Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
184Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
urbanisasi

urbanisasi

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 12,484 |Likes:
Published by taufik nasrul albi

More info:

Published by: taufik nasrul albi on May 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
15
BAB IPENDAHULUAN
1. Terminologi
Pengertian urbanisasi yang sebenarnya menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia adalah,suatu proses kenaikan proporsi jumlah penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Selain itudalam ilmu lingkungan, urbanisasi dapat diartikan sebagai suatu proses pengkotaan suatuwilayah. Proses pengkotaan ini dapat diartikan dalam dua pengertian.
Pengertian pertama
,adalah merupakan suatu perubahan secara esensial unsur fisik dan sosial-ekonomi-budayawilayah karena percepatan kemajuan ekonomi. Contohnya adalah daerah Cibinong dan Bontangyang berubah dari desa ke kota karena adanya kegiatan industri.
Pengertian kedua
adalah banyaknya penduduk yang pindah dari desa ke kota, karena adanya penarik di kota, misalkesempatan kerja.Pengertian urbanisasi inipun berbeda-beda, sesuai dengan interpretasi setiap orang yang berbeda-beda. Dari suatu makalah Ceramah Umum di UNIJA, yang dibawakan oleh Ir. TriatnoYudo Harjoko pengertian urbanisasi diartikan sebagai suatu proses perubahan masyarakat dankawasan dalam suatu wilayah yang non-urban menjadi urban. Secara spasial. Hal ini dikatakansebagai suatu proses diferensiasi dan spesialisasi pemanfaatan ruang dimana lokasi tertentumenerima bagian pemukim dan fasilitas yang tidak proporsional.Pengertian lain dari urbanisasi, dikemukakan oleh Dr. PJM Nas dalam bukunya Pengantar Sosiologi Kota yaitu Kota Didunia Ketiga. Pada
pengertian pertama
diutarakan bahwaurbanisasi merupakan suatu proses pembentukan kota, suatu proses yang digerakkan oleh perubahan struktural dalam masyarakat sehingga daerah-daerah yang dulu merupakan daerah pedesaan dengan struktur mata pencaharian yang agraris maupun sifat kehidupan masyarakatnyalambat laun atau melalui proses yang mendadak memperoleh sifat kehidupan kota.
Pengertiankedua
dari urbanisasi adalah, bahwa urbanisasi menyangkut adanya gejala perluasan pengaruhkota ke pedesaan yang dilihat dari sudut morfologi, ekonomi, sosial dan psikologi.Dari beberapa pengertian mengenai urbanisasi yang diuraikan di atas, maka dapatdisimpulkan bahwa pengertian urbanisasi adalah merupakan suatu proses perubahan dari desa ke
 
15
kota yang meliputi wilayah/ daerah beserta masyarakat di dalamnya dan dipengaruhi oleh aspek-aspek fisik/ morfologi, sosial, ekonomi, budaya, dan psikologi masyarakatnya.
2. Latar Belakang
Latar belakang terjadinya urbanisasi pada negara indusrti maju dengan negara yang berkembangmempunyai beberapa perbedaan yang terdiri dari:
 Negara Industri Maju- pada negara industri maju, urbanisasi dimulai sejak industrialisasi, jadi industri merupakan titik tolak terjadinya urbanisasi- penduduk kota meningkat lebih lambat dibandungkan di negara berkembang- pertumbuhan kota relatif lebih imbang (perbedaan tidak besar)
“proses urbanisasi merupakan proses ekonomi” 
 Negara Sedang Berkembang- urbanisasi pada negara berkembang dimulai sejak PD II, urbanisasi merupakan titik tolak terjadinya industri (kebalikan dari negara industri maju)- penduduk kota meningkat cepat- urbanisasi tidak terbagi rata, semakin besar kotanya, semakin cepat proses urbanisasinya,adanya konsep “Primate City”
“proses urbanisasi bersifat demografi” 
Dari uraian di atas, jelas bahwa sejak PD II, proses urbanisasi di negara berkembang terjaditerlebih dulu dan kemudian menjadi titik tolak terjadinya industrialisasi. Pada kenyataannnya,saat ini seperti yang terjadi di Cibinong, urbanisasi terjadi setelah adanya industri (dibangunnyadaerah-daerah industri baru). Selain itu pada daerah pinggiran Jakarta dibangun beberapa daerahindustri yang berfungsi untuk mendukung kegiatan kota Jakarta, selain itu juga terjadi
 
15
 peningkatan ekonomi wilayah pinggiran tersebut sehingga wilayah tersebut berangsur-angsur menjadi kota. Oleh karena itu konsep bahwa urbanisasi merupakan titik tolak terjadinya industrimenjadi kurang tepat karena sesungguhnya keduanya saling mempengaruhi.Selain itu telahdisebutkan bahwa urbanisasi adalah proses kenaikan proporsi jumlah penduduk kota, dalam bukuKota Indonesia Masa Depan Masalah dan Prospek, oleh BN Marbun, disebutkan bahwa kenaikan jumlah penduduk ini diantaranya disebabkan oleh:- gejala alami, yaitu kelahiran- masuknya orang-orang yang pindah dari daerah pedesaan ke perkotaan, ataupun dari daerah perkotaan ke daerah perkotaan yang lebih besar atau yang disebut migrasi (rural-urban, urban-urban).Kedua hal ini biasanya disebut sebagai komponen urbanisasi. Dari kedua komponentersebut biasanya, pengaruh perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan ataupun perpindahan daeri perkotaan ke kota yang lebih besar akan mempunyai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh jumlah kelahiran.Banyak orang berpendapat bahwa alasan utama kepindahan seseorang atau sekelompok orang dari daerahnya ke tempat lain adalah karena terdorong oleh faktor-faktor penarik daerahkota atau daerah tersebut serta anggapan dari masyarakat desa bahwa kota dapat memberikanlapangan/ kesempatan kerja dengan memberikan upah yang besar. Namun dalam kenyataannyasebagian besar penyebab terjadinya migrasi ini adalah karena tidak adanya pekerjaan yang sesuaidengan keahlian yang mereka miliki, sehingga timbul kecenderungan untuk keluar dari desa ataudaerah mereka untuk pindah ke kota.Secara terperinci faktor penyebab adanya urbanisasi adalah karena adanya faktor utamayang klasik yaitu kemiskinan di daerah pedesaan. Faktor utama ini melahirkan dua faktor  penyebab adanya urbanisasi yaitu:

Activity (184)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
achembarhen liked this
achembarhen liked this
Harnim Wahyuni liked this
nurinapratiwi liked this
Qurratu Aien liked this
Arnimarni Caem liked this
Zyra Jiera liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->