidikankhusus untuk mendirikan yayasan pendidikan.-
 
Dalam Perjanjian disepakati pengelolaan uang atas pendapatan sebesar 50% untuk Yayasan dan 50% untuk pengelola program.-
 
Pada penerimaan siswa untuk pertama kalinya, perjanjian berjalan sempurna, begitupula dengan penerimaan siswa tahap kedua sampai dengan tahap keempat.-
 
 Namun, pada penerimaan tahap kelima yayasan mulai melanggar perjanjian,dimana uang yang masuk dikelola sepenuhnya oleh pengelola, sehingga pihak yayasan yang dirugikan.a.
 
Dari kasus tersebut identifikasikan apa yang menyebabkan hal itu terjadi. b.
 
Setelah ditelusuri ada pegawai yayasan yang terlibat, sebagai seorang Auditinternal apa yang akan direkomendasikan.
II.
 
L
andasan
Teor
i
 
Sebelum melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang dihadapi ada beberapa hal yang perlu dipaparkan.
1
.
 
Au
dit
 
dan
Au
dit
Keu
angan
 
Audit adalah suatu proses kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan tingkatkesesuaian antara suatu kondisi yang menyangkut kegiatan dari suatu entitas dengankriterianya, dilakukan oleh auditor yang kompeten dan independen dengan mendapatkandan mengevaluasi bukti-bukti pendukungnya secara sistematis, analitis, kritis dan selektif guna memberikan pendapat atau simpulan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Audit keuangan adalah audit yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak yang berkepentingan tentang kesesuaian antara informasi kuantitatif yang disajikanoleh manajemen dengan prinsip akuntansi yang berlaku bagi auditan tersebut.
 
2
 
Dalam audit keuangan adanya informasi kuantitatif sangatlah penting karena datainilah yang akan dinilai kewajaran penyajiannya. Informasi kuantitatif merupakan suatumedia yang tertulis dengan berbagai nama dan bentuknya seperti; Laporan keuanganyayasan, laporan pertanggungjawaban, dll.
2
.
 
Te
knik 
 
dan
Bu
kti
Au
dit
 
T
eknik audit adalah urutan langkah yang perlu dilakukan oleh auditor untuk mendapatkan bukti-bukti yang diperlukan sesuai sasaran yang ingin dicapai denganmenggunakan teknik-teknik audit yang sesuai. Berikut cara dan jenis-jenis teknik audit :
a
.
 
A
nalisis
 
M
encegah /mengurai data/informasi ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil atau bagian-bagian sehingga dapat diketahui pola hubungan antar unsur atau unsur pentingyang tersebunyi. Dari analisis ini diketahui adanya kekurangan, kecendrungan, dankelemahan yang perlu diperhatikan. Analisis tersebut antara lain dalam bentuk :
 
y
 
Analisis Rasio
y
 
Analisis Pasar 
y
 
Analisis
T
rend
y
 
Analisis Industri
y
 
Analisis Perbandingan dengan Yayasan lain
b
.
 
Ob
s
erv
asi
 
Adalah peninjauan dan pengamatan atas suatu obyek secara hati-hati, ilmiah dankontinyu selama kurun waktu tertentu untuk membuktikan suatu keadaan atau masalah.
c
.
 
P
erm
intaan
I
nf 
orm
asi
 
Permintaan Informasi dapat dilakukan untuk menggali informasi tertentu dari berbagai pihak yang berkompeten.
T
eknik ini dapat dilakukan dengan cara :
y
 
Permintaan informasi tertulis,
y
 
W
awancara.
d
.
 
Ev
al
u
asi
 
E
valuasi adalah cara untuk memperoleh suatu simpulan atau pandangan/penilaiandengan mencari pola hubungan atau menghubungkan atau merakit berbagai informasi
 
3
 
yang telah diperoleh, baik informasi/bukti intern maupun bukti ektern. Contoh :
E
valuasiterhadap sistim informasi, evaluasi terhadap sistim pelaporan dan lain-lain.
e.
 
I
n
ve
stigasi
 
Investigasi adalah suatu upaya untuk mengupas secara ekstensif suatu permasalahan melalui penjabaran, menguraikan, atau meneliti secara mendalam (*)
M
erupakan suatu proses pendalaman dari verifikasi setelah adanya indikasi, (*) Indikasidapat diperoleh dari pelaksanaan teknik audit lainnya seperti wawancara, pengamatanverifikasi.
.
 
V
er
ifikasi
 
V
erifkasi adalah pengujian secara rinci dan teliti tentang kebenaran, ketelitian, perhitungan, pembukuan, pemilikan dan eksistensi dari suatu masalah. Contoh atas bahan bukti kas maka diteliti secara rinci atas : (*) Penjumlahan, perkalian perhitungan, (*)Kesesuain angka dengan huruf, (*) Ketepatan nama dan kegunaan (apakah memangdiperlukan), (*)Kesesuaian tanggal, (*) Prosedur telah diikuti, ada otorisasi dan (*)
M
aterai yang cukup.Bukti audit adalah semua media informasi yang digunakan oleh auditor untuk mendukung argumentasi, pendapat, atau simpulan dan rekomendasinya dalam meyakinkantingkat kesesuaian antar kondisi dan kriterianya. Kondisi, pendapat, simpulan ataupunrekomendasi auditor serta sebab dan akibat yang dikemukakan oleh auditor dalamlaporannya harus pula didukung dengan bukti-bukti yang handal dan akurat. Bukti auditdiantaranya :a.
 
RelevanBukti yang relevan maksudnya adalah bukti yang secara logis mempunyaihubungan dengan permasalahan. b.
 
KompetenKompeten tidaknya suatu bukti dipengaruhi oleh sumber bukti, caramendapatkan bukti dan kelengkapan persyaratan juridis bukti tersebut.c.
 
CukupBukti yang cukup berkaitan dengan jumlah kuantitas dan atau nilai keseluruhan bukti. Bukti yang cukup berarti dapat mewakili/menggambarkan keseluruhankeadaan/kondisi yang dipermasalahkan.

Activity (94)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wahyu liked this
Sudy liked this
Alvino Alvin added this note
tengs gan
U'ud Poppoph added this note
Aaaaargh! >.<
Harry Dharmawan liked this
Ami Indria Wirawan added this note
makasih gan , sangat membantu saya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->