Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
165Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MODUL 4 Evaporasi Dan Transpirasi

MODUL 4 Evaporasi Dan Transpirasi

Ratings: (0)|Views: 6,175 |Likes:
Published by Lhin Kaleka

More info:

Published by: Lhin Kaleka on May 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
Umboro Lasminto
IV - 1
MODUL 4EVAPORASI DAN TRANSPIRASI
Tujuan Instruksional Khusus modul ini adalah mahasiswa dapat menghitungbesarnya penguapan dengan cara-cara : pengukuran, perumusan empiris, waterbudget.
 Evaporasi
atau
penguapan
adalah proses pertukaran (transfer) air daripermukaan bebas (free water surface) dari muka tanah, atau dari air yang tertahan diatas permukaan bagunan atau tanaman menjadi molekul uap air di atmosfer. Prosesini sebenarnya terdiri dari dua kejadian yang saling berkelanjutan yaitu :a.
 
 Interface Evaporation
: yaitu proses pertukaran air di permukaan menjadiuap air di permukaan (interface) yang besarnya tergantung dari energidalam yang tersimpan (stored energy)b.
 
Vertical Vapor Transfer
: yaitu perpindahan lapisan udara yang jenuh uapair dari interface ke lapisan di atasnya, dan hal ini bila memungkinkanproses penguapan akan berjalan terus. Transfer ini dipengaruhi olehkecepatan angin, topografi dan iklim lokal.Disamping itu penguapan juga dipengaruhi oleh kelembaban udara, tekananudara, kedalaman air dan kualitas air.
Soil Evaporasi
adalah penguapan yang terjadi dari permukaan tanah tanpa adatanaman di atasnya (bare soil).
Transpirasi
adalah pengupan yang terjadi dari tanaman melalui sel stomatapada daun. Air yang dihisap oleh daun setelah proses fisiologis akan diuapkankembali melalui sel stomata. Sel stomata ini pada malam hari akan tertutup sehingga
 
Umboro Lasminto
IV - 2transpirasi hanya terjadi pada siang hari saja. Dengan demikian jelas transpirasi lebihkecil dibanding dengan evaporasi.
 Evapotranspirasi
adalah kejadian bersama-sama antara evaporasi dantranspirasi, keduanya saling mempengaruhi. Soil evaporasi akan dikurangi denganterjadinya transpirasi. Bila penguapan terjadi dilihat pada suatu daerah dimana didalamnya terdapat juga tanaman yang tumbuh maka penguapan yang terjadi di daerahtersebut disebut Evapotranspirasi.
 Potensial Evapotranspirasi (PET)
adalah evapotranspirasi dari tanaman bilamemperoleh air (dari hujan atau irigasi) yang cukup untuk pertumbuhannya yangoptimum. PET ini tergantung dari factor meteorology setempat dan juga dari jenistanaman yang ada.
 Actual Evapotranspirasi (AET)
adalah evapotranspirasi dari tanaman dibawah cukup untuk pertumbuhannya karena air yang diberikan kurang. AET jugatergantung dari faktor yang sama dengan potensial evapotranspirasi tetapi dibatasidengan hanya tersedianya air di kandungan tanah (moisture) saja. Pada daerah keringtanpa irigasi, AET menjadi sangat rendah karena tidak tersedianya air untuk evaporasi.Proses evaporasi ini sangat penting dan dipertimbangkan dalam proyek-proyePengembangan Sumber Air seperti penyimpanan air dalam reservoir (dam),kebutuhan air irrigasi untuk tanaman (consumptive use) dan banyak lagi.
4.1.
 
Menghitung Evaporasi
Didalam analisa mendapatkan besarnya evaporasi dibedakan menjadi duayaitu evaporasi dari permukaan air bebas dan evaporasi dari permukaan tanah.
 
Umboro Lasminto
IV - 3a.
 
Evaporasi dari permukaan air bebasPada dasarnya evaporasi terjadi karena perbedaan tekanan uap dari udara padapermukaan air dan dari udara di atasnya.Perumusan dasarnya (Dalton) adalah sebagai berikut :
( ) ( )
ue -eCE
aw
=
(4.1)dimana :E = evaporasi dari permukaan air (open water)C = koefisien tergantung dari tekanan barometeru = kecepatan angine
w
= tekanan uap jenuh muka air danaue
a
= tekanan uap udara di atasnyaKedalaman air juga mempengaruhi evaporasi, karena untuk menaikkantemperatur air yang mempunyai lapisan tebal (dalam) lebih banyak diperlukanpanas dari pada yang mempunyai lapisan tipis (dangkal). Untuk penyinaranmatahari yang sama maka akan lebih banyak menaikkan temperatur air yangdangkal dari pada yang dalam, hingga evaporasi pada air yang dangkal lebihbanyak.Banyak cara untuk menghitung besarnya evaporasi dari permukaan airdiantaranya sebagai berikut :1.
 
Persamaan EmpirisSeperti disebutkan di atas bahwa besarnya evaporasi sangatdipengaruhi oleh kecepatan angin, maka untuk evaporasi permukaanair bebas perumusan empirisnya dibedakan menjadi dua kejadian :

Activity (165)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hengky Saputra liked this
Mory Gintink liked this
Akhmad Faishal liked this
Yusufi Gushav liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->