Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP No.12 Th.2005 Tentang Lembaga Penyiaran Publik RRI

PP No.12 Th.2005 Tentang Lembaga Penyiaran Publik RRI

Ratings: (0)|Views: 72 |Likes:
Published by Agus Yuniarso

More info:

Published by: Agus Yuniarso on May 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2011

pdf

text

original

 
 PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 12 TAHUN 2005TENTANGLEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 14 ayat (10), Pasal 15, Pasal 60,dan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran perlumenetapkan Peraturan Pemerintah tentang Lembaga Penyiaran Publik RadioRepublik Indonesia;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 139, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4252);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1. Siaran, penyiaran, penyiaran radio, siaran iklan, adalah sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentangPenyiaran.2. Lembaga Penyiaran Publik adalah lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh negara, bersifat independen, netral,tidak komersial, dan berfungsi memberikan layanan untuk kepentinganmasyarakat.
 
 
3. Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia adalah LembagaPenyiaran Publik yang menyelenggarakan kegiatan penyiaran radio,bersifat independen, netral, tidak komersial, dan berfungsi memberikanlayanan untuk kepentingan masyarakat.
 
4. Iuran Penyiaran adalah sejumlah uang yang dibayarkan masyarakatkepada negara sebagai wujud peran serta masyarakat untuk mendanaipenyiaran publik yang akan dipertanggungjawabkan secara periodik kepada masyarakat.5. Dewan Pengawas adalah organ lembaga penyiaran publik yangberfungsi mewakili masyarakat, pemerintah, dan unsur lembagapenyiaran publik yang menjalankan tugas pengawasan untuk mencapai tujuan lembaga penyiaran publik.
 
6. Dewan Direksi adalah unsur pimpinan lembaga penyiaran publik  yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pengelolaanlembaga penyiaran publik.
 
7. Pengawasan Intern adalah pengawasan administrasi, keuangan, danoperasional di dalam lembaga penyiaran publik.
 
8. Penyelenggara Siaran adalah stasiun penyiaran yang menye-lenggarakan siaran lokal, regional, nasional, dan internasional.
 
9.
 
Menteri adalah menteri yang ruang lingkup tugas dan tanggung jawabnya di bidang komunikasi dan informatika.BAB IIBENTUK, KEDUDUKAN, TUGAS, DAN FUNGSIBagian PertamaBentuk Pasal 2(1) Dengan Peraturan Pemerintah ini Perusahaan Jawatan RRI yangdidirikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2000dialihkan bentuknya menjadi Lembaga Penyiaran Publik RadioRepublik Indonesia, selanjutnya disebut RRI, dan merupakan badanhukum yang didirikan oleh negara.
 
 
(2) Dengan pengalihan bentuk sebagaimana dimaksud pada ayat (1),Perusahaan Jawatan RRI dinyatakan bubar dengan ketentuan bahwasegala hak dan kewajiban, kekayaan, serta pegawai Perusahaan Jawatan RRI yang ada pada saat pembubarannya beralih kepada RRI.
 
Bagian KeduaKedudukanPasal 3(1) RRI adalah Lembaga Penyiaran Publik yang bersifat independen,netral, dan tidak komersial.(2) RRI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.(3) Tempat kedudukan RRI di ibukota negara Republik Indonesia danstasiun penyiarannya berada di pusat dan daerah.Bagian KetigaTugasPasal 4RRI mempunyai tugas memberikan pelayanan informasi, pendidikan,hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budayabangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melaluipenyelenggaraan penyiaran radio yang menjangkau seluruh wilayahNegara Kesatuan Republik Indonesia.Bagian KeempatFungsiPasal 5Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, RRImenyelenggarakan fungsi:a. perumusan kebijakan umum dan pengawasan di bidangpenyelenggaraan penyiaran radio publik;b. pelaksanaan dan pengendalian kegiatan penyelenggaran penyiaranradio publik;c. pembinaan dan pelaksanaan administrasi serta sumber daya RRI.BAB IIIORGANISASI

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->