Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
48Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
suara serak QT

suara serak QT

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 5,876|Likes:
Published by coolboy155

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: coolboy155 on May 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
 Hoarseness
(Parau) adalah Suatu keadaan dimana terdapat kesulitandalam memproduksi suara ketika mencoba berbicara, atau perubahan suara padanada dan kualitasnya. Suara tersebut mungkin terdengar lemah, berat, kasar atau parau.
11
Produksi suara sendiri merupakan suatu hasil dari koordinasi diantarasistem pernapasan, fonasi dan artikulasi, dimana masing-masing dipengaruhi olehteknik bersuara dan status emosianal setiap individu.
12
Suara parau adalah hal yang sering dikeluhkan oleh pasien yangmengalami perubahan pada suara. Penyebab suara parau baru dapat diketahuisetelah dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan dapatdilihat kondisi pita suara dengan menggunakan
indirect laryngoscopy, flexiblenasolaryngoscopy
atau
 strobovideolaryngoscopy
. Pada pasien dengan suara paraulebih dari 2 minggu, memerlukan pemeriksaan yang lebih lengkap apabila tidak ditemukan adanya infeksi saluran napas atas. Pada pasien yang memiliki riwayatmerokok, kita harus menyingkirkan adanya tumor kepala dan leher.Penyalahgunaan suara adalah satu dari beberapa banyak penyebab umum suara parau dan merupakan penyebab terjadinya
vocal nodule
. Higiene vokal yang baik dapat mencegah dan mengobati suara parau dan terapi suara merupakan pengelolaan penting pada beberapa kasus suara parau.
8
 Suara parau merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis laring, suara parau biasanya bermanifestasi sebagai turunnya volumesuara dan tinggi nada, rasa nyeri atau tidak nyaman di tenggorok saat bersuaradapat terjadi suara parau. Keadaan ini sering timbul pada profesi yang mempunyairesiko besar untuk timbulnya gangguan bersuara yang secara psikologis danekonomis akan mengganggu pekerjaannya.
1
Perkembangan berbagai profesi yang mengandalkan suara untuk bekerjaseperti penyiar, presenter, penyanyi merupakan profesi yang akhir-akhir ini1
 
 berkembang pesat terlihat dari banyaknya progam televisi ataupun radiomengandalkan suara, Juru kampanye lebih bersifat insidentil sesuai dengan putaran pemilu, guru dan sales produk obat juga merupakan profesi yangmengandalkan suara.
1
Suara parau pada profesi tersebut cukup ditemukan pravelensinya 9,7-13%Dengan penatalaksanaan yang kurang baik ternyata pravelensinya meningkatmenjadi 73%.
1
Di dunia barat, sekitar sepertiga penduduk yang bekerja,menggunakan suaranya untuk bekerja, Di Inggris sekitar 50.000 pasien per tahundirujuk ke bidang THT karena bermasalah dengan suaranya.
8
2
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.DEFINISI
Suara parau adalah suatu keadaan di mana terjadi perubahan abnormal pada suara. Ketika serak, suara terdengar 
breathy, raspy, strained 
atau terjadi perubahan volume atau
 pitch
(tinggi rendah suara).
2
Perubahan dari suara biasanya berkaitan dengan gangguan pada pita suara yang merupakan bagian pembentuk suara yang terdapat di
larynx
(gambar 1A). Selama bernafas, pitasuara saling menjauh (gambar 1B). ketika berbicara atau bernyanyi, pita suarasaling mendekat (gambar 1C), dan udara keluar dari paru, getaran udaramenghasilkan suara.
3
Semakin tebal dan semakin kecil ukuran pita suara,getaran yang dihasilkan semakin cepat. Semakin cepat getaran suara yangdihasilkan semakin tinggi. Pembengkakan pada pita suara dapatmengakibatkan tidak menyatunya kedua pita suara sehingga dapat terjadi perubahan pada suara.
6
 Gambar 1. laring dan posisi pita suara3

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Annisa Rahim liked this
dithasani liked this
Herlina Rahmah liked this
Lidia Dwi Putri liked this
Fiqy N liked this
Fiqy N liked this
Fiqy N liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->