Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Motivasi Belajar

Motivasi Belajar

Ratings: (0)|Views: 1,632|Likes:
Published by Shahrizan Shahrudin

More info:

Published by: Shahrizan Shahrudin on May 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
Motivasi Belajar
Motivasi belajar setiap orang, satu dengan yang lainnya, bisa jadi tidak sama. Biasanya, halitu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Misalnya, seorang anakmau belajar dan mengejar rangking pertama karena diiming-imingi akan dibelikan sepedaoleh orangtuanya.Contoh lainnya, seorang mahasiswa mempunyaimotivasi belajar yang tinggi agar lulus dengan predikat
cum laude
. Setelah itu, dia bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yanghebat dengan tujuan membahagiakan orangtuanya.
Apa saja, sih, faktor-faktor yang membedakan motivasibelajar seseorang dengan yang lainnya?
Beberapa faktor di bawah ini sedikit banyak memberikan penjelasan mengapa terjadiperbedaaan motivasi belajar pada diri masing-masing orang, di antaranya:
Perbedaan fisiologis
 
(physiological needs)
, seperti rasa lapar, haus, dan hasratseksual
Perbedaan rasa aman
 
(safety needs)
, baik secara mental, fisik, dan intelektual
Perbedaan kasih sayang atau afeksi
 
(love needs)
yang diterimanya
Perbedaan harga diri
 
(self esteem needs)
. Contohnya prestise memiliki mobil ataurumah mewah, jabatan, dan lain-lain.
Perbedaan aktualisasi diri
 
(self actualization)
, tersedianya kesempatan bagiseseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehinggaberubah menjadi kemampuan nyata.
Stimulus motivasi belajar
Terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu:
Pertama
, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk karenakesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkandirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
Kedua
, motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dariorang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orangyang bersangkutan.
1
 
Tips-tips meningkatkan motivasi belajar
Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisiantertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapattermotivasi.Yuk, ikuti tips-tips berikut untuk meningkatkanmotivasi belajarkita:
Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kitapun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyaikebiasaan baik dalam belajar.Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernahatau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orangyang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapatpenghargaan atas sebuah presrasi.Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogiorang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kitabergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi,dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnyaminyak wangi.
Belajar apapun
Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kitabisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis,membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.
Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orangyang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat,pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai contoh, jika ingin termotivasi untuk belajarbahasa Inggris, kita bisa masuk ke milis Free-English-Course@yahoogroups.com.
Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif 
Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kitaakan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi denganorang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.
Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalammenjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisamelakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantumengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.
2
 
"Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan,dan bermimpi ketika orang lain berharap." 
--William A. Ward
Menumbuhkan Motivasi Pelajar
Dalam setiap bidang, motivasi selalu dibutuhkan, karena inilah yang menjadi pendorong atautenaga untuk bergerak. Begitupun dengan pelajar. Motivasi pelajar dibutuhkan agar siswalebih giat dalam belajar dan berinovasi menghasilkan karya yang positif.Untuk memotivasi pelajar, ada beberapa cara. Diantaranya adalah :1. Menetapkan visiSetiap pelajar hendaknya memiliki visi yang jelas. Untuk apa dia belajar? Apa yangdiharapkan begitu ia menyelesaikan studinya? Dengan demikian, ia tidak akan asal saja dalammenjalani proses studinya. Seorang Luiz Alvarez, peraih Nobel Fisika, selalu melaksanakannasihat ayahnya untuk selalu duduk diam sambil memejamkan mata dan berusahamemikirkan persoalan baru, untuk kemudian diteliti dan dipecahkan. Ia selalu bermimpi untukmenjadi
The Most, The Best and The First 
dalam setiap bidang yang digelutinya. Kebiasaanbaik Luiz ini bisa dijadikan motivasi pelajar, agar memiliki mental juara.2. Belajar bukan karena paksaanJadikan belajar sebagai makanan, dimana Anda akan lapar jika tidak melakukannya. Buatbagaimana caranya agar belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan, bukan suatu paksaan.Memang, awalnya ini seperti sebuah pengorbanan. Namun jika Anda menjalaninya denganikhlas, maka lama kelamaan Anda akan bisa menikmati proses belajar, bahkan ketagihan.Leon Joseph, seorang seniman Prancis di abad 19 bisa memotivasi pelajar melaluinasihatnya : Kebahagiaan adalah mereka yang berani bermimpi dan berani berkorban demimewujudkan mimpinya.3. FokusSebuah ungkapan yang sangat bagus untuk memotivasi pelajar adalah : "kehidupan tidakakan pernah menjadi luar biasa tanpa focus, dedikasi dan disiplin". Dengan fokus, maka akanmembuat Anda lebih tajam dalam menentukan sasaran. Ibaratnya, sinar matahari tidak akanbisa membakar kertas, akan tetapi jika sinar ini difokuskanlewat sebuah kaca pembesar, sinarini mampu membakar tidak hanya kertas, tapi bahkan daging pun bisa matang terbakar.4. Tidak ada kamus menyerahSetiap orang pastinya pernah mengalami kegagalan. Mungkin Anda juga pernahmengalaminya. Bisa jadi Anda sudah bersusah payah, berjuang, belajar, namun Anda tidakmendapatkan hasil yang Anda inginkan. Kesuksesan akan mendatangi siapa saja yang tidak
3

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Vi Vin liked this
Jamhari Saari liked this
Jamhari Saari liked this
Adrawo liked this
RaNgga Edogawa liked this
yelniafrida liked this
ridha alamsyah liked this
Benzema Muhammad liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->