Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TANGSEL KOTA PENDIDIKAN

TANGSEL KOTA PENDIDIKAN

Ratings: (0)|Views: 1,669|Likes:

More info:

Published by: parlindungan siregar on May 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
TANGSEL KOTA PENDIDIKAN YANG RELIGIUSDr. Parlindungan Siregar 
*
 
Tangsel adalah singkatan dari Tangerang Selatan. Kota Tangsel terbentuk berdasar Undang-Undang RI No. 51 Tahun 2008 (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 88,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3952). Ia meliputi wilayah:Kecamatan-kecamatan Serpong Utara, Serpong, Setu, Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur, danPondok Aren.Untuk pertama kali Menteri Dalam Negeri telah melantik Ir. HM. Saleh, MT. sebagai Plt.Walikota Tangsel awal 2009. Beberapa program utama/unggulan HM. Saleh adalahmeningkatkan pembangunan infrastruktur, pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan, danmenjadikan Tangsel sebagai Kota Pendidikan yang religius. Kini masyarakat Tangsel yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta di bagian selatan ini telah merasakan jalan-jalan diKota Tangsel sudah dan sedang dibangun dengan konstruksi beton.Sekalipun Ir. HM. Saleh seorang teknokrat yang masih merangkap jabatan sebagaiKepala Dinas PU Provinsi Banten perhatiannya terhadap pendidikan sangat besar, terbukti iamempunyai obsesi Tangsel sebagai kota pendidikan yang religius. Harapan dan cita-cita ini iasampaikan di setiap kali pertemuan dengan masyarakat maupun melalui media.massa.
Undang-Undang Pendidikan
Undang-Undang mengamanatkan kepada pemerintah meningkatkan pendidikanmasyarakat. Pasal 31 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) berbunyi:
*
Penulis Dosen Tetap UIN Jakarta
 
³
Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional, yangmeningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskankehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang´, dan
³
Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat mausia´.Disamping pemerintah, masyarakatpun dituntut berperan serta dalam pendidikan.UUSPN Bab XV tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan Pasal 54 ayat 1dan 2memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat berperan serta dalam bidang pendidikan. Sejalan dengan itu, Pasal 56 ayat 2 dan 3 mengamanatkan perlunya pembentukanDewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Anggota-anggotanya dari unsur-unsur; LSM bidang pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, yayasan penyelenggara pendidikan, duniausaha (industri, asosiasi profesi), organisasi profesi tenaga kependidikan, dan komite sekolah.
1
 Memerankan masyarakat dalam bidang pendidikan melalui Dewan Pendidikan danKomite Sekolah merupakan langkah positif dalam bidang pendidikan. Peran serta masyarakatdalam penyelenggaraan dan peningkatan mutu pendidikan melalu: 1)
advisory agency,
2)
 supporting agency
, 3)
controlling agency
, dan 4) mediator antara penyelenggara pendidikandengan masyarakat.Masyarakat Kota Tangsel sangat mungkin sebulan atau dua bulan ke depan baru akanmemliki Dewan Pendidikan, gagasan pembentukannya telah dimunculkan oleh Drs. Ahadi sejak menjabat Asda I. Hal ini jangan diartikan Tangsel yang masih seumur jagung terlambatmengimplementaikan Undang-Undang, bahkan masih banyak lembaga-lembaga lain yang belumterbentuk seperti BNN, Bakor Pakem, dan yang terpenting adalah DPRD Tk. II.
1
Eneng Muslihah.
³
Peran dan Landasan Hukum Dewan Pendidikan serta Komite Sekolah´.
Warta
.
 
Januari2009. Penerbit Dewan Pendidikan Prov. Banten. Hlm. 15
 
Potensi Kota Pendidikan
Kota Tangsel sangat berpotensi menjadi sebuah kota pendidikan dan barometer  pendidikan di tingkat nasional. Faktor Pendukungnya adalah sumber daya manusia (SDM) diPerguruan Tinggi-Perguruan Tinggi (PT) yang berdomisili disana; Universitas Islam Negeri(UIN) Syarif Hidatatullah Ciputat, Universitas Pamulang (UNPAM), Univrsitas Muhammadiyah(UMJ) Cirende, Institut Ilmu Alqur¶an (IIQ) Cinangka/Ciputat, Insitut Teknologi Indonesia(ITI) Serpong, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Bintaro, Universitas Terbuka (UT)Pondok Cabe dan lain-lain.Jumlah tenaga pengajar di PT-PT di atas sangat besar yang terdiri dari guru besar, doktor (S3), Magister (S2), dan Sarjana (S1).
2
Mereka membimbing puluhan ribu mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar negeri.Faktor pendukung kedua adalah akses menuju ibukota negara, Jakarta, yang dekatmembuat masyarakat Tangsel mudah mendapatkan sarana dan prasarana pembelajaran dan pengembangan pendidikan. Inilah sebuah faktor yang hanya dimiliki oleh Tangsel, KabupatenTangerang, Bekasi, dan Depok.
3
 Kota Tangsel memiliki 207 SDN, 17 SMPN, 7 UPT Pendidikan Kecamatan, SMAN, 20sekolah Muhammadiyah (mulai dari SD s.d. SLTA), dan sekolah-sekolah swasta lainnya.
4
Inilahfaktor pendukung ketiga; namun harus diakui, mutu dan kualitas lembaga-lembaga pendidikandasar dan menengah di atas masih rendah. Tidak terlalu mengherankan jika jalanan Ciputat Rayasangat macet di pagi hari oleh orang tua yang menghantarkan anak-anaknya bersekolah keJakarta karena mengejar mutu sekolah-sekolah di Jakarta lebih baik dibanding Tangsel. Bahkan
2
Pedoman Akademik UIN Jakarta, UNPAM, UMJ, ITI, STAN, UT, IIQ, dan lain-lain.
3
Parlindungan Siregar,
³
Stagnansi Lembaga Pendidikan Islam di Tangsel.´
angsel Pos
, 4 dan 5 Agustus2009.
4
Rumusan Program Kerja Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang yang ditandatangani ketua dansekretarisnya. 10 September 2009.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
UmiAbi Widy liked this
Rinto Cuy liked this
angga rovita liked this
Saiful Ramdan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->