Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISA JABATAN

ANALISA JABATAN

Ratings: (0)|Views: 1,029 |Likes:
Published by rizki_psy

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: rizki_psy on May 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

 
A.
 
Pengertian Analisis Jabatan
 Menurut Daniel C. Feldeman & Hugh J. Arnold (dalam Moekijat, 1998:24)Analisis jabatan dapat dirumuskan sebagai suatu proses penentuan melalui pengamatan, penyelidikan, dan pelaporan informasi yang tepat yang berhubungandengan hakikat dari suatu jabatan tertentu. Analisis jabatan adalah penentuan tugas-tugas yang meliputi jabatan dan penentuan kecakapan pengetahuan, kemampuan, dantangggung jawab yang diperlukan karyawan untuk pelaksanaan pekerjaan yangsukses dan yang membedakan jabatan tersebut dengan semua jabatan lainnya.Pendapat yang serupa juga diungkapkan oleh A.S. Munandar (2001:50) yangmengatakan bahwa Analisis jabatan merupakan suatu proses kajian sistematis tentangkegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam suatu jabatan, mencakup tugas-tugas dantanggung jawab untuk dapat menentukan pengetahuan, keterampilan, kemampuan,dan ciri-ciri kepribadian lain yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebutdengan baik.Milkovich & Newman (dalam Robins, 1993:257) mendefinisikan analisis jabatan sebagai proses pengumpulan informasi secara sistematik terhadap berbagaiinformasi terpercaya dan relevan, berhubungan dengan pekerjaan dan asal usul darisuatu jabatan tertentu. Analisis pekerjaan adalah suatu proses dimana pertimbangandibuat dalam mengumpulkan data-data sehubungan dengan pekerjaan tersebut sertamerupakan suatu proses untuk menetapkan dan melakukan dokumentasi terhadaphubungan pekerjaan terhadap prosedur karyawan seperti training, seleksi, kompensasidan penilaian kinerja.
 
Sedangkan Hadari Nawawi (2005:104) merumuskan bahwa analisis pekerjaan/jabatan adalah proses menghimpun berbagai informasi yang berhubungandengan pekerjaan secara operasional dan tanggung jawabnya. Dengan kata lain,analisis jabatan pada dasarnya bermaksud untuk menjawab pertanyaan apa yangharus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa harus dikerjakan sepertiitu (Hadari Nawawi, 2004:105). Hal ini senada dengan Sugih ArtoPujangkoro (2004:4) yang menyatakan bahwa analisa jabatan merupakan suatukegiatan untuk mencatat, mempelajari dan menyimpulkan keterangan-keteranganatau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematisdan teratur, yaitu : apa yang dilakukan pekerja pada jabatan tersebut; apa wewenangdan tanggung jawabnya; mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan; bagaimanacara melakukannya; alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya; besarnya upah dan lamanya jam bekerja; pendidikan, pengalaman danlatihan yang dibutuhkan; serta keterampilan, sikap dan kemampuan yang diperlukanuntuk melakukan pekerjaan tersebut.Sementara itu Marihot Manullang (2006 : 39) menguraikan bahwa analisa jabatan merupakan proses membuat uraian pekerjaan sedemikian rupa sehinggadiperoleh keterangan-keterangan untuk menilai jabatan guna suatu keperluan. Analisa jabatan merupakan prosedur untuk menentukan tugas dan tuntutan keterampilan darisuatu jabatan dan orang macam apa yang akan dipekerjakan di jabatan tersebut(Gary Dessler, 1997 : 90).
 
Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa analisis jabatan merupakan suatu proses pengumpulan, pencatatan informasi secara sistematik mengenai segala tugas, wewenang, tanggung jawab serta kualifikasi (keahlian, pengetahuan, keterampilan, kemampuan, serta sifat-sifat individu lainnya) yangdiperlukan dalam suatu jabatan.
B
.
 
egunaan Analisis Jabatan
 Menurut Hadari Nawawi (2005:110-112) kegunaan dari analisis jabatanmeliputi :1.
 
Perencanaan dan Pengadaan Tenaga KerjaMemperhitungkan tenaga kerja yang ada dalam hal kualitas dan kuantitasnya,sehingga dapat diketahui kurangnya tenaga kerja dari informasi yang ada dandapat direncanakan pengadaan tenaga kerja menurut kualifikasi pekerjaan atau jabatan yang kosong atau perlu diisi.2.
 
Rekrutmen dan Seleksi Tenaga KerjaInformasi dalam deskripsi dan spesifikasi pekerjaan dapat dipergunakan untuk  pengadaan tenaga kerja melalui kegiatan rekrutmen dan seleksi, diantaranyauntuk memilih metode dan instrumen yang akan digunakan sehingga informasitersebut dapat digunakan untuk menyusun staf atau menempatkan para pekerja, baik yang baru maupun yang lama.3.
 
Orientasi dan Pelatihan

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhamad Marjan liked this
Riadi D'Penta liked this
Via Silvia liked this
mohd8118 liked this
irwan_malaka liked this
Embun Dini Hari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->